Bukan Cuma Gaji Besar, Ini 7 Alasan Kenapa Harus Belajar Cloud Computing!

Alasan-Kenapa-Harus-Belajar-Cloud-Computing

Cloud computing yang belakangan populer dalam pengelolaan data menarik perhatian orang-orang yang belum pernah memakainya. Sebagian dari mereka bertanya-tanya mengapa infrastruktur tersebut semakin sering digunakan. Beberapa di antaranya bahkan mencari alasan kenapa harus belajar cloud computing demi menyelami bidang tersebut.

Benar, walau sudah disediakan sejumlah penyedia jasa, cloud computing harus Anda kuasai semaksimal mungkin. Kira-kira, apa saja alasan yang membuat cloud computing wajib dipelajari? 

1. Salah satu tren teknologi yang digunakan

Bersama IoT, AR, dan cyber security, cloud computing menjadi sebuah tren teknologi yang pemakaiannya semakin masif berkembang. Hal ini menjadi alasan kenapa harus belajar cloud computing buat Anda yang sebagian kegiatannya berhubungan dengan dunia digital.

Akan sulit bagi Anda memaksimalkan skill dan ilmu pengetahuan tanpa mengikuti kabar maupun inovasi terkini di bidang teknologi. Jadi walau belum akan dipakai secara berkala, tak ada salahnya mengetahui dasar cloud computing sebagai pegangan.

2. Penghasilan cloud developer yang menggiurkan

Bukan rahasia lagi kalau sebagian besar profesi yang berkaitan dengan teknologi menawarkan penghasilan besar. Namun, hal ini sebanding dengan tanggung jawab dan beban yang Anda pikul. Maka dari itu, jangan sampai Anda malas dan asal menggelutinya.

Gaji menjanjikan pula yang jadi alasan kenapa harus belajar cloud computing. Bukan cuma itu, profesi seperti cloud developer diprediksi bakal semakin dibutuhkan di kemudian hari. Adapun rata-rata penghasilan yang diterima adalah sekitar USD150,000.

Alasan Kenapa Harus Belajar Cloud Computing

3. Peluang kerja sampai ke perusahaan besar

Skill menguasai sistem cloud akan membantu Anda menambah pengalaman, termasuk ke perusahaan-perusahaan teknologi berskala besar. Sebut saja Microsoft Azure hingga AWS Security Architect. Posisinya juga bisa mencapai ke konsultan dan engineer.

Tentu saja untuk mencapai posisi tersebut, Anda harus tekun mengasah kemampuan serta mengambil peluang yang sesuai kemampuan. Ikuti juga setiap perkembangan di dunia cloud computing supaya tak dianggap ketinggalan zaman.

4. Fleksibilitas yang tersedia untuk developer

Alasan kenapa harus belajar cloud computing berikutnya adalah fleksibilitas kerja, terutama untuk Anda yang sudah berprofesi sebagai developer. Menangani cloud computing tak membutuhkan ruang kantor tetap, sebab job desc-nya bergantung pada jaringan internet yang mudah diakses.

Meski begitu, Anda perlu memperhatikan jenis dan spesifikasi perangkat yang digunakan. Posisi seperti back end developer, misalnya, membutuhkan komputer yang spesifikasinya canggih supaya pekerjaan mereka dalam pengolahan data berjalan lancar.

5. Skill-nya diprediksi relevan selama bertahun-tahun

Bertambahnya jumlah user yang memakai cloud computing yang dibarengi potensi kemajuan teknologi membuat skill yang Anda kuasai akan relevan selama bertahun-tahun. Ini yang kemudian menjadi salah satu untuk mempelajari cloud computing yang perlu dipertimbangkan.

Memang dalam perkembangannya akan ada pembaruan dan peningkatan, tetapi hal-hal mendasar cloud computing bakal bertahan. Oleh karena itu, jangan merasa terlambat mempelajarinya, sebab skill ini akan terus dibutuhkan.

Alasan Kenapa Harus Belajar Cloud Computing

6. Bidang menantang yang terus dibutuhkan

Salah satu faktor yang membuat profesi seperti cloud developer dan konsultan memberikan penghasilan besar adalah banyaknya tantangan yang harus dihadapi. Hanya segelintir orang dengan motivasi kuat yang mampu mempelajarinya sampai benar-benar ahli. 

Jadi, jangan pandang sebelah mata skill yang Anda asah selama mendalami cloud computing. Ada banyak orang yang rela membayar kemampuan tersebut dalam jumlah besar demi mendapatkan sesuatu yang mereka butuhkan.

7. Membantu mengembangkan bisnis berbasis cloud

Pengin membangun bisnis berbasis cloud? Jadikan sebagai alasan kenapa harus belajar cloud computing. Modal yang dikeluarkan juga tak terlalu besar, sebab sebagian materinya dapat Anda akses di website khusus pembelajaran cloud computing.

Salah satu bisnis yang tergantung pada cloud computing adalah startup. Jika Anda menguasai sejumlah skill yang diperlukan, sebagian besar kegiatan operasional dijamin dapat diatur dengan mudah dan aman.

Mau belajar sekaligus menggunakan jasa cloud computing yang profesional? DimensiCloud adalah pilihan tepat yang tak perlu diragukan! Setiap layanan dan perangkat yang digunakan telah memenuhi standar, sehingga memudahkan Anda mempelajari cara kerjanya. Silakan kunjungi website resminya untuk mengulik lebih dalam seputar layanan mereka!

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024