5 Cara Monitoring Server dengan Tools Terbaik Dan Gratis

Cara monitoring server

Untuk memastikan server berjalan dengan normal, dibutuhkan monitoring server. Monitoring server sendiri adalah kegiatan untuk memantau resource dan layanan server yang Anda gunakan. Resource yang dipantau terdiri dari penggunaan RAM, CPU, penggunaan disk, hingga kondisi jaringan. 

Melalui monitoring, kondisi server dapat dipantau secara menyeluruh. Bahkan, kendala pada server dapat dideteksi sedini mungkin dengan cara monitoring server. Monitoring dapat dilakukan dengan bantuan beberapa software, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Tantangan Monitoring Server

Kehadiran software monitoring memberikan kemudahan tersendiri untuk memantau kondisi server yang digunakan dalam sebuah perusahaan. Namun, bukan berarti monitoring server tidak memiliki tantangan. Mengelola server dengan jumlah yang terus meningkat membutuhkan sumber daya yang andal.

Selain itu, tidak semua server dapat dimonitoring dengan sistem operasi yang sama. Artinya, metode monitoring yang diterapkan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam memilih tools monitoring server, ada sejumlah hal yang harus dijadikan pertimbangan. Salah satunya dari segi user interface. Idealnya, user interface dari tools monitoring server harus memudahkan pengguna dalam membuat pertimbangan untuk mengambil keputusan ketika server down.

Selain itu, fitur pendukung seperti sistem Alert, Help Desk Integration, hingga Otomatisasi seharusnya dipastikan tersedia dalam tools yang Anda gunakan.

Software Monitoring Server 

Berikut ini beberapa tools monitoring terbaik yang dapat digunakan untuk memantau kondisi server.

1. Server & Application Monitor

Server & Application Monitoring jadi salah satu tools terbaik untuk memonitor server. Tools ini dapat digunakan secara gratis selama 30 hari masa uji coba. Dilihat dari segi fitur, Server & Application Monitoring sedikit berbeda dengan yang lain karena memiliki fitur out-of-the-box.

Menariknya, tools ini dapat digunakan untuk multi-vendor server hardware. Pengguna juga dimudahkan untuk mengidentifikasi kondisi server berkat berbagai metrik akurat yang ditampilkan pada tools ini.

2. Monitor.US

Jika sebelumnya memiliki fitur yang out-of-the-box, Monitor.US memungkinkan penggunanya untuk berbagi layar secara jarak jauh dengan pengguna CPU yang berbeda, Tools monitoring gratis yang berbasis cloud ini mampu memantau server dari Linux dan Windows. 

Meskipun gratis, Monitor.US dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik, salah satunya adalah mampu memberikan pandangan tentang kesehatan dan ketersediaan workstation. Selain itu, tools ini mampu memonitor kondisi server, CPU, memori, disk, dan bandwidth yang Anda gunakan. Menariknya, pengguna tools ini dapat membuat dashboard khusus untuk memantua network dan database.

3. Zabbix

Cara monitoring server juga bisa dilakukan dengan Zabbix. Tools berbasis open source ini dapat digunakan untuk memantau jaringan, aplikasi, dan perangkat keras jaringan server. Zabbix juga dirancang untuk memantau dan melacak status sistem serta server yang Anda gunakan.

Tools ini menawarkan dukungan pada berbagai sistem basis data, seperti IBM DB2, SQLite, PostgreSQL, hingga MySQL. Tools gratis ini juga bisa dikonfigurasikan untuk memantau dan mengambil data dari berbagai jaringan dan perangkat.

4. AppOptics

AppOptics cocok untuk Anda yang menginginkan tools dengan hasil terpercaya dan akurat. Fokus utama dari tools ini adalah sebagai SaaS application monitoring tools dan dapat diintegrasikan dengan tools lain yang sudah ada. AppOptics juga dibekali dengan 150 integrations dan plugins yang memudahkan kegiatan monitoring sistem. Sayangnya, untuk menikmati semua fitur yang ditawarkan, Anda harus berlangganan. Jika ingin gratis, Anda bisa mencoba masa percobaan selama 14 hari.

5. Nagios Core

Berbeda dari tools sebelumnya, Nagios Core justru memiliki tampilan yang cenderung simpel. Bagi sebagian orang, tampilannya mungkin terkesan monoton. Namun, justru tampilan sederhana semacam ini meminimalisir diatraksi dari tujuan utama monitoring server tools.

Nagios Core sendiri banyak digunakan leh para developer karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan tools ini. Sayangnya, instalasi dan konfigurasi Nagios Core cukup sulit, sehingga butuh kemampuan lebih untuk menggunakan tools ini.

Cara monitoring server dengan bantuan aplikasi seperti di atas memberikan kemudahan tersendiri untuk mengetahui kondisi server secara menyeluruh. Agar server yang Anda gunakan makin optimal, tentunya Anda butuh layanan sistem cloud computing terbaik dengan harga yang terjangkau dari DimensiCloud.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024