Apa Itu SaaS? Bagaimana Cara Marketing Bisnis Ini?

Bagi Anda yang berkecimpung di bisnis digital, Software as a Service (SaaS) barangkali bukan sesuatu yang asing di telinga. Sejumlah perusahaan memanfaatkannya untuk mendongkrak tingkat produktivitas kerja dan memastikan kegiatan operasional berjalan mudah.

Apa itu SaaS? Bagaimana cara marketing bisnis ini? Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerap membayangi para pemula yang belum terbiasa menggunakan SaaS. Maka dari itu, dalam artikel ini, Anda akan mengenal pengertian hingga strategi yang dapat diaplikasikan untuk menunjang pemasaran bisnis yang dikelola.

Mengenal Software as a Service

Secara garis besar, Software as a Service (SaaS) merupakan salah satu jenis layanan dengan basis cloud yang menawarkan software siap pakai untuk kegiatan-kegiatan online. SaaS juga mempunyai sebutan lain mencakup on-demand software, web-based software, hingga hosted software. 

Apa Itu SaaS? Bagaimana Cara Marketing Bisnis Ini?

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan SaaS memungkinkan Anda mengakses layanan melalui browser atau aplikasi dalam tampilan browser. Hanya pengguna atau user terdaftar pula yang memiliki wewenang menggunakan SaaS dengan autentikasi berupa username dan password.

Pengelolaan SaaS biasanya dilakukan penyedia layanan cloud computing seperti dimensicloud.id. Dengan begitu, user bisa langsung mengoperasikannya tanpa repot melakukan penginstalan. SaaS pun dibekali sejumlah komponen seperti server terpusat di data center yang dapat diakses online.

Strategi marketing menjalankan bisnis dengan SaaS

Disitat dari Better Cloud, sekitar 38% perusahaan di seluruh dunia memakai SaaS dengan 73% di antaranya melakukan implementasi pada 2022. Jika Anda mempunyai perusahaan atau bisnis yang hendak memakai layanan ini, berikut beberapa strategi marketing aman dan ampuh yang dapat diaplikasikan:

1. Terapkan content marketing

Content marketing merupakan strategi ampuh yang memfokuskan pemberian value pada target audiensi. Dalam hal ini, kontan yang Anda buat menggunakan SaaS harus sesuai niche bisnis yang dikelola supaya dianggap relevan oleh konsumen. Selain itu, aplikasi jangka panjang pun akan membuat Anda mampu memperkenalkan produk secara bertahap untuk menjaring pelanggan loyal.

2. Optimalkan website dengan SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah tool yang sampai sekarang masih dianggap mampu membawa trafik tinggi dan target audiensi yang sesuai. Anda juga akan lebih mudah menemukan software dan meriset konten-konten yang akan ditayangkan di website. Jika konten Anda berhasil memecahkan masalah konsumen, mereka juga akan semakin percaya dengan layanannya.

Apa Itu SaaS? Bagaimana Cara Marketing Bisnis Ini?

3. Giat promosi dengan berbagai metode

Ada banyak metode dan tools yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi. Antara lan pay per click (PPC) untuk mendukung branding awareness, referral marketing untuk mendapatkan pelanggan baru dengan bantuan dari pelanggan lama, free trial untuk memberikan kesempatan bagi calon konsumen menggunakan layanan, hingga diskon untuk meningkatkan konversi penjualan.

4. Ciptakan eksposur melalui ulasan

Ulasan atau review hingga detik ini masih efektif mempercepat pengenalan bisnis Anda kepada konsumen yang ditargetkan. Pada bisnis SaaS, eksposur seperti ini sangat penting, sebab layanan ini menawarkan solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi konsumen. Tujuannya pun tak melulu langsung ke pembelian produk, melainkan memperoleh leads.

5. Batasi pilihan produk untuk konsumen

Supaya proses implementasi SaaS semakin mudah, ada baiknya Anda melakukan pembatasan produk yang nanti dipilih konsumen. Terlalu banyak memperkenalkan produk justru membuat target audiensi kebingungan menentukan dan membuat mereka salah memilih produk. Lakukan pemilihan sesuai kebutuhan hingga manfaat yang ingin diterima konsumen.

6. Jaga dan tingkatkan pengalaman konsumen

Pengalaman konsumen harus dijaga, bahkan ditingkatkan walau Anda sudah menerima masukan positif dan membangun. Bagaimana cara melakukannya? Di awal, Anda bisa menyertakan informasi yang valid dan lengkap terkait produk. Kemudian, berikan engagements yang baik di semua channel marketing supaya interaksi dengan konsumen terbangun dengan baik.

Itulah penjelasan lengkap seputar apa itu SaaS? Bagaimana cara marketing bisnis Ini? Untuk mengoptimalkan pengelolaan data secara online, DimensiCloud menyediakan berbagai layanan berbasis cloud yang cocok untuk SaaS. Tak hanya itu, Anda akan menerima berbagai keunggulan seperti premium hardware, full SSD storage, hingga spesifikasi jaringan terkini. Jadi, bisnis berjalan lancar dan aman dengan kepuasan konsumen selalu terjaga.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024