Kenali Apa Itu Cloud Computing Beserta Cara Kerja dan Fungsinya

Apa Itu Cloud Computing Beserta Cara Kerja

Pada pembahasan ini kita akan mengupas tentang apa itu Cloud Computing beserta cara kerja dan fungsinya. Pada aktivitas harian, Anda tentu pernah mendengar istilah yang namanya cloud computing, bukan? Ya, istilah ini sering kali digunakan oleh banyak perusahaan besar hingga organisasi tertentu untuk dalam memudahkan dalam berinteraksi dari perangkat komputer satu dengan yang lainnya tanpa perlu banyak biaya. Kendati demikian, tahukah Anda mengenai apa itu cloud computing beserta cara kerja dan fungsinya? Jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih jelasnya, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan cloud computing?

Istilah cloud computing sendiri adalah suatu tahapan dalam mengelola data – data komputasi yang mempunyai fungsi agar bisa mengakses suatu software aplikasi lewat komputer yang telah terhubung dengan jaringan internet pada waktu yang sama. Bisa dikatakan, bahwa cloud computing merupakan perkembangan dari teknologi informasi berupa layanan data yang mana memanfaatkan media internet untuk tempat layanan dalam membantu pengelolaan file – file data serta aplikasi pengguna.

Dalam penggunaannya sendiri, cloud computing tersebut memudahkan para penggunanya untuk dapat mengakses program aplikasi / software tanpa perlu melakukan penginstalan saat menggunakannya. Cloud computing ini juga turut memudahkan setiap user untuk bisa membuka file – file data penting cukup dengan memanfaatkan koneksi internet.

Dengan adanya, cloud computing, maka akan menjadikan semua pekerjaan menjadi lebih praktis dan tanpa perlu menggunakan infrastruktur yang besar. Sehingga, hal inilah yang menjadikan biaya pengeluaran dalam perusahaan dapat diminimalisir dengan adanya penggunaan cloud computing yang satu ini.

Apa Itu Cloud Computing Beserta Cara Kerja

Bagaimana cara kerja cloud computing?

Hampir sama dengan perangkat PC sendiri, komputasi awan ini menggunakan komponen utama yakni penyedia layanan, program aplikasi serta software. Dari ketiga komponen tersebut, sistem pengoperasiannya dibantu dengan media internet agar lebih memudahkan pengguna dalam mengaksesnya.

Jika diibaratkan sebagai komponen prosesor unit di PC, layanan ini nantinya memiliki komponen tertentu seperti halnya harddisk, memori penyimpanan dan unit prosesor. Adapun layanan cloud computing nantinya akan menyediakan semua unit penting yang membuat Anda tidak perlu lagi membeli berbagai unit dalam menggunakan layanan tersebut.

Di samping itu, server komputasi awan ini nantinya akan menyelesaikan tugasnya secara virtualisasi sesuai dengan paket yang sudah dipilih pengguna. Bahkan pengguna juga tidak perlu lagi mengatur ulang aplikasi software komputasi awan lantaran semua infrastruktur dan aplikasi yang dipakai sudah diatur oleh penyedia layanan. Dengan begitu, maka pengguna hanya perlu menggunakan layanan tersebut dengan mudah dan praktis.

Apa Itu Cloud Computing Beserta Cara Kerja

Apa saja fungsi dari layanan cloud computing?

Setelah mengetahui mengenai apa itu cloud computing dan cara kerjanya, Anda tentunya penasaran mengenai apa sebenarnya fungsi dari layanan ini, bukan? Dari beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, berikut ini ada beberapa alasan umum mengapa orang memilih untuk menggunakan layanan komputasi awal dalam menunjang pekerjaan.

1) Menawarkan akses kemudahan skalabilitas

Ketika Anda butuh tempat penyimpanan file data dengan kapasitas yang jauh lebih besar daripada komputer pribadi Anda, tentunya akan merasa direpotkan ketika diminta untuk melakukan penggantian atau mungkin membeli media penyimpanan yang baru, bukan? Oleh karena itu, dengan adanya layanan cloud computing ini nantinya Anda bisa menambah penyimpanan atau dapat menjadikan kemampuan komputasi awan menjadi lebih tinggi dan juga lebih praktis. Oleh sebab itu, disini, Anda hanya perlu menentukan pilihan paket layanan cloud computing sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yang Anda gunakan.

2) Memberikan kemudahan mengakses data 

Anda tentu pernah atau bahkan sering mengalami masalah kelupaan membawa flashdisk saat presentasi akan berlangsung, bukn? Jika iya, maka kini saatnya bagi Anda untuk menggunakan layanan cloud computing. Sebab, di layanan ini Anda bisa menyimpan dan mengakses file secara online. Sehingga file – file Anda akan lebih gampang diakses dengan syarat Anda harus terhubung ke internet lebih dulu.

3) Dapat menyediakan sarana yang selalu Up to Date

Melakukan pembaharuan hardware dan software tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bukan? Bahkan, Anda juga harus meluangkan waktu untuk melakukan proses instalasi tersebut. Sebagai solusinya, layanan cloud computing ini hadir dengan menawarkan layanan komputasi yang selalu up to date di hampir semua sarananya untuk memudahkan pengguna memperoleh manfaat secara maksimal.

Dari penjelasan mengenai apa itu cloud computing beserta cara kerja dan fungsinya di atas, apakah Anda tertarik untuk beralih ke layanan cloud computing? Jika iya, maka Anda bisa mempercayakan layanan cloud computing yang aman, mudah dan professional dari DimensiCloud sekarang juga.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024