6 Kekurangan Cloud Storage yang Harus Anda Tahu, Salah Satunya Soal Performa

6 Kekurangan Cloud Storage

Pada artikel ini Anda akan mempelajari tentang 6 kekurangan Cloud Storage yang harus Anda tahu. Sebelum mempelajari lebih jauh, seperti yang kita tahu bahwa Era digital menghadirkan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam mengelola bisnis. Banyak perusahaan yang bermigrasi ke sistem digital, tak kecuali pada sistem penyimpanannya dengan menggunakan Cloud. Sejumlah kelebihan ditawarkan sistem penyimpanan digital ini, mulai dari keamanan yang terjamin, efisien, hingga kemudahan dalam mengaksesnya.

Namun, di balik kelebihan yang dihadirkan, Cloud Storage juga punya kekurangan yang patut dijadikan pertimbangan sebelum Anda menggunakannya sebagai media penyimpanan di perusahaan. Lantas, apa saja kekurangannya? Simak ulasan lengkap berikut ini untuk mengetahui apa saja kekurangan Cloud Storage.

Bandwidth Cloud Storage yang Terbatas

Cloud Storage memang bisa dinikmati secara gratis. Namun, bandwidth yang ditawarkan sangatlah terbatas. Artinya, Anda tidak bisa menikmati layanan ini secara maksimal jika ingin menikmati yang gratisan. Hal ini bisa jadi masalah tersendiri bagi Anda yang sering mengunduh data melalui Cloud pada platform tertentu, seperti Uptobox, UptoCloud, dan sejenisnya.

Bandwidth yang terbatas ini akan membuat kecepatan data transfer menurun, sehingga manajemen data pun terhambat. Sebab itulah, untuk keperluan bisnis yang membutuhkan kelancaran dalam komunikasi serta sirkulasi data, Anda harus menginvestasikan sejumlah uang untuk menyewa Cloud Storage agar bisa menikmati layanan secara maksimal.

DIMENSI CLOUD 3

Koneksi Internet Mempengaruhi Performa Cloud Storage

Sistem penyimpanan digital dapat diakses kapan pun dan di mana pun. Namun, kemudahan yang ditawarkan tidak akan bisa Anda nikmati jika tidak tersedia koneksi internet yang lancar. Tidak semua daerah memiliki koneksi internet yang stabil. Apalagi jika Anda bertugas di daerah-daerah terpencil yang minim akses internet.

Koneksi yang terkendala akan berpengaruh pada performa Cloud dalam menyimpan dan memanajemen data. Akses ke Cloud Storage cenderung lebih lambat dan kurang maksimal. Oleh karenanya, Anda harus memastikan koneksi internet stabil jika ingin mengakses Cloud dengan cepat.

Cloud Storage Juga Bisa Mengalami Masalah Teknis

Cloud digadang-gadang sebagai solusi paling tepat untuk menggantikan sistem penyimpanan manual yang rawan mengalami masalah akibat human error maupun kerusakan hardware. Namun, bukan berarti Cloud Storage tidak bisa mengalami masalah teknis. Kendati kendala teknis jarang terjadi, tapi kemungkinannya tetaplah ada.

Salah satu kendala teknis yang bisa terjadi adalah akun terblokir. Jika hal ini terjadi, Anda harus menghubungi customer service dari jasa Cloud Storage yang Anda gunakan untuk menangani masalah tersebut. Estimasi waktu pemulihan akun pun tidaklah sama, tergantung seberapa responsif customer service dari jasa yang Anda pakai. Bahkan, ada jasa yang membebankan biaya tambahan saat terjadi masalah teknis.

Butuh Biaya untuk Menikmati Fitur Maksimal Cloud Storage

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk menikmati fitur Cloud Storage secara maksimal dibutuhkan biaya. Anda harus membayar per bulan atau per tahun untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar agar manajemen bisnis makin lancar.

Kalaupun ada jasa Cloud Storage yang menawarkan gratis, biasanya bandwidth yang diberikan sangatlah terbatas. Karena dibutuhkan biaya untuk menikmati fitur maksimal, maka Anda harus memperhitungkan baik-baik pengeluaran perusahaan. Jika tidak diimbangi dengan kontrol keuangan yang baik dan salah memilih paket, bisa-bisa pengeluaran Anda membengkak.

Berisiko Terkena Cyber Attack

Cloud Storage dikembangkan dengan sistem enkripsi rumit yang tidak dapat ditembus secara mudah, sehingga data dinilai lebih aman daripada disimpan di hard disk. Namun, bukan berarti sistem penyimpanan Cloud bebas dari risiko cyber attack. Biasanya cyber attack terjadi atas keteledoran pengguna, seperti menyebarkan informasi pribadi akun ke sumber yang tidak dikenal.

Cyber attack berpeluang mengancam keamanan data yang Anda simpan di Cloud Storage. Selain itu, kemungkinan data rusak bisa terjadi akibat overwriting data. Overwriting data terjadi ketika Anda menimpa data lama dengan data baru saat memindahkannya. Data dengan format file yang sama ini akan menyebabkan salah satunya menjadi corrupt jika proses transfernya terganggu.

Sejumlah kekurangan ini tak mengurangi manfaat Cloud Storage dalam memudahkan manajemen bisnis. Selain itu, kekurangan Cloud Storage dapat diminimalisir dengan memilih jasa yang tepat, seperti DimensiCloud.id. Dengan layanan yang responsif dari DimensiCloud, masalah teknis yang terjadi sewaktu-waktu dapat diatasi sesegera mungkin agar manajemen bisnis kembali lancar.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024