Cari Tahu Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing Sebelum Menggunakannya

Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Computing

Memadukan penggunaan teknologi komputer dengan jaringan internet, menjadikan layanan cloud computing / komputasi awan belakangan ini cukup banyak diminati pengguna. Meski demikian, bagi Anda yang mungkin belum terlalu familier dengan penggunaan komputasi awan ini, tentunya ingin tahu mengenai kelebihan dan kekurangan sebelum menggunakannya, bukan? Oleh karena itu, di pembahasan kali ini akan diulas mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan cloud computing bagi pengguna.

Kelebihan penggunaan layanan cloud computing

Maraknya pengguna yang memutuskan menggunakan komputasi awan ini tentunya bukan tanpa alasan karena layanan tersebut menawarkan banyak kelebihan di dalamnya. Beberapa kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan cloud computing antara lain sebagai berikut :

1) Menawarkan akses kemudahan setiap saat

Perlu Anda ketahui, bahwasanya setiap menggunakan layanan komputasi awan, maka file data yang kita miliki nantinya akan tersimpan di dalam penyedia layanan tersebut dengan memanfaatkan internet. Karena alasan inilah, maka pengguna nantinya bisa dengan mudah mengakses file data yang dimiliki setiap saat kapan saja dan dimana saja.

2) Biaya lebih terjangkau

Apabila kita membahas mengenai alokasi penggunaan hardware-nya sendiri, menggunakan layanan komputasi awan ini terbilang sebagai solusi paling tepat dalam menghemat biaya. Dikarenakan, Anda yang menggunakan layanan cloud ini nantinya tidak perlu lagi menggunakan maintenance yang beragam. Sehingga, hal ini bisa menjadikan penggunaan biaya lebih terjangkau dan hemat.

DIMENSICLOUD 35

3) Menawarkan akses skalabilitas

Penggunaan layanan cloud computing juga hadir dengan menawarkan akses skalabilitas bagi setiap pengguna. Bisa kita lihat seperti misalnya ketika nanti para pengguna menggunakan layanan tersebut, maka mereka tidak perlu lagi bersusah payah melakukan manajemen file data. Sebab, cukup dengan mempercayakan pada layanan komputasi awan saja, maka proses manajemen file data akan dapat dilakukan dengan baik oleh pihak penyedia layanan cloud.

4) Penggunaan layanan lebih fleksibel

Sering kali besarnya ukuran penyimpanan file data menjadikan pengguna merasa butuh memori penyimpanan yang memiliki kapasitas besar. Hingga tidak jarang mereka akhirnya membeli perangkat memori penyimpanan seperti harrdisk. Namun, hal ini tentunya dirasa kurang efisien apalagi jika perangkat tersebut sewaktu – waktu mengalami kerusakan, bukan? Maka dari itu, solusi paling tepat yakni menggunakan layanan komputasi awan yang mana file data akan tersimpan dengan baik dan pastinya aman.

Kekurangan penggunaan cloud computing

Kelebihan dan kekurangan cloud computing tentu menjadi bahan pertimbangan bagi pengguna sebelum menggunakan layanan tersebut. Setelah tadi membahas mengenai kelebihan cloud computing, maka kini kita akan membahas mengenai kekurangan dari layanan tersebut.

1) Sangat bergantung dengan internet

Dikarenakan teknologi cloud computing ini penggunaannya mengharuskan setiap pengguna untuk terkoneksi dengan jaringan internet, maka bisa disimpulkan bahwa penggunaan layanan ini sangat bergantung dengan internet. Kondisi inilah yang menjadi hambatan tersendiri bagi pengguna yang mungkin belum terjangkau akses internet dengan baik. Sehingga saat tidak adanya koneksi internet, maka akan secara otomatis akses ke komputasi awan bisa saja terputus secara tiba – tiba.

DIMENSI CLOUD 14

2) Risiko kemunculan isu teknis

Kekurangan dari cloud computing berikutnya yakni risiko kemunculan isu teknis. Dimana ketika terjadi pemadaman dan kendala maintenance secara mendadak, maka menjadikan layanan tersebut sulit untuk bisa diakses pengguna. Tentu saja, hal ini akan menjadikan pekerjaan yang sedang berlangsung menjadi terhambat, bukan? Sehingga, kondisi inilah yang perlu menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum menggunakan layanan tersebut.

3) Perlu mencari provider cloud terpercaya untuk menjamin keamanan

Ketika Anda memutuskan menggunakan layanan komputasi awan, maka hal ini nantinya akan sepenuhnya menyerahkan data file keamanan dan kerahasiaan ke pihak provider cloud. Mengingat sekarang ini banyak sekali bermunculan provider cloud di pasaran, Anda juga perlu berhati – hati agar jangan asal memilih saja. Sebab jika hal itu terjadi, bisa saja data keamanan dan kerahasiaan bisa teretas oleh oknum tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, pastikan mencari provider cloud yang terpercaya untuk menjamin keamanan file data Anda nantinya.

Demikianlah informasi seputar kelebihan dan kekurangan cloud computing yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum menggunakannya. Sebagai solusi alternatif dalam menggunakan komputasi awan, Anda bisa mempercayakan layanan cloud DimensiCloud yang memberikan sistem data aman dan mudah diakses bagi pengguna.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024