Apa Itu Public Cloud: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, dan Kiat Menggunakannya!

Apa Itu Public Cloud

Apa itu public cloud? Pertanyaan ini kerap muncul dari orang-orang yang sedang mempelajari sistem cloud. Seperti yang diketahui, teknologi berbasis cloud mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Terutama selepas masa pandemi yang telah mempercepat digitalisasi di berbagai sektor dan industri.

Public cloud sendiri merupakan salah satu layanan cloud berdasarkan jenis selain private cloud dan hybrid cloud. Berikut adalah penjelasan lengkap terkait apa itu public cloud untuk memahami pengertian hingga hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakannya.

Pengertian dan Fungsi Public Cloud

Public cloud termasuk layanan cloud yang disediakan provider dengan jaringan infrastruktur di berbagai lokasi di dunia. Faktor ini pula yang membuat public cloud dapat digunakan siapa saja tanpa ada pemungutan biaya alias gratis. Google Drive dan Windows Live Mail adalah salah dua layanan populer public cloud yang digunakan banyak orang.

Walau aksesnya gratis dan mudah, public cloud mempunyai kapasitas penyimpanan terbatas. Hal ini yang sayangnya belum terlalu disadari beberapa orang saat memahami apa itu public cloud.  Alhasil, Anda yang membutuhkan ruang tambahan harus menggunakan paket berbayar yang disediakan provider bersangkutan.

Adapun fungsi utama public cloud adalah menyediakan akses ke sumber teknologi informasi (TI). Antara lain storage, server, aplikasi, serta jaringan melalui koneksi internet. Beberapa provider, salah satunya Google, memungkinkan user berbagai file melalui public cloud secara online. Dengan begitu, mereka tak perlu bertatap muka, terutama kalau lokasinya jauh.

Kemudahan yang dijelaskan dalam apa itu public cloud membuat layanan ini dipakai untuk macam-macam tujuan. Sebut saja berkirim email, penggunaan aplikasi bisnis, pengembangan dan pengujian software, sampai hosting untuk website. Tak hanya itu, public cloud memungkinkan skalabilitas yang dapat mengakomodasi berbagai permintaan user dan menekan investasi sumber daya TI lokal.

Karakteristik Public Cloud yang Dapat Dikenali

Penyimpanan data yang efektif dan efisien bukan satu-satunya karakteristik yang ditunjukkan public cloud. Luasnya kapasitas penyimpanan menjadi faktor yang menonjol kuat dari layanan ini. Bahkan tak sedikit provider yang menawarkan storage besar sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan hardware yang dianggap kurang efektif sebagai storage walau kapasitasnya kini semakin besar. Anda harus mengaksesnya secara offline melalui perangkat komputer seperti PC atau laptop untuk transfer data. Belum lagi saat hardware rusak, data-data yang tersimpan di dalamnya berisiko hilang atau terhapus.

Karakteristik lainnya yang dapat Anda pahami dari apa itu public cloud adalah pemakaiannya yang membantu penghematan anggaran atau bujet, terutama untuk bisnis baru. Pasalnya, tak diperlukan infrastruktur khusus untuk mengakses public cloud. Anda sebagai pelaku bisnis hanya memerlukan perangkat seperti PC atau laptop dan koneksi internet lancar untuk memakai layanan tersebut.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dari Public Cloud

Seperti yang disinggung, public cloud memiliki keterbatasan dari kapasitas penyimpanan. Hal ini bukan satu-satunya hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan layanan tersebut. 

Setelah mendalami apa itu public cloud, Anda bisa meneruskannya dengan mencari penyedia atau provider berpengalaman. Salah memilih provider akan membawa berbagai risiko membahayakan. Sebut saja data-data pribadi yang rentan diambil dan disalahgunakan pihak-pihak yang kurang bertanggungawab. 

Tingkat privasi public cloud yang belum sebaik private cloud pun memungkinkan pencurian data lebih riskan. Maka dari itu, layanan ini kurang direkomendasikan untuk penyimpanan informasi yang sifatnya sensitif atau rahasia. 

Terakhir, pastikan koneksi internet yang digunakan stabil dan cepat. Ketika memakai public cloud yang diakses secara online, user pasti sering melakukan pengunggahan (upload) dan pengunduhan (download). Jaringan yang sering terputus atau mati tentunya akan membuat kedua proses tadi ikut terhambat. Bahkan ada file yang berisiko rusak, sehingga tak dapat dipakai.

Sudah mengetahui apa itu public cloud beserta fungsi dan karakteristiknya? Sebagai rekomendasi, DimensiCloud siap membantu Anda menyediakan cloud computing, termasuk untuk public cloud, dengan layanan yang aman dan mudah. Betapa tidak? DimensiCloud sudah memakai premium hardware, spesifikasi perangkat terkini, hingga SSD sebagai storage. Alhasil, akses file lebih lancar, cepat, dan terjaga keamanannya.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024