Cara Mengatasi Phising: Metode Agar Tidak Jadi Korban Cyber Crime

Cara Mengatasi Phising

Kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengatasi phising dimana pada perkembangan teknologi digital yang merambah ke bisnis tidak hanya memberikan sejumlah kemudahan. Nyatanya, ada risiko yang harus dihadapi ketika Anda beralih ke sistem digital, salah satunya adalah phishing.

Phishing termasuk ke dalam kejahatan cyber karena merupakan bentuk penipuan di dunia maya dengan tujuan mencuri akun korban. Agar terhindar dari bahaya phising organisasi, simak ulasan berikut ini.

Definisi Phishing

Secara teknis, beralihnya sistem konvensional ke digital memiliki sejumlah keunggulan. Salah satunya adalah penyimpanan data yang lebih aman. Namun, bukan berarti sistem online tak memiliki kekurangan. Perlu dipahami bahwasanya, kriminalitas di ranah internet dapat terjadi kapan pun dan kepada siapa pun. Salah satu kejahatan cyber yang kerap terjadi adalah phishing.

Kata phishing sendiri merupakan serapan dari bahasa Inggris, yaitu fishing Dapat dianalogikan bahwa phishing adalah tindakan memancing korban agar dengan sukarela menjadi target sasaran. Hal ini perlu Anda waspadai sejak awal, karena masih banyak pengguna internet yang tidak aware dengan kejahatan cyber ini.

Selain mencuri akun, kejahatan cyber ini juga sering digunakan untuk mengambil data-data krusial dari individu maupun organisasi. Kerugian yang ditimbulkan dari cybercrime ini terbilang cukup besar. Sebab itu, Anda perlu meningkatkan cyber security dengan menggunakan layanan cloud.

Phishing

Bagaimana Phishing Bisa Terjadi Pada Pengguna Internet?

Phishing kelihatan begitu mudah bagi pelaku, karena cybercrime ini dilakukan dengan perencanaan sejak awal. Biasanya, pelaku kejahatan cyber telah mengincar target yang akan dijadikan korban, baik organsiasi, karyawan, maupun pengusaha.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku kejahatan cyber juga telah menentukan tujuan phishing apakah untuk mencuri data diri, pin rekining, informasi rahasi, dan lain sebagainya. Aksi kejahatan cyber ini dilakukan dengan membuat website khusus dan mengarahkan korban untuk mengakses website tersebut. 

Untuk mendapatkan data yang diincar, pelaku phishing akan mengarahkan korban untuk mengikuti instruksi yang diberikan. Dengan begitu, pelaku kejahatan cyber dapat dengan mudah menyalahgunakan data Anda.

Cara Mengatasi Phising Organisasi dan Perusahaan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa phishing dapat terjadi pada individu maupun organisasi. Data yang diincar pun amatlah beragam. Hal ini tentunya akan merugikan Anda sebagai pemilik organisasi dan perusahaan. Agar website Anda lebih aman dan terhindar dari phishing, lakukan beberapa cara berikut ini.

Phishing

1. Update Website Anda

Salah satu cara mudah menghindari phishing adalah meng-update website Anda secara berkala. Dengan cara ini, fitur-fitur pendukung dan keamanan pada website Anda akan meningkat. 

2. Pasang Plugin Pembersih Malware Phishing

Untuk menghindari bahaya phising organisasi, Anda juga bisa memasang plugin pembersih malware. Cara ini jauh lebih mudah daripada penanganan secara manual. Sebab plugin yang terpasang akan secara otomatis mendeteksi malware yang berpotensi menyebabkan kehilangan data. Selain phishing, plugin pembersih malware juga bisa mengantisipasi serangan cyber lainnya.

3. Pasang Sertifikat SSL

Cara selanjutnya untuk terhindar dari phishing adalah memasang sertifikat SSL pada website Anda. Selain membantu mengamankan website Anda, sertifikat SSL juga memberikan keuntungan tersendiri, khususnya bagi Anda yang memiliki website e-commerce. Dengan adanya sertifikat SSL, pengunjung website Anda dapat melakukan pembayaran secara aman. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada reputasi perusahaan Anda.

4. Kelola Manajemen Penggunaan

Manajemen website perusahaan Anda juga harus dipantau dengan ketat. Jangan sampai website digunakan untuk hal-hal yang melenceng dan sembarang membuka link yang mengarah ke sembarang website agar Anda terhindar dari phishing yang dapat merugikan perusahaan.

5. Cek Pengirim Email

Bagi website perusahaan maupun organisasi, komunikasi melalui email terjadi hampir setiap hari. Nah, perlu diketahui bahwa kejahatan cyber juga bisa terjadi melalui email yang dikirim kepada Anda. Oleh karenanya, cek pengirim email yang Anda terima terlebih dahulu. Jika dirasa mencurigakan, Anda tak perlu membuka pesan tersebut dan lebih baik langsung dihapus saja.

Itu tadi pengertian mengenai kejahatan ini dan cara menghindarinya. Selama tepat dalam penanganannya, Anda bisa terhindar dari bahaya phising organisasi. Untuk memaksimalkan keamanan pada website organisasi, Anda dapat menggunakan layanan Dimensicloud.id

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024