Ekosistem Smart City 4.0 Untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Ekosistem Smart City 4.0 untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat – Seiring dengan perkembangan jaringan teknologi khususnya internet maka semua lini sedikit banyak akan memakai jaringan maya untuk menunjang kebutuhan, menunjang performa sebuah objek hingga mampu mengubah tata kota lawas menjadi tata kota modern. Tata kota modern yang berdasarkan koneksi internet disebut dengan smart city atau kota cerdas.

Ekosistem Smart City 4.0 untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Seperti apa Ekosistem Smart City 4.0 untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat dan konsepnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk!

Ekosistem Smart City 4.0 Untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Apa Itu Ekosistem Smart City? 

Smart city adalah sebuah kota cerdas, dimana kota tersebut sengaja dibentuk oleh manajemen perusahaan IBM. Ini agar terbentuk pola warga yang cerdas baik dari segi ekonomi, segi lingkungan, segi sosial. Semua aspek tersebut nantinya dipolakan dengan sebuah sistem terpusat yang dikendalikan oleh jaringan internet guna memudahkan semua warga bisa melek teknologi secara perlahan. Sehingga, harapan kedepannya tidak ada warga yang masih produktif untuk ketinggalan informasi dalam bentuk online. 

Efeknya, kecepatan informasi membantu warganya untuk peka dan kritis dalam sebuah berita atau informasi. Smart city telah sedikit banyak terealisasikan dengan baik di beberapa wilayah dan masyarakatnya juga awalnya tampak kebingungan karena harus adaptasi dengan teknologi baru. Lambat laun, warga yang masih cukup produktif (usia 60 tahunan) bisa sedikit belajar tentang aturan baru di kota yang sekarang di domisili memakai dasar jaringan internet. 

Kenapa Sudah Mulai Terbentuk Ekosistem Smart City?

Pembentukan ekosistem smart city nantinya akan memudahkan semua akses informasi masuk ke berbagai sudut daerah baik kota padat penduduk hingga pelosok. Media untuk mengembangkan sebuah smart city tentunya memakai alat yang kita sebut dengan ponsel android. Sejatinya, tidak hanya alat tersebut saja yang digunakan untuk menyebarkan informasi tetapi juga ada layanan situs informasi, kecepatan akses, cloud, big dataartificial intelligence (AI), internet of things (IoT), dan blockchain. Kesemua layanan tersebut membantu Anda untuk mengelola sistem agar terhubung satu sama lainnya dan menaikkan kualitas jaringan, kualitas informasi. Bayangkan, sebuah kota yang buta akan sebuah teknologi diberikan media dan layanan semacam ini. Maka kota tersebut akan segera maju dengan pesat mulai dari ekonomi yang memakai sistem online saat berbelanja. Pembayaran mudah dengan dompet digital atau aplikasi, pengecekan lingkungan dengan alat drone tanpa kita harus turun ke lapangan.

Sangat cerdas ya?

Ekosistem Smart City 4.0 Untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Tujuan Dari Smart City

Tujuan smart city paling relevan adalah menciptakan sebuah tata kota, manajemen kota dan objek kota yang cepat tanggap. Maka dengan informasi teknologi ini berfungsi agar bisa menjaga aset kota dengan baik. Sebagai gambaran umumnya, aset tersebut antara lain tentang sistem informasi lembaga pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perpustakaan kota, sarana transportasi, lembaga kesehatan, pembangkit listrik, sistem ketersediaan penyediaan air, pengelolaan limbah, lembaga penegak hukum, dan lembaga layanan masyarakat. Jadi, aset tidak hanya terbatas untuk fisik bangunan saja tetapi juga non fisik. Data warga contohnya yang telah lama hilang bisa dimunculkan lagi dengan bantuan aplikasi atau program pelacakan. Ini berguna membuat akta lahir, akta kematian, akta nikah, akta cerai dan sebagainya. 

Aset tersebut nantinya membuat sebuah manfaat yang bakalan dibutuhkan oleh seseorang. 

Dasar Apakah Yang Dibentuk Smart City? 

  • Sebuah kota yang punya kinerja baik dasar pandangan sektor ekonomi, sipil warga, pemerintahan, mobilitas, serta lingkungan hidup.
  • Sebuah kota yang bisa mengendalikan,  integrasi dalam semua infrastruktur.
  • Smart city mampu mengkoneksikan infrastruktur fisik, infrastruktur teknologi, infrastruktur sosial, dan infrastruktur usaha dalam menaikkan daya potensi keahlian dan kecerdasan kota.
  • Konsep smart city membuat daerah menjadi makin efisien dan layak ditempati.
  • Dengan memakai smart system, smart computer sebagai fasilitas saling terhubung. 

Karena saat ini semua layanan notabene memakai jaringan internet, maka kita juga butuh sebuah layanan penunjang seperti hosting, cloud dan teknologi perangkat lunak lainnya agar kecepatan akses, keamanan akses, hubungan akses saling menyatu. Layanan seperti itu bisa Anda dapatkan secara gratis dengan klik menggunakan layanan cloud computing dari DimensiCloud mudah, amanah dan ramah. Pembuatan ekosistem smart city akan terealisasikan dengan sempurna jika layanan jaringannya maksimal dan memuaskan. Terbukti bahwa kota yang memiliki kualitas layanan internet terbaik bisa menjadi sebuah kota cerdas hampir di semua lini.  Salah satu kota di Indonesia yang mulai menggunakannya adalah Jakarta.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024