5 Tips Memilih Jasa Layanan Cloud, Jangan Kemakan Harga Murah!

DIMENSI CLOUND3

 

Layanan cloud computing adalah salah satu sistem penting untuk kemajuan bisnis di era digital. Dengan sistem cloud berbasis internet, segala bentuk penghalang dapat dikikis sehingga manajemen bisnis jauh lebih efektif. Namun, memilih cloud computing juga bukan perkara mudah mengingat banyaknya perusahaan IT yang menawarkan jasa cloud saat ini.

 

Jika ingin mencari layanan cloud computing, sebaiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan untuk memperoleh referensi. Untuk memudahkan Anda dalam memilih perusahaan IT dengan layanan cloud terbaik, simak beberapa tips berikut ini.

 

Perhatikan Keamanan Layanan Cloud Computing

 

Hadirnya sistem penyimpanan online memberikan kemudahan tersendiri untuk berbagai sektor. Untuk bisa menikmati layanannya secara maksimal, tentu Anda harus tahu apa saja kriteria dalam memilih layanan cloud terbaik, salah satunya adalah keamanannya.

 

Keamanan data menjadi pertimbangan paling penting, sehingga Anda harus memastikan bahwa penyedia layanan cloud memiliki mekanisme untuk mengamankan data-data Anda. Penyimpanan data yang aman akan membuat proses bisnis makin lancar. Untuk mengamankan data, biasanya penyedia layanan punya tim khusus dengan keahlian spesifik di bidang keamanan cyber.

 

DIMENSI CLOUD

 

Pilih Perusahaan IT dengan Performa Terbaik

 

Faktor keamanan saja tidaklah cukup dijadikan pertimbangan dalam memilih perusahaan IT yang memberikan layanan cloud. Anda perlu mempertimbangkan performa layanan yang mereka tawarkan. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya besar tiap bulannya tapi justru mendapatkan performa rendah. Untuk mengukur performa layanan, Anda bisa melihatnya selama masa trial. Jika aplikasi Anda berfungsi dengan baik pada teknologi yang ditawarkan, berarti performanya oke. 

 

Namun, jika selama masa trial kemampuan komputasi, jaringan, dan media penyimpanan yang ditawarkan tidak sesuai dengan aplikasi Anda, maka tak ada salahnya memilih perusahaan lain. Selama uji performa, Anda dapat melakukannya secara manual maupun menggunakan tools tambahan.

 

Pertimbangkan Harga Layanan Cloud

 

Selanjutnya, pertimbangkan biaya layanan cloud yang harus dibayarkan tiap bulannya. Meskipun bisa dinikmati secara gratis, tapi bandwidth-nya akan sangat terbatas. Jika ingin mendapatkan kapasitas lebih besar, maka Anda harus mengeluarkan biaya.

 

Umumnya, penyedia layanan cloud memiliki beberapa paket dengan harga dan kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Makin besar kapasitas dan fiturnya, maka makin mahal pula harganya. Dalam menentukan paket cloud yang akan diambil, Anda juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

 

Bila budget Anda cukup besar dan perusahaan butuh kapasitas penyimpanan yang tinggi, Anda bisa memilih layanan cloud dengan kapasitas 100 GB. Namun, jika budget Anda terbatas, maka pilihlah paket yang lebih murah dengan kapasitas sedang. Satu hal yang perlu diingat, jangan sampai termakan penawaran murah tanpa mempertimbangkan aspek lainnya.

 

 

Dukungan Layanan yang Disediakan Perusahaan IT


Cloud Computing yang Anda gunakan harus didukung secara maksimal dalam pengoperasiannya. Meskipun sistem cloud terbilang canggih dan aman, tapi ada kemungkinan terjadi masalah teknis. Dalam kondisi seperti inilah Anda butuh dukungan dari pihak perusahaan IT untuk menyelesaikannya. Anda perlu mempertimbangkan seresponsif apa perusahaan tersebut, bagaimana penanganan masalah yang terjadi, hingga kecakapan tim yang dimiliki. Akan lebih bagus jika Anda memilih layanan yang memiliki tim khusus di bidangnya sehingga kendala selama menggunakan cloud dapat diatasi secara tepat.


Pertimbangkan Backup dan Pemulihan Bencana


Cloud bukanlah sistem penyimpanan tanpa cela. Faktanya, penyedia layanan computing cloud global pun bisa mengalami gangguan layanan. Mindset ini harus Anda miliki sejak awal memilih perusahaan penyedia layanan cloud computing agar Anda lebih selektif. Anda bisa bertanya ke pihak penyedia jasa terkait layanan backup data akibat bencana. Jika pihak perusahaan IT tersebut tidak memiliki layanan backup, sebaiknya Anda memilih penyedia layanan lain.


Memilih layanan cloud computing bukanlah hal sederhana. Di balik kecanggihan dan kemudahan yang ditawarkan, ada banyak pertimbangan yang harus Anda ambil dalam memilih layanan cloud. Jangan sampai uang yang Anda keluarkan untuk meningkatkan efisiensi bisnis justru berujung dengan kekecewaan karena layanan yang tidak maksimal. Di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan dengan layanan terbaik, salah satu penyedia layanan cloud terbaik di Indonesia adalah DimensiCloud. 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024