Ekosistem Teknologi AI Untuk Dukung Pengembangan Transportasi Otomatis Di Indonesia

Ekosistem Teknologi AI Transportasi

Teknologi berbasis Artificial Intelligence mulai digunakan diberbagai sektor industri. Pasalnya, teknologi ini mampu memberikan inovasi baru dan manfaat maksimal bagi sektor tersebut. Salah satu sektor yang memperoleh manfaat maksimal dengan adanya teknologi berbasis Artificial Intelligence adalah sektor transportasi. Contohnya, ekosistem teknologi AI untuk dukung pengembangan transportasi otomatis di Indonesia yang artinya sistem transportasi dapat beroperasi secara otomatis dengan bantuan sedikit manusia. 

Ekosistem Teknologi AI Untuk Dukung Pengembangan Transportasi Otomatis Di Indonesia

Ekosistem teknologi AI untuk dukung pengembangan transportasi otomatis di Indonesia

Selain membuat sistem transportasi menjadi lebih mudah, penggunaan teknologi AI juga dapat mengurangi biaya pengembangan transportasinya. Tentunya, penerapan teknologi AI di sektor transportasi khususnya transportasi darat harus disesuaikan dengan tingkatan atau Grade of Automation (GoA)-nya. Tingkatan ini berhubungan dengan seberapa besar campur tangan manusia dalam operasional transportasinya. Jika operasional transportasi sudah tidak memerlukan campur tangan manusia lagi, maka teknologi tersebut sudah ada pada tingkatan GoA level 4. 

Di Indonesia sendiri, teknologi berbasis AI direncanakan diaplikasikan pada transportasi kereta api. Untuk mencapai level GoA yang lebih tinggi, PT. Kereta Api Indonesia masih harus memperbaiki sistem persinyalan terlebih dahulu. Bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti, fungsi pengemudi di kereta api dan attendant di kereta api bisa digantikan dengan teknologi AI. Dengan penggunaan teknologi AI diharapkan sistem kereta api otomatis di Indonesia menjadi lebih aman. 

Tazar Morta Kurniawan selaku Direktur Teknologi PT LEN Industri menjelaskan jika dengan adanya teknologi AI. Kereta api otomatis dapat membantu mendeteksi hambatan yang ada di sepanjang jalur kereta api. Jadi, kereta api akan langsung mendeteksi jika ada benda atau manusia di lintasan. Operator pun tidak perlu lagi mengintervensi tindakan karena teknologi AI yang akan mengambil keputusan. 

Selain sektor transportasi kereta api, teknologi berbasis AI juga bisa diaplikasikan pada transportasi darat lainnya seperti di terminal. Teknologi AI dapat mendukung manajemen kendaraan di terminal, khususnya untuk mengatur rute atau jalan yang dilalui kendaraan secara otomatis. Saat ini, masyarakat bisa melihat contoh penerapan AI secara langsung di area kampus ITS. Kampus Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan percobaan dengan mengoperasikan mobil tanpa pengemudi di area kampus. 

Ekosistem Teknologi AI Untuk Dukung Pengembangan Transportasi Otomatis Di Indonesia

Penerapan teknologi AI

Tentu saja, penerapan teknologi AI pada sektor transportasi di Indonesia bukan tanpa hambatan. Augie Widytriatmo, Peneliti dari Institute Teknologi Bandung menyatakan jika kendaraan tanpa pengemudi ini harus memiliki sensor-sensor canggih yang akurat, integritas dalam pengenalan lingkungan, serta navigasi yang akurat agar terjamin keamanannya. Sudah pasti, dibutuhkan Kerjasama dan komitmen dari semua pihak termasuk pelaku industri dan pemerintah untuk mendukung proses pengembangan ini. 

Dimensi Cloud, sebagai perusahaan penyedia jasa komputasi dan infrastruktur cloud ingin mendukung proses pengembangan transportasi berbasis teknologi AI. Karena itu, perusahaan ini menawarkan layanan pengembangan infrastruktur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Itu artinya, infrastruktur yang ditawarkan akan mendukung semua tingkatan, khususnya perusahaan-perusahaan dengan traffic yang sangat tinggi. 

Semakin tinggi traffic yang datang, semakin besar pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Perusahaan ini akan membantu perusahaan-perusahaan transportasi di Indonesia untuk mengembangkan teknologi yang sudah ada agar nantinya bisa disesuaikan dengan penggunaan teknologi AI. Selain itu, perusahaan ini juga menawarkan produk seperti Cloud VM dan Object Storage untuk mendukung perusahaan transportasi di Indonesia yang ingin terus berkembang. Perusahaan layanan infrastruktur cloud ini juga sedang mengembangkan produk lain seperti colocation server dan apps catalog yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. 

Diharapkan dengan adanya produk dan jasa layanan ini, perusahan di Indonesia, khususnya perusahaan yang berkaitan dengan sektor transportasi mampu bersaing dan beradaptasi dengan perubahan ini secepatnya. Dengan proses adaptasi yang tepat, maka sebuah perusahaan bisa bertahan dari persaingan. Masyarakat pun akan semakin percaya dengan layanan transportasi umum jika teknologinya terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. 

Kunjungi dimensicloud.id untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan komputasi dan infrastruktur cloud ini. Anda dapat berkonsultasi dengan tim profesional yang akan membantu menentukan spesifikasi infrastruktur yang tepat agar bisa bekerja dengan optimal yang tentu saja bisa disesuaikan dengan teknologi terkini, termasuk teknologi berbasis Artificial Intelligence.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024