5 Cara Optimalkan Dimensicloud.id Sebagai Service Cloud Computing Untuk Bisnis

Komputasi awan atau cloud computing kian umum dipakai baik untuk kebutuhan pribadi maupun perusahaan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Disitat dari Infokomputer, hasil survei yang dilakukan RightScale mengungkapkan, sekitar 52% responden yang berasal dari perusahaan enterprise mengeluarkan USD1,2 juta per tahun untuk membayar cloud. Bahkan seperempat di antaranya rela menggelontorkan biaya hingga USD6 juta per tahun.

Dalam hal ini, dimensicloud.id as a service cloud computing siap membantu siapa saja yang memerlukan layanan tersebut dengan harga bersahabat. Di sisi lain, Anda juga harus mengetahui cara mengoptimalkan penggunaannya agar cloud computing mudah digunakan.

Bagaimana cara mengoptimalkan cloud computing?

Berdasarkan survei yang dilakukan SoftwareONE, sekitar 37% responden mengatakan, tantangan terbesar dalam memakai cloud computing terletak pada bujet yang sulit diprediksi. Sementara 30% lagi mengungkapkan, kurangnya visibilitas dan transparansi menjadi faktor lain yang dirasakan pada pengelolaan layanan tersebut.

Namun, tantangan-tantangan tersebut jangan sampai menurunkan optimisme Anda memanfaatkan cloud computing. Apalagi percepatan digitalisasi selama dua tahun terakhir mendorong perusahaan beralih ke layanan tersebut agar bisa mengejar kegiatan operasional dengan aman dan praktis.

as a service cloud computing

Lantas, langkah apa saja yang sebaiknya diambil supaya penggunaan cloud computing dapat membuahkan hasil yang diharapkan? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Pengawasan yang ketat

Kecepatan dan kemudahan memiliki computing resource terbaru merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan cloud computing. Anda bahkan bisa mendapatkan server yang dibutuhkan hanya dalam beberapa kali klik. Di sisi lain, kepraktisan ini dapat menurunkan efisiensi, sehingga pihak perusahaan perlu mengetatkan pengawasan supaya pemakaiannya lebih komprehensif.

Sejumlah ahli merekomendasikan untuk memantau konsumsi cloud secara rutin paling tidak satu minggu sekali atau setiap hari untuk workload dinamis.

2. Optimalkan pemakaian tags

Tags adalah fitur yang dinilai efektif untuk membantu pemantauan cloud computing. Pemakaiannya pun mencakup berbagai hal, termasuk menunjukkan workload sebagai pengembangan atau produksi dalam perusahaan. Kemudian supaya penggunaannya efektif, pastikan seluruh pihak yang memakai layanan dapat disiplin memakainya.

Komunikasi yang jelas sejak awal merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan tags, sehingga tak terjadi kesalahpahaman.

3. Automation pada multi cloud provider

Di tahap awal, pengaplikasian cloud computing memang terasa mudah. Namun, saat kebutuhan semakin besar dan melibatkan multi cloud provider, perusahaan disarankan untuk memaksimalkan automation. Dalam hal ini, cloud cost monitoring and optimization atau CCMO dapat menjadi automation tools yang diandalkan.

Sebelum memakainya, diskusikan dulu bersama penyedia layanan seperti dimensicloud.id as a service cloud computing untuk menjaga stabilitas performanya.

as a service cloud computing

4. Pakai pendekatan sistematis

Mengefisienkan pemakaian cloud computing bukan hanya memerlukan pendekatan teknis, tetapi juga ketepatan business process. Maka dari itu, Anda disarankan mengikuti framework yang terdiri atas lima langkah: plan, track, reduce, optimize, serta mature. Kelima langkah tersebut mempunyai inti berupa keharusan memiliki estimasi anggaran sebelum Anda mengimplementasikan cloud.

Kemudian saat prosesnya berjalan, pantau pengeluaran dan bandingkan bujetnya. Tujuan dari langkah ini adalah mencegah anomali sedini mungkin sekaligus mengurangi pemborosan.

5. Usahakan mulai dari sesuatu yang kecil

Cloud computing pada dasarnya menawarkan skalabilitas. Artinya, Anda dapat memulai tahap penggunaan dari sesuatu yang kecil, lalu dapat ditingkat dengan memperbesar (upgrade) saat kebutuhan meningkat maupun memperkecilnya (downgrade) saat terjadi penurunan. Skalabilitas tersebut yang membuat cloud computing bersahabat untuk pemula maupun profesional.

Skalabilitas yang ditawarkan layanan ini umumnya menyangkut penyewaan server yang berhubungan dengan memori, RAM, prosesor, dan komponen lain yang mudah Anda sesuaikan.

Bagaimana, apa Anda sudah memahami langkah-langkah yang dapat dilakukan agar proses pengoptimalan cloud computing berjalan lancar? Anda yang sudah mengandalkan DimensiCloud as a service cloud computing pun dijamin tak akan mengalami kendala besar sejak awal, sebab layanan-layanan mereka memiliki sejumlah keunggulan yang tak dimiliki para kompetitor.

Beberapa di antaranya adalah spesifikasi jaringan yang didukung Network Access Provider (NAP), KVM Virtualization, storage yang didukung SSD, serta pemakaian hardware terbaik. Jadi, Anda tidak perlu lagi mencemaskan kualitas layanannya.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024