Keuntungan Cloud Computing untuk Bidang Pendidikan

DIMENSI CLOUD 41Ketika menyinggung benefit cloud computing, pembahasannya tak hanya sebatas di bidang usaha. Pasalnya, teknologi cloud computing sudah merambah juga ke bidang lain, termasuk pendidikan. Aplikasinya sendiri sudah dilakukan sejumlah sekolah dan berkembang semakin pesat di masa pandemi yang berlangsung selama dua tahun lebih.

Seperti apa implementasi cloud di dunia pendidikan? Apa saja keuntungan yang akan didapatkan? Mari simak pembahasannya berikut ini!

Kemudahan menggunakan cloud computing

Dalam penerapannya, cloud computing menggabungkan beberapa ruang penyimpanan (storage) secara virtual melalui jaringan internet. Teknologi ini pun dianggap sebagai ‘rumah’ untuk berbagai database, server, aplikasi, hingga kecerdasan buatan. Cloud computing yang dianggap sebagai sumber daya teknologi informasi terbaru pun dinilai dapat menggeser cara masyarakat memakai perangkat dan layanan digital.

benefit cloud computing

Secara garis besar, benefit cloud computing meliputi:

  • Sifatnya yang terukur. Anda dapat menyewa cloud computing dari opsi terkecil yang membuatnya bersahabat untuk mereka yang belum punya bujet banyak. Kemudian, saat kebutuhan bertambah, Anda dapat meningkatkan skala penyimpanannya;
  • Biaya yang terjangkau. Organisasi, baik perusahaan maupun sekolah, tak perlu repot mengeluarkan dana besar untuk mendukung server. Pasalnya, layanan sudah dibangun memakai server virtual dan dapat diakses dengan perangkat mana pun secara mudah;
  • Sistem keamanan terjamin. Penyedia layanan umumnya sudah menanamkan sistem keamanna canggih pada server yang digunakan. Bahkan fitur tersebut dapat Anda jadikan sebagai data, aplikasi, hingga infrastruktur.

Implementasi dan keuntungan cloud di dunia pendidikan

Lantas, seperti apa implementasi cloud di dunia pendidikan? Salah satu contoh nyata yang sudah umum dijumpai adalah server sistem manajemen pembelajaran atau disebut juga sebagai learning management system (LSM). LSM dianggap sebagai wadah berbagai materi pembelajaran yang dapat Anda akses secara berkala, bahkan bersamaan oleh para peserta didik.

Lembaga pendidikan yang memanfaatkan cloud computing tak perlu lagi menyediakan server fisik yang biasanya harus dijaga selama 24 jam. Bukan cuma membutuhkan biaya besar, Anda juga harus mempekerjakan SDM untuk terus memantaunya. Lain dengan sistem cloud yang memungkinkan Anda menghemat biaya operasional dan meringankan beban pekerjaan.

Implementasi lain yang ditemukan di dunia pendidikan adalah pembuatan sistem informasi yang aman. Entah itu untuk penyusunan materi pembelajaran hingga arsip perpustakaan. Aplikasi yang digunakan pun sudah disesuaikan kegiatan yang mengedukasi pengajar maupun peserta didik.

Penggunaan cloud computing secara tak langsung melibatkan pengajar dan peserta didik dalam penggunaan teknologi baru. Jadi, lembaga pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar efektif dan interaktif. Bahkan benefit cloud computing dinilai memberikan perspektif baru pada sekolah terhadap analisis biaya dan manfaat yang diberikan.

benefit cloud computing

Sementara keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan mencakup:

  • Dukungan kesuksesan peserta didik. Cloud computing membantu pengajar, lembaga, penyedia layanan, hingga pemerintah untuk mengembangkan potensi peserta didik supaya mencapai kesuksesan yang diharapkan. Penyedia layanan seperti dimensicloud.id pun dapat membantu Anda mengakses aplikasi hingga meningkatkan kualitas hasilnya;
  • Menjaga data-data peting dengan sistem terbaik. Walau sebagian besar data-data bisa diakses di mana dan kapan saja, perlindungan yang diberikan tetap optimal. Hal tersebut memungkinkan data hanya dapat dikelola pihak tertentu dan tetap melindungi informasi yang sifatnya sensitif;
  • Pemeliharaan yang mudah dan cepat. Seperti yang diketahui, sistem pada cloud computing harus diperbarui dan dipelihara secara berkala. Syukurnya, sejumlah penyedia layanan sudah memastikan fitur dan layanannya mudah diperbarui, ditingkatkan, hingga dipelihara, bahkan untuk downgrade sementara waktu;
  • Penghematan biaya operasional. Lembaga pendidikan tak perlu mengeluarkan biaya operasional besar untuk mengurus cloud. Anda dapat menyesuaikan layanan dan fiturnya sesuai keperluan yang selaras dengan kegiatan di sekolah. Selain itu, Anda juga dapat mencocokkannya dengan kemampuan pengajar dan peserta didik yang bersangkutan.

Implementasi sistem hingga benefit cloud computing berkaitan juga dengan penyedia layanan yang Anda pilih. DimensiCloud dalam hal ini membantu Anda mengenal berbagai fitur dan layanan untuk memenuhi kebutuhan di sejumlah bidang, dari bisnis hingga pendidikan. Harganya yang bersahabat pun memungkinkan Anda mengaplikasikan layanan terbaik, sehingga kualitas dan pengalaman konsumen tetap terjaga baik.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024