Marak Kebocoran Data, Inilah Pentingnya Cyber Security Untuk Keamanan Situs Anda

Pentingnya Cyber Security

Belajar dari kasus kebocoran data yang marak terjadi belakangan ini, cyber security menjadi hal wajib di era digital untuk melindungi data-data penting yang Anda miliki, baik data personal maupun perusahaan. Peran cyber security amatlah krusial mengingat kejahatan cyber dapat terjadi kapan pun dan berpotensi menimbulkan kerugian. Lalu, apa saja manfaat dari kerja sama cyber security?

Mengenal Elemen Cyber Security

Sebelum membahas lebih jauh mengenai keamanan digital pada penerapan cloud computing, Anda perlu tahu elemen apa saja yang termasuk di dalamnya. 

1. Application Security

Elemen pertama adalah application security yang berfungsi meningkatkan fitur keamanan pada aplikasi. Application security memberikan perlindungan untuk aplikasi berbasis web dari serangan cyber yang dapat menimbulkan kerugian berupa pencurian data. Ancaman cyberattack yang biasanya terjadi pada software adalah pada input validation, manajemen sesi, enkripsi, dan otorisasi.

2. Network Security

Network security pada layanan cloud computing bertujuan untuk mencegah dan melindungi akses yang tidak sah ke dalam jaringan komputer Anda. Elemen ini juga bertujuan mencegah dan memantau penyalahgunaan jaringan maupun modifikasi jaringan pada komputer Anda. 

Network security sendiri mencakup pada hardware dan software. Beberapa metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan jaringan adalah dengan menggunakan software antivirus, email security, wireless security, dan lain sebagainya.

Cyber Security

3. Cloud Security

Elemen yang berikutnya adalah cloud security, yakni tindakan melindungi keamanan data yang disimpan di cloud. Umumnya, ancaman yang terjadi berupa pembajakan traffic layanan dan pencurian data. Bagi penyedia layanan cloud, elemen ini amatlah penting karena keamanan data pelanggan yang dipertaruhkan.

4. Information Security

Information security mengaju pada metode pencegahan akses ilegal, modifikasi, gangguan, penggunaan, ataupun penghancuran informasi yang tidak sah. Biasanya, informasi yang ditargetkan oleh pelaku kejahatan cyber adalah informasi pribadi, data rekening bank, detail jaringan, media sosial, email, dan lain sebagainya.

5. Operational Security

Elemen yang satu ini merupakan manajemen risiko untuk melindungi data yang rentan disalahgunakan. Untuk memastikan data Anda aman, elemen ini akan mengidentifikasi informasi yang penting dan mengembangkan mekanisme perlindungan.

6. End-user Education

Salah satu elemen paling penting dalam cyber security adalah end-user education. Terjadinya pencurian data biasanya dikarenakan kurangnya kesadaran dan kebijakan terhadap keamanan, terutama pada pengguna internet yang kurang memiliki edukasi. Terjadinya kejahatan cyber melalui end-user umumnya melalui penggunaan media sosial, pengunduhan aplikasi, penggunaan email, serta pembuatan dan penggunaan kata sandi.

Manfaat Kerja Sama Cyber Security Bagi Bisnis

Setelah mengulas tentang elemen cyber security, saatnya membahas manfaat dari keamanan digital itu sendiri. Fungsi dari cyber security tidak hanya mengamankan data-data penting di perusahaan Anda. Berikut ini beberapa manfaat dari keamanan digital yang perlu Anda ketahui.

Cyber Security

1. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Reputasi harus senantiasa dijaga jika Anda tidak ingin kehilangan klien. Salah satu upaya meningkatkan dan menjaga reputasi adalah dengan menerapkan keamanan sistem. Pastikan website Anda memiliki sistem keamanan yang memadai, sehingga data-data penting perusahaan dan klien tidak dapat diakses oleh orang luar. Jika kebocoran data sampai terjadi, reputasi akan menurun dan Anda harus menerima kerugian yang cukup besar.

2. Manajemen Data Jadi Meningkat

Sudah seharusnya data perusahaan Anda disimpan dengan aman. Sebab kebocoran data sekecil apa pun itu akan berdampak besar bagi perusahaan, baik dari segi finansial maupun non-finansial. Untuk meningkatkan keamanan data, tentunya Anda perlu menerapkan metode cyber security yang tepat. Selain meningkatkannya manajemen data, penerapan cyber security dan cloud computing membuat keamanan website Anda lebih terjamin. 

Di era digital seperti sekarang, peluang terjadinya serangan cyber makin besar. Sebab itulah, Anda harus lebih aware dengan keamanan data perusahaan maupun data pribadi. Untuk lingkup perusahaan, Anda dapat melakukan kerja sama cyber security dengan penerapan cloud computing yang diimbangi dengan penguatan keamanan digital. Salah satu layanan cloud yang siap membantu memperkuat keamanan digital situs Anda adalah DimensiCloud.

DimensiCloud mendukung berbagai level bisnis yang membutuhkan traffic tinggi dengan keamanan yang terjamin. Dengan pemanfaatan Artificial Intelligent dan manajemen cloud yang tepat, website Anda akan memiliki performa yang optimal.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024