Simak Berbagai Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT yang Tak Banyak Orang Tahu

Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT

Digadang – gadang sebagai salah satu fitur chatbot yang dikembangkan oleh pihak developer OpenAI, menjadikan ChatGPT begitu populer dan dikenal luas di kalangan masyarakat. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan disini adalah, apa saja kira – kira kelebihan dan kekurangan ChatGPT tersebut? Bagi Anda yang mungkin saja baru mengenal teknologi kecerdasan buatan ChatGPT satu ini dan penasaran akan kelebihan dan kekurangannya, bisa langsung menyimak penjelasannya di artikel berikut ini.

Kelebihan teknologi ChatGPT

Sebelum membahas mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan ChatGPT, Anda perlu tahu bahwa teknologi ChatGPT satu ini merupakan suatu teknologi chatbot berbasis teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) yang dikembangkan oleh pihak OpenAI. Didesain sebagai robot percakapan yang mampu membantu menyelesaikan berbagai tugas pengguna, berikut ini kelebihan yang ditawarkan teknologi ChatGPT bagi pengguna.

1.Teknologi ChatGPT hadir dengan menawarkan gaya bahasa yang luwes dan gampang dipahami pengguna

Bukan hanya mampu memberikan jawaban dengan cepat atas berbagai pertanyaan pengguna, kelebihan lain yang ditawarkan dari teknologi ChatGPT bagi para pengguna yakni mampu menawarkan gaya bahaya yang luwes dan gampang dipahami. Maksud gaya bahasa luwes disini, yakni teknologi ChatGPT ini menampilkan gaya bahaya yang mana dapat mengikuti gaya bahasa manusia pada umumnya. Sehingga, hal inilah yang menjadikan pengguna bisa merasakan sensasi mengobrol dengan robot seperti selayaknya pada manusia.

2. Penggunaan ChatGPT dapat bekerja secara multi-tasking dalam satu waktu

Maraknya penggunaan teknologi ChatGPT di kalangan masyarakat, yakni karena teknologi ini diklaim dapat melakukan pekerjaan secara multitasking dalam satu waktu sekaligus. Yakni mulai dari menjawab pertanyaan pengguna, membuat teks secara acak, memperbaiki kesalahan dalam penulisan dan berbagai pekerjaan lainnya. Tentu saja, hal ini akan menjadikan pekerjaan pengguna jauh lebih efektif lantaran dapat melakukan berbagai tugas secara bersamaan dalam satu waktu.

3. Memiliki database yang cukup besar

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan ChatGPT, teknologi ChatGPT satu ini hadir dengan menawarkan kelebihan berupa penyediaan database yang cukup besar. Terlebih lagi, di dalam teknologi ChatGPT satu ini juga sudah terlatih jutaan teks dari internet. Sehingga, tidak heran jika hal inilah yang menjadikan teknologi tersebut bisa memiliki pengetahuan yang luas akan berbagai hal dan dapat memberikan tanggapan yang lebih relevan bagi pengguna. Yang mana, hal ini tentu saja didukung dengan adanya penerapan metode deep learning di dalamnya.

Kekurangan teknologi ChatGPT

Di samping menawarkan berbagai kelebihan bagi para pengguna, teknologi ChatGPT satu ini juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Adapun beberapa kekurangan dari teknologi ChatGPT satu ini diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Teknologi ChatGPT memiliki pemahaman yang terbatas

Salah satu kekurangan dari teknologi ChatGPT, yakni memiliki pemahaman yang terbatas sehingga hanya dapat memberikan respons yang sesuai dengan pertanyaan pengguna saja. Hal ini jauh berbeda dengan manusia yang mana memiliki kemampuan riset informasi valid dari berbagai sumber. Oleh karena itulah, meskipun fitur teknologi ChatGPT dapat memberikan respons sesuai kebutuhan pengguna, namun pengawasan dan campur tangan manusia tetap dibutuhkan disini.

2. Tidak selalu menghasilkan jawaban yang tepat

Berikutnya mengenai kelebihan dan kekurangan ChatGPT dari segi kekurangannya, yakni teknologi ChatGPT tidak selalu memberikan jawaban yang tepat. Dikarenakan robot ini dilatih untuk memahami banyak hal yang bersumber dari data internet, maka besar kemungkinan informasi yang diperoleh tidak bisa sepenuhnya akurat. Ini wajar dikarenakan hal tersebut sangat berpengaruh pada respons yang bisa saja terdapat kesalahan jawaban. Oleh karena itulah, wajib bagi pengguna untuk selalu melakukan verifikasi ulang terhadap semua jawaban dari teknologi ChatGPT satu ini.

3. Membutuhkan koneksi jaringan yang stabil 

Adapun kekurangan terakhir dari penggunaan teknologi ChatGPT satu ini, yakni membutuhkan koneksi jaringan yang stabil. Dimana untuk dapat mengaksesnya, Anda perlu menggunakan jaringan internet yang stabil agar robot tersebut bisa bekerja dengan maksimal. Sebab jika koneksi jaringan yang digunakan buruk, maka teknologi ChatGPT ini hanya akan menampilkan bug dan tidak memberikan respons sesuai keinginan pengguna.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan ChatGPT yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Untuk Anda yang ingin menggunakan teknologi kecerdasan buatan, sebaiknya cari tahu informasi lebih mendalam di situs berkualitas seperti DimensiCloud

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024