Apa Itu Cloud Server? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Apa Itu Cloud Server

Pernahkah data-data penting Anda hilang karena laptop rusak? Kejadian seperti ini tentu sangat menjengkelkan, karena Anda harus mengulang pekerjaan dari awal. Namun masalahnya, jika data-data yang hilang adalah laporan penting dari beberapa tahun lalu, tentu Anda tak bisa mengembalikannya. Sebab itu, banyak orang beralih ke cloud server untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga seperti di atas. Lantas, apa itu cloud server?

Cloud server tidak berbentuk fisik seperti flashdisk ataupun hard disk. Melainkan sebuah ruang virtual untuk menyimpan dan mengolah data yang dapat diakses kapanpun serta di mana pun. Kami akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian, jenis, dan fungsi dari cloud server.

Apa Itu Cloud Server?

Sederhananya, cloud server adalah server virtual yang berjalan di lingkungan komputasi awan atau cloud computing. Cloud computing sendiri merupakan teknologi untuk menyimpan dan mengolah data berbasis internet. Dengan kata lain, data Anda tersimpan di dalam ruang virtual di internet.

Karena tidak menggunakan ruang penyimpanan fisik, maka cloud computing dinilai lebih simple dan praktis. Sebab data dapat diolah kapanpun dan dimanapun melalui berbagai perangkat, seperti smartphone, laptop, hingga tablet. 

Jenis-Jenis Cloud Server

Dilihat dari jangkauannya, cloud server atau cloud computing terbagi ke dalam empat jenis, yaitu public cloud, community cloud, private cloud, dan hybrid cloud. Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis.

1. Public Cloud

Sesuai dengan namanya, public cloud adalah cloud computing yang dapat diakses oleh publik, seperti Gmail, YouTube, Instagram, dan lain sebagainya. Beberapa public cloud dapat diakses secara gratis. Tidak sedikit pula public cloud yang bersifat premium atau harus berlangganan ke penyedia cloud computing.

2. Community Cloud

Community cloud tidak bisa diakses oleh sembarang orang, karena server virtual ini hanya tersedia untuk sekelompok organisasi. Misalnya dua perusahaan atau organisasi yang saling bekerja sama. Cloud computing jenis ini biasanya dikelola secara internal oleh kedua belah pihak yang bersangkutan maupun penyedia layanan cloud.

3. Private Cloud

Private cloud sangat cocok untuk perusahaan atau organisasi yang menginginkan keamanan data tingkat tinggi. Sebab cloud server ini hanya bisa diakses oleh orang-orang internal saja. Karena bersifat privat, aktivitas yang mencurigakan pada server akan lebih mudah dideteksi, sehingga risiko kebocoran data dapat diminimalisir. Apalagi sistem keamanan pada private cloud dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Hybrid Cloud

Jenis yang terakhir adalah hybrid cloud, yaitu kombinasi dari public dan private cloud. Beberapa informasi pada cloud server dapat diakses secara umum dan sebagian lagi hanya bisa diakses oleh orang-orang internal saja.

Fungsi Cloud Server yang Perlu Anda Tahu

Bila dibandingkan dengan penyimpanan fisik, tentu cloud server jauh lebih praktis dan fleksibel karena penyimpanan yang berbasis internet dapat diakses kapan saja. Lalu apa saja fungsinya? 

Cloud server nyatanya tidak hanya digunakan untuk menyimpan data personal. Cloud server juga digunakan untuk menyimpan data aplikasi hingga web hosting. Berkat kecanggihan yang ditawarkan, cloud server mampu meminimalisir kehilangan data, baik karena kerusakan ruang penyimpanan fisik maupun akibat cybercrime. 

Pemanfaatan cloud server juga memberikan kemudahan tersendiri, karena layanan teknologi menjadi lebih praktis. Bahkan, memori hardware pun tidak akan termakan secara berlebihan ketika menjalan aplikasi.

Cloud Server Terbaik yang Sesuai Kebutuhan Anda

Setelah membaca ulasan di atas, Anda pasti paham dengan apa itu cloud server? Melihat peran dan fungsinya yang sangat krusial, memilih cloud server membutuhkan pertimbangan matang-matang. Bahkan, untuk memilih jenis cloud server pun Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Sebab pilihan Anda akan mempengaruhi banyak hal, mulai dari biaya yang harus dikeluarkan, layanan yang diperoleh, hingga keamanan data Anda. Untuk itu, pilihlah penyedia cloud server terbaik yang mampu memahami kebutuhan Anda.

DimensiCloud merupakan salah satu penyedia layanan cloud server dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik. Tak hanya menjamin keamanan data, paket perawatan server pun dihadirkan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pemanfaatan cloud computing.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024