6 Rekomendasi DNS Tercepat untuk Mengoptimalkan Akses Internet

Rekomendasi DNS Tercepat

Domain Name System atau DNS merupakan sistem yang ditujukan untuk memudahkan kegiatan online. Keberadaannya memudahkan user karena mereka tak perlu memasukkan sepuluh digit alamat IP di peramban (browser). Kecepatan pun turut mempengaruhi kelancaran pemakaiannya, sehingga tak sedikit orang yang mencari rekomendasi DNS tercepat.

Provider DNS yang patut dipertimbangkan

Sebenarnya, masing-masing Internet Service Provider (ISP) menyediakan DNS secara default. Hanya saja, tak semua provider memberikan kecepatan yang stabil dan kencang. Menggunakan DNS dari pihak ketiga lantas menjadi solusi yang diambil sejumlah orang.

Adapun rekomendasi DNS tercepat yang patut dipertimbangkan mencakup:

1. Cloudflare

Dengan waktu respons hanya 13,88 milidetik, Cloudflare menjadi provider yang sering masuk ke rekomendasi tercepat. Selain itu, Cloudflare juga memiliki uptime sampai 99,99%. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah proteksi DDoS, firewall, manajemen bot, sampai VPN untuk memproteksi penggunaan website, API, dan lain sebagainya.

Privasi menjadi nilai plus dari Cloudflare, sebab mereka menjamin tak akan ada data user yang dibagikan atau dijual. Bahkan data-data yang masuk akan langsung dihapus dalam hitungan 25 jam. Selain itu, terdapat pula dasbor khusus bagi user yang ingin mempercepat konfigurasi.

2. DNSFilter

Rekomenfasi DNS tercepat berikutnya adalah DNSFilter yang mempunyai waktu respons 14,33 milidetik. Dengan uptime sampai 99,91%, DNSFilter mengklaim mereka adalah satu-satunya provider yang menyediakan fitur analisis domain secara real-time. Pemakaian cloud sebagai salah satu basis teknologi pun memudahkan mereka mencegah malware dan phishing.

Fitur bermanfaat lainnya yang DNSFilter hadirkan adalah Content Filtering yang berfungsi untuk memblokir website tertentu. Sayangnya, DNSFilter hanya menyediakan 14 hari trial, sehingga user harus berlangganan untuk akses penuh.

3. OpenDNS

OpenDNS menjadi rekomendasi DNS tercepat berkat reputasinya sebagai salah satu provider yang berada di bawah naungan Cisco. Dengan waktu respons 22,37 milidetik dan uptime sampai 99,87%, OpenDNS layak dipertimbangkan bagi mereka yang memerlukan DNS terbaik. Apalagi OpenDNS sudah memblokir sekitar tujuh domain berbahaya. 

Kemudian, OpenDNS menyediakan panduan, dokumentasi, hingga forum komunitas untuk menggali informasi maupun membangun network. Reputasi dan layanan terpercaya pun mengantarkan mereka pada klien-klien seperti Evernote, Ford, hingga Netflix.

4. Google Public DNS

Meski waktu responsnya masih 28,87 milidetik, Google Publics DNS menjadi rekomendasi DNS tercepat dengan jumlah user terbanyak di dunia. Salah dua faktornya adalah uptime yang mencapai 99,98% dan dapat diakses secara gratis. Privasi user juga tetap terjaga baik, sebab data langsung terhapus dalam 48 jam.

Hanya saja ada sejumlah kekurangan yang perlu diantisipasi dari Google Public DNS. Antara lain belum bisa memblokir akses ke website berbahaya dan lemah dalam melawan serangan DDoS serta spoofing. Kendati begitu, provider ini masih layak untuk digunakan.

5. Next DNS

Next DNS masuk ke rekomendasi DNS tercepat berkat sistem keamanannya yang melimpah. Ada sekitar sepuluh jenis proteksi untuk menjaga sistem agar tak mudah dijebol. Belum lagi Native Tracking Protection untuk memblokir iklan secara real-time dan Parental Control untuk memastikan anak-anak aman selama mengakses informasi.

Dibandingkan provider lainnya, Next DNS memang memiliki waktu respons yang belum terlalu kencang, yakni 29,69 milidetik. Meski demikian, uptime yang diberikan sudah mencapai 99,69% dan menyediakan paket gratis maupun berbayar yang beragam.

6. Quad9DNS

Rekomendasi DNS tercepat terakhir adalah Quad9 DNS yang mempunyai uptime sampai 99,91%. Kendati waktu responnya masih di angka 40,61 milidetik, penyedia provider ini sudah menyediakan DNS recursive yang akan menjaga akses internet lebih aman. Bukan hanya itu, mereka juga punya server Indonesia untuk keamanan yang lebih baik.

Quad9 DNS mempunyai fitur yang memungkinkan pemblokiran ancaman seperti malware, spyware, hingga phishing. Privasi user juga akan dijamin baik, sebab DNS WiFi mereka tak akan menyimpan alamat IP dalam sistemnya.

Optimalkan penggunaan rekomendasi DNS tercepat dengan sistem cloud dari DimensiCloud! Pasalnya, DimensiCloud akan memastikan produk berbasis cloud yang digunakan bekerja secara optimal dan stabil. Layanan yang mudah diakses pun membuatnya bersahabat untuk para pemula.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024