5 Tren Cloud Computing Di Masa Depan Yang Menanti Anda!

Tren Cloud Computing Di Masa Depan

Masa depan Cloud Computing – Setidaknya terdapat tren teratas yang akan  terus berkembang dalam membentuk kehidupan manusia, sebut saja teknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI). Namun tahukah kamu? Cloud Computing merupakan salah satu backbone dari semua ekosistem teknologi yang bersifat data driven dan app based. Tidak heran banyak orang yang menantikan perkembangannya di masa depan. Sebagai informasi tambahan, berikut trend Cloud Computing yang siap bermain di masa depan.

1. Siap merobohkan batasan antar provider dengan multi-cloud

Seperti yang diketahui, saat ini provider cloud raksasa seperti Microsoft, Amazon, Google dan lainnya masih menggunakan pendekatan pada batasan dari layanan yang mereka sediakan. Tidak heran mengingat model bisnis mereka selalu melibatkan promosi platform sebagai one stop shops untuk mengcover semua kebutuhan cloud. Hanya saja, seiring berjalannya waktu industri akan terus meningkat dan akan merubah platform ke hybrid atau multi cloud.

Singkatnya ada panggilan bagi para provider ternama untuk menciptakan sebuah jembatan antar platform tersebut yang bisa menyediakan dan menjual lebih banyak kapasitas cloud untuk pelanggan di seluruh dunia. Dengan teknologi tersebut bukan hanya pelanggan yang diuntungkan, namun juga para organisasi yang terlibat dalam rantai supply mereka.

Masa Depan Cloud Computing

2. AI akan memperbaiki kecepatan Cloud Computing

AI (Artificial Intelligence) merupakan kunci utama sepanjang teknologi cloud berjalan. Ekspektasi terhadap masa depan Cloud Computing semakin besar dengan adanya teknologi AI. Diharapkan adanya adaptasi antara keduanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di masa depan. Saat ini telah ada berbagai platform berbasis cloud yang menggunakan layanan as as service dan membuat pengguna bebas mengakses fungsi machine learning.

Kondisi ini sangat memudahkan pengguna untuk mendapatkan info pengenalan gambar, language processing dan lainnya. AI dan Cloud Computing bisa mendorong revolusi semua alat-alat tersebut agar bisa digunakan berbagai perusahaan dengan bidang yang beragam untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Dengan kata lain algoritma AI siap mengoptimalisasi kecepatan dan meminimalisir suatu dampak terhadap lingkungan dengan kiriman layanan cloud.

3. Kehadiran cloud gaming sebagai layanan hiburan yang cepat

Pembahasan tren cloud computing di masa depan berikutnya adalah kehadirannya yang membantu di layanan hiburan seperti game. Perlu kamu nih, Amazon sudah bergabung dalam peringkat provider raksasa yang menawarkan platform untuk cloud gaming. Tidak jauh berbeda dengan platform streaming musik dan film, cloud gaming akan memberikan pengguna sensasi mengkonsumsi layanan hiburan dengan cara yang cepat dan lebih mudah.

Cloud gaming memberikan akses instan ke library yang berisi game, di mana pengguna baru bisa mengaksesnya dengan langganan per bulan. Di tahun 2020 lalu, layanan ini telah lebih dulu diluncurkan oleh Microsoft, Google dan Nvidia dan Sony sudah mempersiapkan sejak beberapa tahun terakhir. Para ahli industri memprediksi jika di masa depan kita mungkin bisa menghabiskan ratusan dollar hanya untuk membeli konsol baru untuk memainkan game terbaru. Tentu saja sangat tidak efektif.2.

Masa Depan Cloud Computing

4. Semakin matang dengan solusi hybrid dan premise cloud

Masa depan Cloud Computing semakin cemerlang dengan adanya adaptasi teknologi hybrid dan premise cloud. Untuk sebagian besar organisasi, hal yang sangat menantang jika mereka dihadapkan pada pilihan antara publik, privat atau hybrid cloud. Pasalnya setiap jalur cloud memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing jika ditinjau dari segi performance, fleksibilitas, keamanan dan cara penyesuaian.

Akan tetapi dengan adanya ekosistem Cloud Computing yang semakin matang, maka pengguna mulai sadar jika tidak ada solusi yang bisa mencegah semua kerugian yang dimiliki model cloud. Teknologi hybrid diharapkan semakin memudahkan pengguna untuk memilih elemen individual dari layanan provider sesuai kebutuhan mereka.

5. Kesempatan bekerja di virtual cloud desktop

Pembahasan tren cloud computing di masa depan berikutnya adalah kontribusi di virtual cloud desktip. Virtual cloud desktop merupakan komputasi di mana workstation yang dikirimkan sebagai layanan cloud ke layar dekstop kita bekerja. Artinya, kini organisasi bisa mengambil keuntungan dengan berlangganan per jam untuk mengeliminasi biaya pembaharuan hardware dan meminimalisir biaya  untuk sumber daya manusia.

Cloud Computing yang semakin berkembang juga memungkinkan karyawan menggunakan teknologi yang lebih sinkron dan semua perangkat sudah bisa dikelola secara centralized. Singkatnya layanan ini bisa meningkatkan efisiensi lintas tenaga kerja dengan memanfaatkan virtual cloud desktop yang dipastikan akan terus populer di masa depan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan teknologi Cloud Computing, kini telah hadir provider terpercaya Dimensicloud yang siap menyediakan layanan cloud terbaik dengan infrastruktur yang bisa di kustomisasi sesuai kebutuhanmu. Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar provider terbaik dan perkembangan masa depan Cloud Computing, segera kunjungi laman DimensiCloud.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024