Ketua Umum ASIOTI: Faktor Pertumbuhan Pasar IoT Di Indonesia Dipengaruhi Harga Dan Kualitas

Dalam pernyataan resminya, Ketua Umum ASIOTI menegaskan pentingnya faktor harga dan kualitas dalam mempengaruhi pertumbuhan pasar IoT di Indonesia. Lebih jelasnya lagi, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) Teguh Prasetya menjelaskan bahwa setidaknya ada 3 (tiga) faktor yang memengaruhi ketertarikan masyarakat di Tanah Air. 3 Faktor untuk memanfaatkan produk-produk smart home yang bebasis IoT.

Di Indonesia sendiri, pasar smart home berbasis teknologi IoT di Tanah Air sudah mencapai angka 7,8 juta berdasarkan laporan We are Society Februari 2022. Angka tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan angka yang dilaporkan pada tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19, yang hanya sebesar 1,5 juta.

Kalau begitu, apa saja ya ketiga faktor yang memengaruhi pertumbuhan pasar IoT lewat produk smart home di Indonesia? Jawabannya bisa Anda temukan di dalam penjelasan berikut ini. Selamat membaca!

pertumbuhan pasar IoT di Indonesia

Harga – pertumbuhan pasar IoT di Indonesia

Faktor pertama yang dimaksud di sini adalah harga. Hal ini dikarenakan masyarakat di Tanah Air yang sensitif dengan harga berbagai produk yang akan mereka gunakan, termasuk produk smart home. Oleh karena itu, masyarakat pasti akan melakukan perbandingan harga antar produk maupun antar platform penjualan atau pemasaran produk.

Contohnya tentu saja bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, atau bahkan Anda lakukan sendiri nyaris setiap hari. Misalnya ketika Anda belanja bulanan di swalayan, Anda akan membandingkan harga dua produk serupa atau lebih. Atau ketika Anda belanja online, Anda akan bandingkan harga produk yang sama persis dan dari brand yang sama di beberapa website marketplace yang berbeda.

Hal yang sama pun terjadi ketika masyarakat Indonesia hendak membeli dan menggunakan produk smart home. Mereka akan membandingkan harga produk serupa dari brand yang berbeda, atau produk dari brand yang sama di beberapa toko. Tujuannya tentu saja untuk menemukan pilihan yang lebih terjangkau, apalagi jika biaya memang jadi concern utama.

Kualitas Produk Smart Home

Pertimbangan kedua adalah kualitas produk. Kualitas di sini lebih mengarah pada fitur-fitur apa saja yang disertakan di dalam produk smart home dan relevansinya dalam mendukung kebutuhan pengguna serta mempermudah hidup sehari-hari.

Biasanya, faktor harga dan kualitas ini berbanding lurus. Artinya, produk berkualitas tinggi akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Oleh karena itulah masyarakat tidak selalu terpaku pada faktor harga saja, karena yang mereka cari adalah produk dengan kualitas dan fitur yang kaya, namun dengan harga yang relatif terjangkau untuk spesifikasi yang sama.

pertumbuhan pasar IoT di Indonesia

Layanan After Sales

Faktor ketiga yang dinilai memengaruhi pertumbuhan IoT di Tanah Air. Tepatnya dalam ruang lingkup rumah tangga — adalah layanan after sales alias purna jual. Teguh berpendapat bahwa perangkat IoT secara umum idealnya harus memiliki kedekatan dengan para pelanggannya. Hal tersebut sejalan dengan fungsi produk smart home dan teknologi IoT dalam memberikan solusi dan kemudahan dalam beraktivitas sepanjang hari.

Oleh karena itu, harga dan produk yang baik saja tidak cukup apabila tidak diimbangi dengan layanan customer service (CS) yang suportif, solutif, dan ramah. Karena apabila layanan CS-nya sendiri tidak bisa mempermudah pelanggan. Citra tersebut juga akan ikut terbawa dan melekat kepada produk yang digunakan. Akibatnya, pelanggan tidak akan kembali membeli produk dari brand dan memilih kompetitor, atau malah kapok tidak ingin menggunakan produk smart home berbasis IoT lagi.

Seperti yang sudah ditunjukkan lewat data mengenai pertumbuhan pasar IoT Indonesia di atas. Bisa Anda simpulkan bahwa potensi pasar IoT melalui produk smart home begitu menjanjikan di masa depan. Dan hal tersebut juga menunjukkan bahwa teknologi IoT memang benar bisa diimplementasikan ke dalam berbagai sektor dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga penggunaannya tak hanya eksklusif untuk kebutuhan bisnis dan industri saja.

Untuk bisnis dan industri sendiri, Anda bisa manfaatkan layanan IoT maupun cloud computing yang disesuaikan dengan skala dan kebutuhan usaha Anda. Hal ini bisa dilakukan oleh DimensiCloud sebagai penyedia solusi cloud computing yang aman dan andal. Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanannya, Anda bisa langsung klik dimensicloud.id sekarang juga!

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024