Mengenal Apa Itu Chat GPT : Pengertian dan Cara Menggunakannya

Apa itu Chat GPT

Dalam kehidupan sehari – hari, tentu saja kita pernah atau bahkan mungkin sering mendengar sebuah istilah yang bernama Chat GPT satu ini, bukan? Ya, istilah ChatGPT satu ini diklaim menjadi salah satu fitur teknologi khusus yang berbasis teknologi kecerdasan buatan manusia atau populer dengan nama Artificial Intelligence (AI) yang sangat membantu kegiatan sehari – hari manusia. Yang mana, teknologi tersebut diklaim dapat membantu menyelesaikan berbagai tugas sehari – hari para pengguna. Adapun bagi Anda di rumah yang mungkin saja masih begitu penasaran akan informasi seputar apa itu Chat GPT dan bagaimana tata cara penggunaannya dalam menyelesaikan berbagai tugas sehari – hari, yuk simak informasi lebih detailnya di artikel berikut ini. 

Sekilas pengertian tentang teknologi kecerdasan buatan Chat GPT

Banyaknya kalangan masyarakat yang membicarakan mengenai Chat GPT, tentu saja membuat tak sedikit orang akhirnya merasa penasaran mengenai apa itu Chat GPT. Dalam hal ini dikatakan bahwa Chat GPT sendiri merupakan suatu robot / chatbot yang diciptakan dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan manusia untuk bisa saling berinteraksi dengan pengguna dalam memberikan respons jawaban sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Jika dilihat secara keseluruhan, terjadinya interaksi yang dilakukan antara pengguna dan teknologi Chat GPT satu ini akan sangat natural selayaknya antar manusia pada umumnya. 

Ketika Anda mengajak bicara pada robot dengan kecerdasan buatan tersebut, maka akan terlihat seperti berbicara dengan manusia pada umumnya. Hal ini dikarenakan, teknologi ChatGPT yang menawarkan fitur chatbot satu ini nantinya akan merespons jawaban yang jika didengar akan seperti ketika berbicara dengan manusia sesungguhnya. Yang mana untuk hasil respons jawaban dari teknologi robot kecerdasan buatan satu ini yakni berbentuk sebuah teks secara otomatis. 

Lebih lanjut mengenai apa itu Chat GPT, teknologi satu ini turut dikembangkan oleh OpenAI. Yang mana, pihak pengembang tersebut berasal dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat yang sudah menjadi fokus banyak pecinta teknologi yang bermunculan seperti sekarang ini. Diketahui rilis pada bulan November tahun 2022 lalu, teknologi kecerdasan buatan bernama Chat GPT satu ini ternyata sudah memperoleh posisi tersendiri di berbagai perusahaan industri teknologi dan internet di pasaran. Sehingga, tidak mengherankan jika teknologi Chat GPT satu ini berhasil menarik atensi kalangan masyarakat untuk menggunakannya dalam berbagai kegiatan sehari – hari.   

Bagaimana tata cara penggunaan teknologi Chat GPT?

Setelah tadi kita sudah mengulas sedikit informasi mengenai apa itu Chat GPT, Anda sendiri tentunya penasaran bukan mengenai tata cara dalam menggunakan teknologi tersebut? Pada dasarnya, menggunakan teknologi Chat GPT satu ini terbilang mudah dilakukan di berbagai perangkat. Baik itu dengan menggunakan perangkat mobile ataupun desktop dengan dukungan koneksi jaringan internet yang stabil. Adapun untuk penggunaan teknologi Chat GPT secara umum, Anda bisa melihat tata caranya berikut ini.

  • Langkah pertama, Anda hanya perlu mengakses situs resmi dari Chat GPT tersebut yang banyak ditawarkan di internet cukup dengan menggunakan perangkat mobile ataupun perangkat desktop yang Anda miliki.
  • Setelah itu, lakukan proses Daftar untuk memulai pembuatan akun pengguna dengan cara cukup memilih opsi menu “Create an OpeanAi account” yang tersedia di dalamnya.
  • Nantinya, Anda dapat dengan mudah memilih opsi apakah ingin melakukan proses registrasi dengan menggunakan alamat email Google yang masih aktif, akun khusus untuk pengguna Microsoft ataupun bisa juga dengan menggunakan akun Google yang dimiliki.
  • Jika sudah, maka pihak dari teknologi OpenAI nantinya akan langsung mengirimkan adanya kode khusus verifikasi lewat nomor telepon ataupun WhatsApp yang Anda kirimkan saat proses pendaftaran dilakukan.
  • Apabila kode yang dikirimkan sudah Anda masukkan dengan benar, maka Anda nantinya akan langsung diarahkan ke bagian tampilan dashboard platform dari Chat GPT tersebut.
  • Terakhir, Anda tinggal memasukkan perintah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan ke teknologi ChatGPT tersebut dengan pilihan bahasa tertentu, contohnya seperti bahasa Inggris. Dengan demikian, maka nantinya teknologi kecerdasan buatan tersebut akan langsung memberikan jawaban secara cepat dalam waktu beberapa detik saja.

Itulah tadi pembahasan yang sangat bermanfaat bagi Anda seputar apa itu Chat GPT dan bagaimana tata cara dalam menggunakan teknologi kecerdasan tersebut.

Dapatkan Layanan Cloud Terbaik dari DimensiCloud!

Setelah Mengetahui Keunggulan ChatGPT, Saatnya Beralih ke Solusi Cloud Terbaik dari DimensiCloud!

Anda pasti terkesan dengan teknologi ChatGPT yang memungkinkan komunikasi & interaksi yang lebih cerdas. Sekarang, bayangkan apabila aplikasi atau website Anda didukung oleh layanan cloud service terintegrasi dari DimensiCloud!

DimensiCloud, solusi terbaik bagi bisnis yang tumbuh di era digital. Menggabungkan kecepatan, efisiensi, dan dukungan handal untuk mengoptimalkan operasional aplikasi atau website Anda.

Jangan tunda lagi! Tingkatkan aplikasi atau website Anda sekarang dengan beralih ke layanan cloud service unggulan dari DimensiCloud.

Kunjungi DimensiCloud dan temukan solusi sempurna untuk aplikasi & website Anda!

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024