Inilah Contoh Cloud Computing yang Sering Digunakan Pengguna untuk Menunjang Aktivitas Pekerjaan Sehari – hari

Contoh Cloud Computing yang Digunakan Pengguna

Salah satu permasalahan yang sering kali muncul dalam penggunaan teknologi informasi yakni minimnya kapasitas memori penyimpanan yang digunakan. Terlebih lagi dengan banyaknya aktivitas pekerjaan yang dilakukan sehari – hari, tentu saja menjadikan pengguna harus menyediakan memori penyimpanan yang besar. Oleh karena itu, kini ada solusi paling tepat untuk Anda gunakan dalam mendukung aktivitas pekerjaan yakni dengan menggunakan layanan cloud computing. Hadir dengan sistem berbasis cloud dalam melakukan pengolahan data komputasi lewat internet, tahukah Anda apa saja kira – kira contoh cloud computing yang digunakan pengguna?

Jenis – jenis layanan cloud computing

Layanan cloud computing sendiri umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Software as a Service (SaaS)

Pertama ada jenis layanan software as a service (SaaS) yang mana merupakan layanan yang sudah tersedia platform dan infrastrukturnya. Dalam hal ini, para pengguna bisa langsung menggunakan layanan tersebut tanpa perlu memikirkan lisensi. Bahkan, pengguna juga bisa langsung menggunakan layanan SaaS ini kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan. Contoh dari layanan SaaS ini antara lain yakni seperti Google Mail, Linkedin, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

2. Platform as a Service (PaaS)

Berikutnya ada layanan platform as a service (PaaS) yang sudah tersedia platformnya. Di layanan ini, pengguna bisa mengontrol pengoperasian aplikasinya dan berfokus pada pengembangan aplikasinya tanpa perlu memikirkan lagi mengenai sistem operasi, database dan juga jaringan di dalamnya. Untuk contoh dari layanan PaaS sendiri yakni Microsoft Azure Investment, Amazon Web Service dan lain – lain.

Contoh Cloud Computing yang Digunakan Pengguna

3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Yang terakhir yakni layanan infrastructure as a service (IaaS) yang mana sudah tersedia infrastrukturnya yakni seperti storage dan jaringan. Dengan menggunakan layanan IaaS ini, maka pengguna dapat mengakses konfigurasi secara virtual sehingga memiliki kontrol terhadap sistem dan aplikasinya. Adapun contoh dari layanan IaaS di antaranya yakni seperti TelkomCloud, Simple Storage Service dan lain sebagainya.

Contoh Cloud Computing yang Digunakan Pengguna Sehari-hari

Banyak sekali orang atau bahkan mungkin Anda sendiri tidak menyadari, bahwa ternyata kita sendiri sudah menggunakan banyak sekali layanan cloud computing dalam kehidupan sehari – hari. Beberapa contoh penggunaan cloud computing tersebut antara lain :

1. Google Drive

Merupakan contoh dari penggunaan cloud computing yang sering digunakan dan pengguna tidak perlu melakukan penginstalan aplikasi drive-nya. Cukup dengan memiliki akun Google Mail (Gmail) saja, maka pengguna bisa langsung mengakses Google Drive dan aplikasi milik Google. Di antaranya yakni seperti Google Meet, Google Classroom dan lain sebagainya.

2. Media Sosial

Contoh lain dari cloud computing yakni media sosial yang mana sudah pasti dimiliki oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Hadir dengan kemampuan yang tidak hanya bisa digunakan lewat aplikasi yang harus diinstall terlebih dahulu saja, penggunaannya juga bisa dilakukan melalui versi web. Beberapa media sosial yang bisa diakses lewat web antara lain seperti YouTube, Facebook, Instagram, Linkedin dan lain – lain.

Contoh Cloud Computing yang Digunakan Pengguna

3. Dropbox

Cloud computing berupa dropbox ini juga sering digunakan oleh pengguna, khususnya bagi para mahasiswa. Penggunaan dropbox sendiri umumnya digunakan oleh para pengguna untuk memudahkan dalam melakukan penyimpanan dan membagikan file secara mudah.

4. Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, Anda bisa menemukan sistem cloud computing seperti halnya hadirnya Telemedicine. Sistem cloud Telemedicine ini sendiri merupakan alat komunikasi jarak jauh antara tenaga kesehatan dengan pasien dan juga dikenal sebagai media perantara transfer media dari satu ke lokasi lainnya.

5. Bidang Pendidikan

Sementara itu, di bidang pendidikan Anda juga akan menemukan layanan cloud computing dalam memudahkan guru dan siswa untuk menunjang proses belajar mengajar. Contoh dari penggunaan cloud computing ini antara lain seperti Google Talk, Google Classroom, Google Video for Education dan lain sebagainya.

Itulah beberapa contoh cloud computing yang banyak digunakan dalam menunjang aktivitas sehari – hari. Bagi Anda yang membutuhkan layanan cloud computing ini, maka bisa mempercayakan penggunaan DimensiCloud sebagai layanan komputasi awan yang profesional dan memiliki jaminan keamanan terbaik.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024