Apa itu Data Protection? Pengertian Data Protection dan Manfaat untuk Bisnis

Apa itu Data Protection

Apa itu Data Protection? Untuk penjelasan lebih lengkapnya, Anda bisa simak artikelnya di bawah ini:

Apa itu Data Protection?

Data Protection atau Perlindungan data adalah proses menjaga informasi penting dari korupsi, pembobolan atau kehilangan.

Manfaat Data Protection

Perlindungan data menjadi sangat penting karena jumlah data yang dibuat dan disimpan terus melesat dengan waktu yang tidak terbayangkan cepatnya. Ada juga sedikit toleransi untuk downtime yang dapat membuat Anda tidak dapat untuk mengakses informasi penting.

Dengan meningkatnya ketergantungan pada cloud dan transaksi online, organisasi menangani semakin banyak data. Aktor jahat, di luar dan di dalam organisasi, terus-menerus mencari kompromi keamanan data organisasi untuk tujuan mereka sendiri. Pelanggaran data sering kali bertujuan untuk mencuri informasi dari suatu perusahaan, menjualnya kepada orang lain, atau menggunakannya untuk melakukan tindakan penipuan.

Akibatnya, sebagian besar strategi perlindungan data memastikan bahwa data dapat dipulihkan dengan cepat setelah terjadi kerusakan atau kehilangan. Melindungi data dari pencurian data dan memastikan privasi data adalah komponen kunci lain dari perlindungan data.

Dalam artikel ini, jelajahi apa prinsip dari data protection dan pentingnya data protection untuk bisnis.

Prinsip Data Protection

Prinsip utama dari perlindungan data adalah melindungi dan menyediakan data dalam segala keadaan. Istilah perlindungan data menjelaskan cadangan operasional data serta kelangsungan bisnis/pemulihan bencana. Strategi perlindungan data berkembang dalam dua jalur: data availability dan data management.

Data Availability memastikan pengguna memiliki data yang mereka butuhkan untuk menjalankan bisnis meskipun data tersebut rusak atau hilang.

Dua bidang utama data management yang digunakan dalam perlindungan data adalah Data Lifecycle Management dan Information Lifecycle Management. Data Lifecycle Management adalah proses mengotomatiskan perpindahan data penting ke penyimpanan online dan offline. Sedangkan, Information Lifecycle Management adalah strategi komprehensif untuk menilai, membuat katalog, dan melindungi aset informasi dari kesalahan aplikasi dan pengguna, serangan malware dan virus, kegagalan mesin atau pemadaman dan gangguan fasilitas.

Portabilitas data dalam Data Protection

Portabilitas data adalah kemampuan untuk memindahkan data di antara berbagai program aplikasi, lingkungan komputasi, atau layanan cloud yang menghadirkan rangkaian solusi untuk perlindungan data. 

Di satu sisi, komputasi berbasis cloud memungkinkan pelanggan untuk memigrasikan data dan aplikasi di antara penyedia layanan cloud. Di sisi lain, hal ini membutuhkan perlindungan terhadap duplikasi data.

Cloud Backup menjadi lebih umum dalam proses data protection. Organisasi sering kali memindahkan data cadangan mereka ke cloud publik atau cloud yang dikelola oleh vendor cadangan. Cadangan ini dapat menggantikan perpustakaan disk dan tape di tempat atau dapat berfungsi sebagai salinan data tambahan yang dilindungi.

Backup secara tradisional menjadi kunci strategi perlindungan data yang efektif. Data disalin secara berkala, biasanya setiap malam, ke tape drive atau tape library di mana ia akan disimpan sampai terjadi kesalahan dengan penyimpanan data primer. Saat itulah organisasi akan mengakses dan menggunakan data cadangan untuk memulihkan data yang hilang atau rusak.

Pencadangan bukan lagi fungsi yang berdiri sendiri. Sebaliknya, mereka digabungkan dengan fungsi perlindungan data lainnya untuk menghemat ruang penyimpanan dan menurunkan biaya.

Pencadangan dan pengarsipan, misalnya, diperlakukan sebagai dua fungsi terpisah. Tujuan backup adalah memulihkan data setelah kegagalan, sementara arsip menyediakan salinan data yang dapat dicari. Namun, itu menyebabkan kumpulan data yang berlebihan. Saat ini, beberapa produk mencadangkan, mengarsipkan, dan mengindeks data dalam sekali jalan. Pendekatan ini menghemat waktu organisasi dan mengurangi jumlah data dalam penyimpanan jangka panjang.

Pentingnya Data Protection bagi Perusahaan Anda

Semua perusahaan memiliki data, seperti file personel, data pelanggan, informasi produk, transaksi keuangan, dan sebagainya. Keputusan yang diambil manajemen didasarkan pada data ini seperti proses kerja yang diikuti oleh karyawan untuk memberikan produk dan layanan berkualitas. 

Data adalah salah satu aset terpenting yang dimiliki perusahaan. Perlindungan data wajib menjadi prioritas pertama bagi perusahaan dalam bidang apapun. Ini termasuk menjaga ketersediaan data untuk karyawan yang membutuhkannya, integritas data (menjaganya tetap benar dan terkini) dan kerahasiaan data (jaminan bahwa data hanya tersedia untuk orang yang berwenang) .

Mengenai pelanggan, memastikan data mereka disimpan dengan aman adalah hal minimum yang diharapkan orang dari perusahaan tempat mereka berurusan atau menginvestasikan uang. Tata kelola data yang memadai membangun kepercayaan. Hal ini dapat melindungi reputasi bisnis Anda dan menjadikan Anda sebagai brand yang dapat dipercaya pelanggan dengan data berharga mereka.

Setelah mengetahui apa itu Data Protection untuk bisnis, biasanya muncul pertanyaan baru di benak anda tentang bagaimana anda dapat memiliki perlindungan data yang baik. Salah satu solusinya adalah infrastruktur cloud.

Cloud umumnya lebih aman daripada kebanyakan database karena memiliki infrastruktur yang otomatis, selain itu terdapat juga perangkat untuk melakukan enkripsi data, dan mendeteksi potensi ancaman. Akses mencurigakan adalah ancaman keamanan cloud yang paling umum, kami memiliki fitur untuk mendeteksi dan memberikan keamanan jaringan yang lebih baik dengan kerentanan yang lebih sedikit. Salah satu penyedia layanan cloud computing terbaik untuk kebutuhan bisnis anda adalah DimensiCloud.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024