Tips dan Trik Cara Menggunakan ChatGPT OpenAI untuk Berbagai Tugas di Berbagai Perangkat

Cara Menggunakan ChatGPT

Kehadiran teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) berupa ChatGPT satu ini, terbilang sangat membantu bagi kalangan pengguna dalam menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan sehari – hari. Cukup dengan memberikan perintah / pertanyaan ke teknologi ChatGPT saja, maka teknologi tersebut akan langsung memberikan jawaban dari pertanyaan apapun hanya dalam waktu beberapa detik saja. Sehingga tidak mengherankan, jika penggunaan teknologi satu ini menjadi trending topik sejak dirilis pertama kali di akhir tahun 2022 lalu. Lantas bagaimanakah cara menggunakan ChatGPT tersebut di berbagai perangkat pendukung untuk menyelesaikan berbagai tugas pengguna, simak jawabannya di artikel berikut ini.

Cara kerja teknologi kecerdasan buatan ChatGPT

Sebelum kita mengulas lebih mendalam terkait bagaimana tata cara menggunakan ChatGPT, alangkah lebih baiknya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari teknologi ChatGPT itu sendiri. Menurut informasi yang beredar, teknologi kecerdasan ChatGPT satu ini hadir dengan memanfaatkan adanya machine learning. Yang mana, machine learning sendiri merupakan suatu cabang ilmu kecerdasan buatan yang digunakan secara khusus untuk mendidik sistem algoritma agar nantinya bisa menjalankan tugasnya tanpa perlu arahan dari manusia. 

Di dalam teknologi ChatGPT satu ini, nantinya software machine learning tersebut akan dilatih dengan menggunakan berbagai data – data tertentu yang di dalam berisikan pola bahasa manusia. Sehingga, nantinya teknologi ChatGPT akan memberikan hasil berupa respons yang terlihat natural untuk bisa berinteraksi selayaknya manusia dengan pengguna tersebut. Terlebih lagi dengan banyaknya data yang dipelajari dan dipahami di dalamnya, bukan tidak mungkin akan menjadikan teknologi ChatGPT bisa menjawab semua perintah ataupun pertanyaan pengguna dengan cepat.

Terlepas dari bagaimana tata cara menggunakan ChatGPT yang akan dijelaskan di pembahasan nanti, Anda juga perlu tahu bagaimana proses teknologi ChatGPT tersebut bekerja dan bisa memberikan jawaban bagi para pengguna. Adapun proses dari teknologi ChatGPT dalam memberikan jawaban bagi para pengguna yakni sebagai berikut.

  • Pertama, pengguna akan memberikan pertanyaan ataupun instruksi kepada teknologi ChatGPT.
  • Setelah itu, teknologi ChatGPT akan melakukan tokenisasi input / membagi kalimat yang diberikan menjadi kata per kata dan akan diurutkan serta diproses oleh model.
  • Apabila teks yang sudah diinput telah ter-tokenisasi dengan baik, maka akan langsung diubah menjadi vektor agar teknologi ChatGPT bisa memahami maknanya.
  • Pada tahapan ini, teknologi ChatGPT akan menggunakan model bahasa yang sebelumnya sudah dilatih sedemikian rupa untuk memberikan respons.
  • Terakhir, teknologi ChatGPT akan langsung menghasilkan teks output yang merupakan jawaban dari pertanyaan dari pengguna sebelumnya. 

Bagaimana tata cara menggunakan ChatGPT untuk berbagai tugas?

Mengenai cara menggunakan ChatGPT sendiri, sebenarnya sangat mudah dilakukan lantaran memiliki tampilan antarmuka yang sederhana. Dengan menggunakan teknologi satu ini, maka semua tugas bisa diselesaikan dengan baik. Entah itu dalam pembuatan artikel SEO, melakukan proses coding, membuat strategi marketing bisnis, meringkas teks bacaan dan lain sebagainya. Adapun bagi Anda yang penasaran mengenai tata cara menggunakan teknologi Chat GPT, bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

1.Cara menggunakan ChatGPT OpenAI di perangkat HP

  • Pertama, silahkan Anda kunjungi situs resmi teknologi ChatGPT OpenAI di https://chat.openai.com/ lewat perangkat HP yang dimiliki dan lakukan proses login akun dengan menggunakan akun Gmail.
  • Jika berhasil login, Anda tinggal masukkan kalimat perintah / pertanyaan pada kolom percakapan yang disediakan. (Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan tugas yang akan dibuat).
  • Setelah itu, tinggal kirim input pertanyaan / perintah dan teknologi Chat GPT akan langsung memberikan jawabannya ke Anda.

2. Cara menggunakan Chat GPT OpenAI di perangkat laptop 

  • Langkah pertama, Anda bisa mengakses situs resmi ChatGPT OpenAI di https://chat.openai.com/ lewat perangkat laptop yang digunakan dan mulai melakukan proses login akun (bisa menggunakan akun email Google).
  • Setelah itu, masukkan kalimat pertanyaan pada kolom percakapan yang tersedia. (Anda dapat menanyakan seputar tugas yang sedang dikerjakan ke teknologi ChatGPT tersebut).
  • Terakhir, kirim input pertanyaan dan teknologi ChatGPT akan memberikan respons berupa hasil jawabannya ke Anda.

Jadi, itulah tadi beberapa tips cara menggunakan ChatGPT untuk berbagai tugas yang bisa Anda lakukan dengan mudah di berbagai perangkat. Sebelum menggunakan teknologi kecerdasan buatan ini, pastikan Anda memahami betul – betul teknologi tersebut. Tidak lupa juga untuk Anda sedang mencari solusi Cloud terbaik untuk sistem atau aplikasi Anda, gunakan saja DimensiCloud.

DimensiCloud hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda! Dengan teknologi Cloud terkini, kami menawarkan layanan yang handal, cepat, dan aman untuk sistem atau aplikasi Anda.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024