Jenis-Jenis VPS yang Harus Anda Ketahui Beserta Tips Memilihnya

Jenis-Jenis VPS

Istilah Virtual Private Server (VPS) pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia website. VPS merupakan sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa server virtual di mana setiap user dapat menginstall sistem operasi di dalamnya. Berbeda dari dedicated server yang hanya dihuni oleh satu user, VPS memiliki beberapa user dengan server masing-masing.

Seiring dengan teknologi yang kian pesat, VPS pun hadir dalam beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis VPS yang harus Anda ketahui. Kami juga akan memberikan tips untuk memilih VPS agar tidak salah. 

Jenis-Jenis Virtual Private Server

Hadirnya beberapa jenis VPS memberikan kemudahan tersendiri bagi user yang ingin mencari hosting sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing jenis juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

1.Open VZ

Jenis VPS yang pertama adalah open VZ yang paling sering digunakan pada tingkatan user dengan resource yang minim. Open VZ sendiri menggunakan sistem operasi yang bekerja pada shared kernel server dan hanya kompatibel dengan Linux saja. Artinya, pengguna sistem operasi Windows tidak dapat menggunakan VPS jenis ini.

2.KVM

KVM atau Kernel-based Virtual Machine memungkinkan user untuk berinteraksi secara langsung dengan hardware. Hal ini jadi daya tarik tersendiri, sebab Open VZ tidak memiliki kemampuan untuk terhubung secara langsung dengan hardware. Sebab itulah, banyak user yang menggunakan KVM.

Selain itu, VPS ini dianggap memiliki kontrol yang lebih lengkap. User pun memiliki kontrol penuh terhadap server yang digunakan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

3.HVM

Jenis-jenis VPS yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah HVM atau Hardware Virtual Machine. Dari segi akses, pengguna HVM memiliki akses sepenuhnya pada hardware. Sementara dari segi fitur, VPS jenis ini cocok untuk website besar yang membutuhkan server mumpuni, misalnya saja toko online.

4.Microsoft Hyper V

VPS terakhir adalah Microsoft Hyper V yang kompatibel untuk sistem operasi Windows. Salah satu daya tarik dari VPS ini adalah semua panel sudah menggunakan GUI (Graphic User Interface) sehingga memudahkan pengguna. Selain itu, Microsoft Hyper V juga beroperasi secara real-time. Meski begitu, untuk menggunakan VPS jenis ini Anda wajib merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli lisensi Windows secara terpisah.

Tips Memilih Virtual Private Server Sesuai Kebutuhan

Memilih virtual private server yang sesuai kebutuhan perlu pertimbangan matang-matang, karena akan mempengaruhi performa website. Selain mempertimbangkan soal biaya, inilah beberapa tips dalam memilih VPS yang tepat.

1.Tujuan Penggunaan VPS

Perlu dipahami bahwa VPS tidak hanya digunakan untuk menyimpan data dan menjalankan website. Fungsi VPS lebih dari itu, karena Anda dapat menghubungkannya dengan Internet of Things (IoT). Sebab itu, Anda perlu mengetahui tujuan utama penggunaan dari VPS yang akan Anda pilih. Dengan mengetahui tujuan utamanya, Anda akan lebih mudah menemukan server yang sesuai dengan kebutuhan.

2.Sesuaikan dengan Rencana Penggunaan

Dalam mengelola sebuah website, Anda pastinya memiliki tujuan jangka panjang. Selain untuk memudahkan pengelolaan website, rencana jangka panjang juga membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar resource yang dibutuhkan. Jumlah resource inilah yang akan dijadikan landasan dalam memilih VPS agar performa website tetap stabil dan tidak mengalami downtime.

3.Sesuaikan dengan Sistem Operasi Komputer

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa masing-masing VPS tidak bisa berjalan di semua sistem operasi. Misalnya saja open VZ yang hanya bisa berjalan pada sistem operasi Linux dan Microsoft Hyper V yang hanya kompatibel dengan Windows. Anda perlu mengetahui hal ini sejak awal memilih VPS agar tidak salah mengambil keputusan. Sebab, ketika VPS yang Anda pilih tidak sesuai dengan sistem operasi di komputer, maka Anda tidak akan bisa menggunakannya.

4.Pilihan Layanan VPS Terbaik

Tips terakhir adalah memilih layanan VPS terbaik yang memberikan layanan memuaskan dengan harga yang bersahabat. Layanan VPS haruslah memiliki kredibilitas dan dapat diandalkan. Akan lebih menguntungkan bila provider memberikan penawaran perawatan server, sehingga user tidak perlu repot-repot melakukan perawatan tambahan. Salah satu provider yang patut Anda pertimbangkan adalah DimensiCloud yang memberikan fasilitas komputasi awan terbaik dengan harga terjangkau.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024