Definisi Dan Penerapan Cloud Security Untuk Menghindari Cyber Attack 

Cloud security

Bagi Anda yang berkecimpung di bidang IT, pasti tidak asing lagi dengan istilah cloud security. Di tengah perkembangan teknologi saat ini, cloud security merupakan komponen penting yang harus Anda terapkan dalam lingkup perusahaan. Bagi Anda yang masih bingung mengenai keamanan pada penyimpanan cloud beserta fungsinya, simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Definisi Cloud Security

Sebelum membahas mengenai manfaat ini, sebaiknya Anda mengetahui definisinya terlebih dahulu. Cloud security merupakan perlindungan aplikasi, data, ataupun infrastruktur yang terlibat dalam cloud computing. Sederhananya, sistem ini membantu meningkatkan keamanan data yang Anda simpan pada layanan cloud.

Untuk meningkatkan keamanan data, ada beberapa aspek yang berhubungan langsung, seperti kontrol cloud, kebijakan dan teknologi. Keamanan ini biasanya tersedia dalam layanan sub domain sekuritas komputer dan jaringan yang disediakan oleh pihak ketiga.

Keamanan data amatlah penting mengingat tingginya risiko kajahatan cyber saat ini. Apalagi metode yang digunakan pelaku kejahatan cyber makin bervariatif dan dengan mudah menyusup ke perangkat yang Anda gunakan.

Cloud security

Siapa Saja yang Membutuhkan Cloud Security?

Keamanan pada penyimpanan cloud ini bisa diterapkan di berbagai aspek, mulai dari pemerintahan, kesehatan, perusahaan, organisasi, dan lain sebagainya. Saking krusialnya, DimensiCloud mendukung perlindungan yang maksimal pada cloud security.

1. Cloud Security di Ranah Pemerintahan dan Keamanan Negara

Di lingkup pemerintahan dan keamanan negara, cloud security sangatlah diperlukan untuk menyimpan serta menjaga data rahasia agar tetap aman. Sistem keamanan dalam bidang ini tentunya harus sangatlah ketat mengingat banyaknya aset yang harus dijaga. Jika terjadi kebocoran pada data-data rahasia, hal ini dapat menyebabkan kerugian dan membahayakan negara.

2. Cloud Security di Lingkup Perusahaan

Sama halnya dengan lingkup pemerintahan, perusahaan Anda juga membutuhkan keamanan cyber security. Data-data perusahaan Anda bisa menyebabkan kerugian kalau sampai bocor dan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Selain itu, data rahasia perusahaan Anda bisa digunakan untuk menyerang bisnis Anda kalau sampai kompetitor mendapatkannya. Hal ini juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan klien terhadap perusahaan Anda.

3. Cloud Security di Bidang Kesehatan

Keamanan ini juga dibutuhkan di bidang kesehatan untuk menjaga keamanan data pasien, jenis pengobatan, dan rahasia medis lainnya. Maka dari itu cloud security sangatlah penting pada ranah medis, mengingat bidang ini banyak diincar oleh hacker.

Cloud security

Manfaat Penerapan Cloud Security 

Penerapan keamanan pada penyimpanan cloud memiliki sejumlah keuntungan bagi Anda. Beberapa keuntungan tersebut adalah:

1. Optimasi Keamanan Data Perusahaan

Keuntungan yang pertama adalah keamanan data jadi lebih optimal. Seperti yang sudah disinggung sejak awal, bahwa keamanan data perusahaan amatlah krusial. Mengingat cloud adalah penyimpanan berbasis internet, maka Anda membutuhkan penggunanya untuk memiliki jalur akses tersendiri yang tidak mudah dibobol oleh pelaku kejahatan cyber.

Dengan menerapkan keamanan cyber, tidak sembarang orang bisa mengakses data yang Anda simpan di cloud. Artinya, hanya orang-orang yang memiliki akses yang dapat memasukinya. Hal ini akan membantu Anda menghindari serangan cyber.

2. Sistem Keamanannya Dapat Disesuaikan dengan Jaringan Lokal

Selain membuat data lebih aman, penerapan ini dapat disesuaikan dengan jaringan lokal. Saat terjadi perubahan pada jaringan lokal, Anda dapat me-reset koneksi ataupun akses agar data tetap terlindungi. Secara otomatis, jalur yang pernah diakses oleh pelaku kejahatan cyber akan diblokir. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri yang ditawarkan oleh penyimpanan cloud. 

3. Tersedia Fitur Back Up Data

Keuntungan lain yang ditawarkan oleh sistem keamanan pada penyimpanan cloud adalah terdapat fitur back up data. Ketika Anda menyimpan data di cloud, secara otomatis sistem akan membuat salinan dari data Anda untuk disimpan di server pusat. Hal ini dapat menghindari risiko kehilangan dan kerusakan data.

Adanya fitur back up juga menjadi keuntungan tersendiri di tengah kondisi yang tidak diinginkan, misalnya ketika terjadi bencana. Sebab Anda dapat memulihkan data perusahaan dengan mudah.

Demikian tadi definisi, penerapan, dan manfaat dari cloud security. Bagi Anda yang membutuhkan jasa penyedia cloud untuk penyimpanan data perusahaan, DimensiCloud merupakan pilihan yang tepat. Sistem keamanan cyber security dan tim yang profesional akan membantu mengamankan data-data rahasia Anda.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024