Apa Itu DALL-E: Pengertian dan Cara Menggunakan!

apa itu DALL-E

Penasaran tentang apa itu DALL-E dan bagaimana cara menggunakannya? Di dalam artikel ini, Anda bisa temukan rangkuman penjelasan dan panduan tentang DALL-E sekaligus cara menggunakan AI art generator ini untuk menghasilkan seni visual. Simak ulasannya di bawah ini dan selamat membaca!

Apa Itu DALL-E?

Pertama, apa itu DALL-E? Sejak pertama kali dirilis pada April 2022 kemarin, DALL-E telah menjadi salah satu topik hangat terutama di dunia AI content generator. Terutama karena pada saat diperkenalkan pertama kali, DALL-E terlihat seolah akan jadi AI art generator paling maju, yang kemudian juga menyebabkan kekhawatiran di tengah komunitas seni dan desain.

Lalu, sebenarnya apa itu DALL-E, ya? DALL-E sendiri merupakan AI art generator alias pembuat seni berbasis AI. Dengan alat ini, Anda bisa membuat karya seni Anda sendiri hanya dengan memasukkan prompt berupa teks yang Anda inginkan. Dari permukaannya, DALL-E memiliki tampilan yang simpel sehingga Anda benar-benar hanya perlu mengetik apa yang Anda mau, dan DALL-E akan segera buat karya seninya untuk Anda.

Saking banyaknya orang-orang yang ingin segera menjajal menggunakan DALL-E, mereka sampai harus masuk ke dalam waiting list — Anda barangkali juga salah satunya apabila Anda pernah mencobanya. Dan seiring dengan kehadiran DALL-E 2 tahun 2022 kemarin, mereka yang berada di dalam waiting list akhirnya bisa menggunakan DALL-E 2 meskipun mereka harus mengeluarkan uang.

Cara Menggunakan DALL-E 2

Seperti yang sudah disinggung sekilas sebelumnya, cara penggunaan DALL-E sangatlah sederhana: Anda hanya perlu mengetik prompt deskriptif (penjelasan atau penjabaran) dengan jumlah maksimal 400 karakter. Setelah itu, AI akan membuat gambarnya untuk Anda.

Hanya saja, jika ini akan jadi pertama kalinya Anda menggunakan AI art generator, ada kemungkinan bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang cukup aneh. Terutama ketika Anda mengetikkan beberapa teks pertama di dalam prompt. Maka dari itu, DALL-E 2 saat ini sudah menyediakan panduan prompt yang berisi beberapa saran tentang bagaimana mengisi prompt untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Dan bagi Anda yang baru pertama kali mencoba AI art generator apapun maupun DALL-E, besar kemungkinan bahwa percobaan pertama Anda masih belum memberikan hasil yang Anda mau. Oleh karena itu, buku panduan prompt DALL-E 2 bisa jadi referensi yang sangat penting untuk membantu Anda memfrasakan prompt dengan tepat dan akhirnya memberikan hasil gambar yang sesuai keinginan. Anda bisa akses buku panduan prompt DALL-E 2 di sini.

Apakah DALL-E 2 Gratis?

Sejak DALL-E 2 sudah membuka akses terbatasnya, OpenAI sendiri sudah memberikan akses gratis kepada beberapa orang. Hanya saja, informasi terakhir menyebutkan bahwa DALL-E 2 menerapkan struktur berbasis credit (seperti token) bagi lebih banyak pengguna agar bisa menggunakan AI art generator yang satu ini.

Saat ini, para pengguna DALL-E 2 baru akan mendapatkan kredit gratis yang berlaku untuk jangka waktu tertentu. Dengan kredit tersebut, mereka bisa membuat, mengedit, atau menciptakan variasi dari gambar yang dihasilkan oleh AI. 

Kredit gratis tersebut bisa diisi kembali setiap bulan, namun jumlahnya terus menurun: 50 kredit di bulan pertama dan 15 kredit di bulan selanjutnya. Dan bagi pengguna yang ingin menambah kredit, mereka bisa membeli dengan harga 15 dolar AS untuk 115 kredit — jumlah tersebut cukup untuk menghasilkan 460 gambar.

Apa yang Bisa Anda Buat di DALL-E 2?

Pada dasarnya, DALL-E 2 bisa Anda gunakan untuk membuat seni visual dengan gaya menarik, sesuai teks prompt yang Anda masukkan. Dan seiring dengan berjalannya waktu, Open AI terus menerapkan inovasi pada teknologi AI di DALL-E 2 terutama dalam memerangi gambar yang mengandung kekerasan, tindakan ilegal, simbol kebencian, maupun tindakan menyakiti diri sendiri.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kehadiran AI saat ini akan terus membantu orang-orang di seluruh dunia untuk menjalani kehidupan yang lebih mudah dan nyaman. Dan dengan DALL-E 2, Anda bahkan bisa hasilkan karya seni sendiri cukup dengan memasukkan teks saja.

DALL-E juga menjadi sebuah inovasi revolusioner dalam dunia AI yang memungkinkan pembuatan gambar-gambar unik dengan cerdas. Dengan kemampuannya yang luar biasa, DALL-E telah membuka peluang kreatif tak terbatas bagi berbagai bidang, dari seni hingga bisnis. Untuk merasakan kecanggihan teknologi seperti ini, Anda dapat mengandalkan DimensiCloud, solusi cloud computing terpercaya dengan infrastruktur yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda. Dapatkan pengalaman cloud computing terbaik dengan DimensiCloud untuk mewujudkan potensi penuh dari berbagai aplikasi canggih lainnya!

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024