Cara Menggunakan DALL-E untuk Hasilkan Karya Seni dalam Sekejap!

Cara Menggunakan DALL-E

Semenjak AI content generator semakin populer, Anda bisa temukan banyak tool menarik yang layak untuk Anda coba. Salah satunya adalah DALL-E, yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat AI image atau gambar AI .Kalau begitu, bagaimana ya cara menggunakan DALL-E? Simak penjelasannya berikut ini terlebih dahulu agar Anda jadi lebih paham.

Panduan Cara Menggunakan DALL-E

Seperti yang mungkin sudah bisa Anda tebak, nama DALL-E diambil dari nama Salvador Dali, seorang seniman surealis asal Spanyol. Tak hanya itu saja, penulisan DALL-E sendiri berasal dari WALL-E, karakter dari film animasi Disney dengan judul yang sama.

Ketika pertama kali dirilis pada tahun 2022, DALL-E yang dikembangkan oleh Open AI (perusahaan sama yang menciptakan ChatGPT) hanya bisa diakses secara terbatas. Bahkan jutaan orang masuk ke dalam daftar waiting list. Sampai akhirnya OpenAI merilis versi public beta DALL-E 2 pada musim panas 2022.

Akses yang lebih luas berarti juga DALL-E bisa Anda gunakan secara gratis sebagai bagian dari Bing Image Creator milik Microsoft. Tak hanya itu saja, fitur ini pun terintegrasi sepenuhnya ke dalam Bing Chat. 

Kemudian, bagaimana cara menggunakan DALL-E? Berikut penjelasan langkah-langkahnya.

1. Login

Pertama, login dulu ke dalam akun OpenAI melalui link ini. Apabila Anda belum memiliki akun OpenAI sebelumnya, Anda bisa langsung membuatnya secara gratis. Anda juga bisa masuk menggunakan akun Microsoft atau Google untuk menghemat waktu dan login yang lebih praktis. Proses login-nya sendiri juga menerapkan autentikasi 2-faktor, jadi pastikan bahwa HP Anda ada dalam jangkauan.

2. Sistem kredit di dalam DALL-E

Setelah Anda sukses login, OpenAI akan memperkenalkan Anda terlebih dahulu dengan DALL-E 2. Klik “Continue” agar Anda bisa segera mulai cara menggunakan DALL-E. Selain itu, OpenAI juga akan menjelaskan proses kredit di dalam DALL-E 2, serta bagaimana Anda bisa menggunakan AI tool ini.

Untuk Anda yang baru saja membuat akun, Anda akan mendapatkan 50 kredit gratis yang bisa langsung dipakai untuk menggunakan DALL-E 2 dalam 1 bulan pertama. Setelah itu, Anda akan mendapatkan tambahan 15 kredit setiap bulannya. Masing-masing kredit menunjukkan 1 (satu) DALL-E request, misalnya untuk membuat gambar. Dan Anda juga bisa membeli tambahan kredit kapan saja lewat OpenAI store dengan harga 15 dolar AS untuk 115 kredit.

3. Halaman Home DALL-E

Begitu masuk ke halaman home, Anda akan melihat beberapa opsi menu untuk memulai membuat gambar AI Anda sendiri menggunakan DALL-E. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu mengetikkan sendiri deskripsi gambar (prompt) sesuai yang Anda inginkan, meng-upload gambar untuk diedit oleh AI berdasarkan perintah Anda, atau pilih opsi “Surprise Me” untuk menghasilkan prompt yang AI-friendly dan bisa langsung Anda submit.

Sekali lagi, ingat bahwa jumlah kredit Anda terbatas. Maka dari itu, berhati-hatilah saat menggunakan kredit. Dengan begitu, Anda bisa optimalkan kredit gratis yang ada untuk mengeksplorasi fitur dan kapabilitas DALL-E.

4. Masukkan Prompt atau Deskripsi

Ketikkan deskripsi atau prompt yang Anda inginkan sebagai perintah bagi AI art generator ini. Ada batas jumlah maksimal prompt yang bisa Anda masukkan, yaitu maksimal 400 karakter saja. Karena itu, Anda tak perlu terburu-buru memasukkan prompt secara asal-asalan. Selain itu, usahakan untuk menulis prompt sespesifik mungkin. Kalau sudah, klik “Generate”.

5. Hasil AI image

Untuk setiap request yang diterima, DALL-E akan menghasilkan beberapa gambar yang berbeda-beda untuk Anda pilih. Kemudian Anda bisa pilih salah satu yang Anda suka — gunakan tombol yang ada di pojok kanan atas gambar untuk memfavoritkannya, atau langsung Anda download.

6. Buat variasi

Apabila hasil yang keluar tidak sesuai yang Anda inginkan, klik “Variations” untuk menghasilkan pilihan baru berdasarkan gambar yang Anda pilih. Atau Anda bisa kembali untuk mengedit deskripsi agar mendapatkan hasil yang berbeda.

Bagaimana, ternyata cara menggunakan DALL-E benar-benar mudah, kan? Anda juga bisa terapkan AI ke dalam bisnis yang Anda kelola untuk meningkatkan efisiensi usaha serta memberikan ROI yang optimal.

Optimalkan Aplikasi AI dengan Dukungan Cloud Computing Tangguh!

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menggunakan DALL-E, layanan yang disediakan oleh OpenAI, untuk menghasilkan karya seni dengan cepat dan mudah. DALL-E memungkinkan pengguna untuk menciptakan gambar AI yang unik dan kreatif dengan menggunakan kecerdasan buatan. Dengan hanya memberikan deskripsi dalam bentuk kata-kata, siapa pun dapat menjadi seorang seniman yang menghasilkan karya seni yang menakjubkan dalam sekejap.

Namun, untuk memanfaatkan DALL-E secara maksimal, diperlukan infrastruktur yang handal dan skalabel. Inilah mengapa DimensiCloud hadir sebagai solusi yang ideal. DimensiCloud adalah layanan cloud computing dengan infrastruktur Cloud yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan DimensiCloud, pengguna dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan kekuatan komputasi yang diperlukan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi seperti DALL-E.

DimensiCloud menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas yang diperlukan untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi. Pengguna dapat dengan mudah mengatur sumber daya komputasi sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga mereka hanya membayar untuk apa yang mereka gunakan. Dengan lingkungan cloud yang aman dan andal, DimensiCloud memberikan kepercayaan diri kepada pengguna dalam menjalankan berbagai aplikasi tanpa khawatir tentang kinerja atau keamanan.

Mari manfaatkan layanan DimensiCloud hari ini dan mulai mengoptimalkan aplikasi Anda untuk lebih baik!

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024