6 Kelebihan Menggunakan Cloud Storage, Tertarik Mencobanya?

DIMENSI CLOUND 3

 

Pernahkah Anda mendengar istilah cloud storage? Bagi Anda yang berkecimpung di dunia IT, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Sederhananya, cloud storage adalah tempat menyimpan dan mengolah data komputer yang dapat diakses melalui internet. Di era digital, makin banyak perusahaan di dunia yang menggunakan cloud sebagai sistem pengolahan data karena memiliki sejumlah kelebihan dibanding menggunakan hard disk atau flash disk sebagai media penyimpanan. Berikut ini beberapa kelebihan cloud storage yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan layanannya.

 

Cloud Memberikan Kemudahan dalam Manajemen Bisnis dan Transfer Data

 

Sekarang sudah bukan zamannya menyimpan data secara manual di hard disk. Selain ribet, penyimpanan data secara manual membuat manajemen bisnis tidak efisien karena data tidak dapat diakses dengan cepat. Untungnya, sudah ada sistem penyimpanan cloud yang menawarkan ruang virtual untuk mengolah dan menyimpan data secara otomatis.

 

Melalui sistem penyimpanan tersebut, Anda dapat mengakses data perusahaan kapanpun dan dimanapun hanya bermodal internet. Artinya, manajemen bisnis jadi lebih efisien, hemat waktu, dan tertata. Selain itu, mengelola bisnis dengan cabang yang tersebar di berbagai daerah juga jadi lebih mudah karena data setiap cabang dapat diakses tanpa harus datang ke kantor.

 

DIMENSI CLOUD 5

 

Menggunakan Cloud Storage Lebih Hemat Biaya

 

Siapa bilang menggunakan cloud storage menghabiskan banyak biaya? Saat menggunakan sistem penyimpanan manual, Anda harus menganggarkan biaya maintenance hardware setiap bulannya agar komputer tetap prima dan kehilangan data dapat diminimalisir. Namun, dengan cloud storage, Anda tak perlu mengeluarkan biaya maintenance.

 

Anda hanya perlu membayar biaya sewa untuk menggunakan sistem penyimpanan berbasis internet ini. Apalagi saat ini banyak jasa Cloud Storage yang menawarkan tarif kompetitif dan terjangkau dengan layanan yang memuaskan. Soal maintenance, jasa Cloud Storage lah yang akan mengurusnya. Menariknya lagi, Anda bisa menyewanya secara personal, sehingga ruang penyimpanan yang didapatkan lebih besar.

 

Media Back-up untuk Mencegah Kehilangan Data

 

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada penyimpanan manual adalah kehilangan data akibat tidak melakukan back up. Hal ini tidak bisa dianggap remeh, karena data sekecil apapun jika menyangkut perusahaan pasti bersifat penting. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan Cloud sebagai media penyimpanan untuk meningkatkan keamanan data perusahaan.

 

Sistem Cloud Storage akan melakukan back up secara berulang ke beberapa server, sehingga minim risiko crash yang menyebabkan Anda kehilangan data-data penting. Selain itu, Anda memiliki akses sepenuhnya untuk melakukan recovery data kapanpun dan di mana pun.

 

Keamanan Data Cloud Storage yang Terpercaya

 

Dari segi keamanan, Anda tak perlu khawatir. Sebab Cloud Storage memiliki keamanan yang terjamin. Lokasi server Cloud Storage memiliki tingkat penjagaan tinggi dan berlapis, sehingga data tidak mudah hilang. Bahkan, saat terjadi malfungsi hardware, data Anda akan tetap aman karena sudah di-back up secara otomatis ke lokasi yang berbeda-beda. Dengan sistem keamanan yang diterapkan, maka kecil risiko kehilangan data ketika Anda menggunakan sistem Cloud Storage.

 

 

Ukuran Penyimpanan Cloud yang Beragam

 

Menyimpan data di hard disk kurang efisien dalam jangka panjang karena ruang penyimpanannya akan terus berkurang seiring dengan penggunaannya. Jika ingin menambah data, maka Anda harus upgrade hard disk ke ukuran yang lebih besar lagi.

 

Namun, dengan Cloud Storage, Anda tak perlu khawatir soal ukuran ruang penyimpanannya. Cloud memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak data. Jasa Cloud Storage umumnya menawarkan beberapa paket dengan fitur-fitur tambahan serta ruang penyimpanan yang beragam. Anda bisa memilih seberapa besar ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk keperluan bisnis.

 

Mudah Diakses dan Operasional di Segala Jenis Perangkat

 

Kelebihan terakhir yang ditawarkan sistem penyimpanan Cloud adalah mudah diakses kapan pun dan di mana pun. Selama terhubung dengan internet, Anda dapat mengakses data yang tersimpan di Cloud selama 24 jam, baik mengirim, mengunduh, maupun memanajemen data. Selain itu, Cloud Storage dapat dioperasikan di segala jenis perangkat, mulai dari smartphone, PC desktop, laptop, hingga tablet. Untuk kebutuhan media penyimpanan berbasis internet ini, Anda bisa menggunakan layanan DimensiCloud.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024