Definisi dan Jenis – Jenis Cloud Computing

Definisi dan Jenis - Jenis Cloud Computing

Belakangan ini penggunaan teknologi canggih dan modern bernama cloud computing terbilang sangat menunjang pekerjaan setiap pengguna. Dalam penggunaannya, komputasi awan ini hadir dengan menawarkan kemampuan untuk memproses dan menyimpan file data. Terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda mengenai apa yang dimaksud dengan cloud computing dan apa sajakah jenis – jenis cloud computing itu sendiri? Apabila Anda ingin mengetahui informasinya lebih lengkap mengenai definisi dan jenis-jenis cloud computing, Anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Definisi cloud computing

Umumnya, cloud computing atau dikenal juga dengan sebutan komputasi awan merupakan suatu teknologi canggih yang dapat melakukan pengolahan sistem komputasi dengan memanfaatkan jaringan internet. Dengan adanya layanan ini, maka akan dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dengan mudah dan praktis.

Penggunaan cloud computing ini terbilang mudah lantaran Anda tidak perlu lagi harus repot – repot menyimpan file data informasi ke dalam bentuk hardcopy di memori penyimpanan seperti harrdisk. Sebab, disini Anda hanya perlu menggunakan bantuan internet saja untuk dapat mengakses file data informasi yang diinginkan.

DIMENSI CLOUD 24

Apa saja jenis – jenis cloud computing?

Perlu Anda ketahui, bahwa cloud computing sendiri dapat dibedakan menjadi 2 macam. Yakni berdasarkan sistem penggunaannya dan sistem pelayanannya. Agar Anda lebih paham mengenai jenis dari cloud computing, maka bisa memahami penjelasannya di bawah ini.

1) Jenis komputasi awan berdasarkan sistem penggunaan

Apabila melihat dari segi penggunaannya sendiri, komputasi awan ini dibedakan menjadi 3 jenis yakni sebagai berikut :

  • Public Cloud

Jenis public cloud ini umumnya bisa diakses oleh semua orang tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Di dalamnya, terdapat banyak fitur dan layanan yang bisa diakses oleh para pengguna dengan syarat harus tersambung dengan internet. Beberapa contoh dari komputasi awan ini yakni seperti Facebook, Instagram, Gmail dan lain sebagainya.

  • Private Cloud

Penggunaan private cloud umumnya banyak digunakan oleh perusahaan maupun organisasi yang memang memerlukan jaminan keamanan tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika private cloud ini hanya bisa diakses para user tertentu yang memang memenuhi ketentuan untuk pengaksesan cloud.

  • Community Cloud

Community cloud ini mirip dengan private cloud, namun memiliki perbedaan sedikit. Dimana, untuk jenis community cloud ini umumnya masih bisa diakses oleh orang lain yang memiliki keterkaitan dengan organisasi maupun perusahaan terkait.

DIMENSI CLOUD 24

2) Jenis komputasi awan berdasarkan sistem layanan

Sementara itu jika dilihat dari sistem layanannya, komputasi awan dibedakan menjadi 3 jenis antara lain yakni :

  • Software as a Service (SaaS)

Salah satu jenis komputasi awan berdasarkan sistem layanan yang pertama yakni Software as a Service (SaaS). Dimana, layanan ini sangat membantu para user untuk bisa melakukan penyimpanan hingga pengaksesan file data informasi dengan mudah. Umumnya, layanan SaaS ini banyak dijumpai di teknologi end user. Adapun untuk penggunaan software SaaS sendiri biasanya bisa langsung diakses pengguna melalui situs browser tanpa perlu melakukan proses penginstallan terlebih dahulu.

  • Infrastructure as a Service (IaaS)

Berikutnya ada layanan Infrastructure as a Service (IaaS) yang dapat melakukan pengelolaan file data yang Anda miliki lebih fleksibel. Apabila di layanan SaaS pengguna hanya perlu tahu cara penggunaan aplikasinya, maka untuk IaaS Anda harus paham bagaimana pengelolaan aplikasi perangkat lunak komputer. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir lantaran sistem kerja IaaS ini menyewakan komputer virtual yang bisa Anda gunakan sepuasnya.

  • Platform as a Service (PaaS)

Umumnya, layanan Platform as a Service (PaaS) ini banyak digunakan para developer perusahaan dalam pengelolaan aplikasi / situs website yang dimiliki. Layanan ini hadir dalam bentuk sebuah platform yang mana menjadikan pengguna lebih mudah dalam pengaksesan aplikasi tersebut. Mengingat komputasi awan PaaS ini menawarkan banyak layanan, maka pengguna tidak perlu repot soal maintenance layanan dan jaringan tersebut.

Itulah sedikit penjelasan yang bisa Anda pahami mengenai definisi serta jenis – jenis cloud computing. Mengingat penggunaan layanan cloud computing ini sangat mendukung pekerjaan sehari – hari, maka pastikan Anda menggunakan layanan berkualitas seperti DimensiCloud. Dimana, layanan komputasi cloud ini hadir dengan sistem yang mudah dan aman bagi pengguna.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024