Kaspersky Sebut SDM Sebagai Salah Satu Faktor Penting Untuk Memperkuat Cyber Security

Apa yang terbayang di kepala Anda ketika harus menilai apa faktor penting untuk memperkuat keamanan siber atau cyber security sebuah organisasi atau perusahaan? Jika Anda menjawab aspek sistem atau teknologinya, sebenarnya jawaban tersebut tidaklah keliru. Hanya saja, sebenarnya sumber daya manusia alias SDM juga sama-sama berperan penting. Hal ini dipertegas pula oleh pernyataan Kaspersky Sebut SDM Sebagai Salah Satu Faktor Penting untuk Memperkuat Cyber Security.

Pernyataan tersebut disampaikan General Manager (GM) Kaspersky ASEAN, Yeo Slang Tiong. Dalam sebuah kesempatan khusus, Yeo menyampaikan bahwa pihak Kaspersky sendiri telah bertemu beberapa kali dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Dan di seluruh kesempatan tersebut, pihaknya terus-menerus menegaskan tiga aspek penting terkait dengan cyber security: teknologi, kebijakan dan regulasi, serta pengembangan SDM.

3 Faktor Cyber Security yang Kuat

1. Teknologi

Faktor pertama yang akan dibahas dalam artikel ini adalah aspek teknologi. Saat ini, tak sedikit perusahaan penyedia teknologi dan layanan cyber security yang ada dan bisa Anda pilih untuk memperkuat keamanan siber organisasi maupun perusahaan. Tak hanya itu saja, jenis layanan yang tersedia pun beragam, sehingga klien akan bisa menentukan jenis layanan apa yang akan digunakan berdasarkan kebutuhan perusahaan.

Kaspersky Sebut SDM Sebagai Salah Satu Faktor Penting Untuk Memperkuat Cyber Security

2. Regulasi dan kebijakan

Terkait dengan faktor kebijakan dan regulasi, hal ini tentu saja tak bisa lepas dari campur tangan pemerintah. Lebih spesifik lagi, pemerintah harus menentukan apa saja sektor yang dapat dikategorikan sebagai infrastruktur teknologi informasi yang kritis, sehingga rawan mengalami serangan siber. Contohnya sektor kesehatan dan keuangan.

Kaspersky melalui Yeo sendiri menilai bahwa BSSN sebagai instansi pemerintah yang menangani keamanan siber secara nasional sudah melakukan proses untuk mengidentifikasi apa saja infrastruktur teknologi informasi yang kritis, serta langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk melindunginya. Dengan begitu, cyber security bisa dilakukan dengan lebih baik.

3. Pengembangan SDM

Faktor berikutnya adalah SDM. Dan pastinya, SDM yang dimaksud merupakan SDM di bidang keamanan siber alias cyber security ini. Ini sebagai bentuk upaya pemerintah melalui BSSN dalam mengembangkan serta meningkatkan skill SDM-nya, BSSN bekerja sama dengan Kaspersky dalam penyelenggaraan berbagai pelatihan dan seminar untuk meningkatkan kualitas SDM cyber security di Tanah Air.

Dan tentunya, pengembangan SDM ini tak hanya berhenti di lingkup pemerintah melalui BSSN saja. Seluruh organisasi dan perusahaan di era digital saat ini, terutama yang sudah mengadopsi teknologi cloud computing, juga semestinya telah ikut berupaya dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM cyber security mereka.

Kaspersky Sebut SDM Sebagai Salah Satu Faktor Penting Untuk Memperkuat Cyber Security

Dalam sektor cyber security sendiri, ada berbagai spesialisasi atau bidang pekerjaan. Dan realitanya, ketersediaan SDM di pasar terasa tidak pernah cukup dari segi jumlah maupun kualifikasi. Oleh karena itu, untuk menutup adanya skill gap antara kebutuhan perusahaan dengan kualifikasi di pasar tenaga kerja. Perusahaan perlu menjadikan pengembangan SDM sebagai salah satu program prioritas.

Layanan Cloud Computing dengan SDM Berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan dan dipertegas lewat ulasan di atas. Kaspersky Sebut SDM Sebagai Salah Satu Faktor Penting untuk Memperkuat Cyber Security. Dan di sini, Anda barangkali sudah mendapatkan gambaran yang semakin jelas mengenai alasannya serta realitanya di luar sana.

SDM ini sebenarnya tak hanya soal SDM internal di dalam perusahaan Anda saja, tapi juga SDM dari vendor atau pihak ketiga lainnya yang memberikan layanan teknologi bagi perusahaan, seperti ketika Anda menggunakan layanan cloud computing dari pihak ketiga. Artinya, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas SDM tim eksternal yang sama-sama berpengaruh terhadap tingkat cyber security perusahaan Anda.

Oleh karena itu, bagi Anda yang membutuhkan layanan cloud computing untuk perusahaan Anda. DimensiCloud jelas merupakan solusi yang sangat pas untuk Anda pertimbangkan. Karena dengan DimensiCloud, Anda tak hanya akan bisa menikmati layanan solusi teknologi cloud computing yang mudah dan aman. Ini juga didukung oleh tim dengan kualifikasi, skill, dan kapabilitas yang tepat.

Untuk informasi lebih lengkap dan jelas mengenai layanan DimensiCloud, kunjungi dimensicloud.id sekarang juga!

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024