Apa Itu Copy AI: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Kerjanya

Apa Itu Copy AI

Perkembangan artificial intelligence (AI) tak dipungkiri memudahkan orang-orang mengurus pekerjaannya. Untuk kebutuhan marketing misalnya, kini sudah ada Copy AI yang dimanfaatkan untuk menyusun kata-kata yang menjual dan menarik target audience.

Apa itu Copy AI? Apakah cara kerjanya sama dengan tool AI lain seperti ChatGPT? Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui keunggulan hingga penggunaan Copy AI yang tepat.

Copy AI, tool AI khusus copywriting

Sebelum mengupas apa itu Copy AI, Anda perlu memahami dulu konsep tool AI yang digunakan untuk copywriting. Jenis tool ini, menurut artikel Best AI Copywriting Tools (2023 Update yang ditulis Neil Patel, mampu menghasilkan tulisan berdasarkan prompt yang Anda masukkan.

Tulisan-tulisan yang dihasilkan pun menyerupai hasil yang dirangkai manusia. Pasalnya AI bukan generator yang dijalankan dengan mesin. AI menggunakan data relevan dan sudah dibekali teknologi yang memungkinkan mereka mempelajari informasi tersebut. Kemudian tulisan-tulisan tersebut bisa Anda perbaiki dan kembangkan menjadi caption hingga artikel penuh.

Lantas, apa itu Copy AI sebagai tool AI? Jenis tool AI memungkinkan Anda mengolah tulisan marketing untuk kebutuhan konten maupun penjualan produk. Copy AI juga menyediakan aneka fitur yang membantu Anda berkreasi dan meningkatkan kemampuan copywriting untuk bisnis.

Sebagai tool AI, Copy AI menawarkan sejumlah keunggulan seperti:

1. Menghasilkan Tulisan Alami

Alami dalam hal ini adalah tak terkesan kaku bak robot. Hasilnya tak akan melantur ke mana-mana, sebab AI menyesuaikannya dengan prompt yang Anda masukkan. Anda yang belum punya ide untuk menulis prompt pun bisa memanfaatkan template yang disediakan. 

Copy AI juga mematahkan anggapan bahwa tool AI akan mengambil alih pekerjaan manusia. Pada kenyataannya, kemampuan Anda tetap diperlukan untuk menulis prompt dan memoles hasilnya.

2. Membantu Mencari Inspirasi

Banyak karyawan yang menelusuri apa itu Copy AI karena stuck menyusun konten copywriting. Dalam hal ini, template yang disediakan Copy AI bisa digunakan untuk membebaskan Anda dari ‘kemacetan’ ide. Pilih untuk bahan brainstorming sampai mendapatkan hasil yang diharapkan.

Begitu mendapatkan inspirasi, Anda dijamin akan lebih lancar membuat prompt dan menemukan tulisan untuk strategi marketing. Alhasil pekerjaan selesai tepat waktu.

3. Menyediakan Fitur Gratis dan Berbayar

Seperti beberapa tool AI, Copy AI menyediakan fitur gratis dan berbayar. Pada fitur gratis saja terdapat pilihan template yang beragam. Anda bisa mendapatkan deskripsi produk, konten iklan, pembuka email, hingga tulisan penjualan produk.

Sementara untuk fitur berbayar, ada beberapa paket dengan harga terjangkau. Kalau memang membutuhkannya, Anda bisa pilih paket sesuai kebutuhan.

Langkah-langkah menggunakan Copy AI

Dari penjelasan apa itu Copy AI di atas, apa Anda semakin tertarik menggunakannya? Langkah-langkah memakai tool AI ini relatif mudah, bahkan untuk ukuran pemula. Berikut adalah panduan yang bisa Anda ikuti:

1. Buat Proyek Baru

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuat proyek baru. Berikan judul serta deskripsi, lalu tambahkan keyword yang relevan. Copy AI nantinya akan menunjukkan daftar topik terkait yang dapat Anda pilih;

2.Masukkan Informasi Dasar

Setelah menentukan topik, Anda masukkan informasi dasar seputar bisnis. Beberapa di antaranya adalah website, URL, nama perusahaan, dan kontak. Copy AI akan memakainya untuk menghasilkan profil dan judul;

3. Mulai Menulis Konten

Selanjutnya, Anda tinggal mengembangkan tulisan. Copy AI akan memberikan frasa dan keyword secara otomatis. Tulisan yang dihasilkan dibuat berdasarkan kepadatan keyword, keterbacaan, hingga aturan SEO.

Setelah mendapatkan konten yang diharapkan, Anda dapat mengekspornya dalam format yang diinginkan. Dari file Microsoft Word sampai PDF.

Gunakan Jasa Pihak Ketiga yang Lihai Memakai tool AI

Sudah memahami apa itu Copy AI, tetapi masih ragu menggunakannya? Dalam hal ini, Anda bisa mengandalkan penyedia jasa yang menawarkan layanan AI seperti Dimensicloud.id. Pengalaman di bidang teknologi membuat mereka akrab dengan sejumlah perkembangan, termasuk tool AI seperti Copy AI untuk kebutuhan bisnis.

Dimensicloud.id menawarkan layanan lain seperti cloud computing. Anda dapat kunjungi website dimensicloud.id untuk mendapatkan informasi lengkap terkait layanan-layanan mereka

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024