Kenali 5 Potensi Penerapan Teknologi AI untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Indonesia

AI untuk Kesehatan

Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini perkembangan teknologi semakin menunjukkan eksistensinya. Bagaimana tidak, kini Anda bisa melihat adanya teknologi AI untuk kesehatan yang mampu meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia. Adapun yang menjadi pertanyaan disini adalah, apa saja kira – kira potensi penerapan teknologi AI yang dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia. Bagi Anda yang penasaran akan hal ini, maka bisa langsung menyimak detail penjelasannya di artikel berikut.

Apa saja tantangan besar mengenai sistem pelayanan kesehatan di Indonesia?

Sebagai informasi penting bagi Anda, bahwasanya sistem pelayanan kesehatan dalam beberapa waktu terakhir ini sedang menghadapi sejumlah tantangan besar. Yang mana, tantangan besar yang dialami di negara Indonesia ini yakni mengenai permintaan terkait sejumlah peningkatan pelayanan, biaya kesehatan sampai dengan sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itulah, salah satu upaya yang bisa menjadi solusi terbaik dalam menghadapi tantangan besar mengenai sistem pelayanan kesehatan di Indonesia yakni dengan adanya teknologi kecerdasan buatan atau dikenal dengan istilah Artificial Intelligence (AI). Dengan menggunakan teknologi AI untuk kesehatan satu ini, maka kualitas dan pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia bisa lebih meningkat. 

Terlebih lagi, di sejumlah rumah sakit di Indonesia sendiri juga belum banyak tersedia teknologi AI. Hal ini wajar dikarenakan, ada sejumlah hal yang memang belum dipersiapkan dengan baik. Entah itu dari segi penyedia layanan yang diberikannya maupun sumber daya yang ditawarkan kepada masyarakat. 

Beberapa potensi penerapan teknologi AI untuk kesehatan di Indonesia

Dengan menerapkan teknologi AI untuk kesehatan, maka hal ini akan menjadikan kualitas dan pelayanan kesehatan di Indonesia semakin meningkat. Adapun beberapa potensi penerapan dari teknologi AI di bidang pelayanan kesehatan sendiri diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Memanfaatkan fitur chatbot bagi para pasien

Salah satu penerapan teknologi AI untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, yakni dengan memanfaatkan fitur chatbot. Yang mana, disini pasien harus dapat melakukan interaksi dengan teknologi tersebut untuk bisa menginformasikan gejala yang mereka alami. Dengan demikian, maka mereka nantinya akan diberikan adanya rekomendasi apabila memang diperlukan pemeriksaan di rumah sakit dan dokter khusus yang menangani. 

2. Menggunakan teknologi AI untuk proses mendeteksi masker wajah

Meskipun pandemi Covid-19 perlahan sudah mulai menghilang, akan tetapi sudah seharusnya bagi kalangan masyarakat untuk tetap memakai masker demi menunjang kesehatan. Adapun penerapan teknologi AI satu ini yakni bisa digunakan untuk mendeteksi masker wajah seseorang. Dimana cara kerja dari alat ini yakni akan mendeteksi apakah orang yang memasuki fasilitas kesehatan tersebut memakai masker atau tidak. Di samping itu, teknologi AI juga bisa melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung secara otomatis. 

3. Melakukan optimalisasi pada proses hambatan

Teknologi AI untuk kesehatan juga memiliki potensi untuk diterapkan dalam membantu proses optimalisasi yang memprediksi kapan pasien akan masuk dan menjalani perawatan di fasilitas kesehatan. Tentu saja, dukungan teknologi AI satu ini dapat membantu sejumlah rumah sakit untuk mengetahui berbagai kendala apa saja yang memang harus segera diatasi. Dengan demikian, maka pasien akan mendapatkan penanganan yang terbaik. 

4. Proses optimalisasi terhadap kamar operasi pasien

Dukungan teknologi AI di bidang kesehatan, juga dapat membantu dalam meningkatkan ketersediaan kamar operasi di rumah sakit. Dimana, hal ini biasanya dilakukan lewat perhitungan skor waktu dengan riwayat tindakan medis oleh dokter bedah. Bahkan, teknologi AI satu ini juga dapat memprediksi jadwal dokter bedah  sehingga akan dapat mengalokasikan slot kamar operasi yang pas dan lebih optimal. 

5. Melakukan optimalisasi dalam pendeteksian penyakit kanker pada citra medis

Terakhir, ada penerapan teknologi AI dengan mengoptimalisasi dalam pendeteksian penyakit kanker pada citra medis. Disini, penggunaan teknologi AI ini nantinya akan dapat membantu mendeteksi lebih cepat penyakit tumor dan kanker sehingga akan dapat memberikan penanganan yang lebih cepat. Bahkan adanya teknologi AI juga akan menjadikan pelayanan kesehatan kepada pasien jauh lebih berkualitas.

Demikianlah tadi beberapa potensi penerapan adanya teknologi AI untuk kesehatan. Dengan memanfaatkan dukungan teknologi AI satu ini, maka akan menjadikan kualitas dan pelayanan kesehatan di Indonesia lebih meningkat. Apabila Anda menginginkan untuk menggunakan teknologi AI, maka bisa membaca seputar teknologi AI di website DimensiCloud sekarang juga! 

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024