Kelebihan dan Kekurangan Copy AI yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Copy AI

Copy AI (copy.ai) merupakan salah satu alat penulisan AI atau AI writing tool yang saat ini seolah terus bertambah dari hari ke hari. Tool yang satu ini sudah diuji cukup pintar untuk membedakan berbagai intensi konten, seperti slogan, headline, dan copy marketing. Lantas, apakah ada kelebihan dan kekurangan Copy AI yang perlu Anda pahami dulu sebelum menggunakannya?

Seperti halnya tools lain yang beredar di pasaran, tentu Copy AI juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut penjelasannya agar Anda bisa lebih memahami tools ini terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakannya. Selamat membaca!

Kelebihan Copy AI

1. Interface yang Sederhana dan Mudah Dipahami

Copy AI memiliki interface yang user-friendly sehingga cukup simpel untuk digunakan orang-orang. Tampilannya mengikuti gaya web service yang sudah sangat familiar, di mana terdapat menu navigasi pada sisi kiri layar dan area kerja (workspace) di sisi kanan.

Bahkan tanpa harus membaca dokumentasi atau mengikuti tutorial, bisa dipastikan bahwa Anda akan tetap bisa menggunakan tools AI ini hanya dalam waktu singkat. Apalagi terdapat bar bertuliskan “Get Started” yang sangat intuitif begitu Anda login, yang berisikan template dan bisa langsung Anda coba untuk menghasilkan teks.

2. Memiliki Text Editor yang Cukup Andal

Tak hanya menghasilkan konten saja, Copy AI juga membolehkan Anda untuk memberikan sentuhan tambahan pada konten apapun yang dihasilkan oleh sistem melalui fitur text editor. Secara garis besar, text editor yang tersedia terlihat dan terasa seperti Google Docs meskipun masih terdapat perbedaan. Hanya saja, tampilannya tetap jauh lebih simpel daripada Microsoft Word.

Jika Anda sudah familiar dengan CMS blog, online text editor Copy AI jelas tidak akan terlalu sulit untuk Anda gunakan. Ditambah lagi, text editor-nya juga bisa Anda gunakan secara seamless di seluruh ekosistem Copy AI. Artinya Anda tidak perlu pindah-pindah tab atau window.

3. Template untuk Membuat Berbagai Jenis Konten

Anda bisa gunakan Copy AI untuk membuat berbagai jenis konten, termasuk copy pemasaran, caption Instagram, postingan media sosial, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa fokus membuat konten berkualitas tinggi bagi klien atau perusahaan Anda.

Masing-masing template yang tersedia juga memiliki opsi format tertentu untuk hasil yang lebih presisi. Sebagai contoh, untuk jenis konten Sales Copy Anda bisa pilih format AIDA, PAS, Feature to Benefit, dan sebagainya,

Kekurangan Copy AI

1. Terkadang Ada Lag Saat Membuat Konten

Di samping kelebihan yang sudah dijelaskan tadi, Copy AI juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah lag yang terkadang sangat terasa pada saat Copy AI digunakan untuk membuat konten, sehingga prosesnya jadi lebih lama.

Pada dasarnya, lag ini sebenarnya adalah hal lumrah pada content generator. Pasalnya tool butuh waktu untuk memproses input yang diterima. Hanya saja, dibandingkan content generator pada umumnya, lag ini lebih terasa di Copy AI.

2. Masih Ada Konten Acak yang Terkadang Muncul

Secara garis besar, konten yang dihasilkan oleh Copy AI sebenarnya baik-baik saja dan tidak memiliki masalah. Meski demikian, terkadang ada situasi tertentu di mana ada sisipan di dalam konten yang membuat alurnya terasa aneh serta tidak alami, terutama karena sisipan tersebut sangat acak.

Bagi Anda yang sudah berpengalaman menjadi penulis, kekurangan yang satu ini akan sangat jelas dan kentara di mata Anda. Tapi bagaimana jika hal tersebut terjadi pada pengguna yang tidak terlalu berpengalaman dalam menulis sehingga tidak memiliki ketajaman intuisi yang sama? Tentu bisa merugikannya, kan?

3. Masih Butuh Pengecekan Fakta yang Intens

Ketika Anda menggunakan Copy AI, bersiap-siaplah untuk melakukan pengecekan fakta yang cukup intens, terutama jika Anda akan menulis artikel bisnis. Pasalnya, konten yang dihasilkan Copy AI rupanya masih mengandung banyak informasi yang keliru sehingga jelas tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Itu tadi rangkuman penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Copy AI. Tertarik mengadopsi AI ke dalam bisnis Anda? Dimensi Cloud siap bantu segala kebutuhannya untuk memberikan hasil yang optimal hingga ROI yang memuaskan.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024