Mengenal Fakta Penting Menggunakan Object Storage untuk Cloud Anda, Berkualitas dan Aman

Object Storage untuk Cloud

Era digital membuat perkembangan teknologi semakin cepat, praktis, dan fleksibel bagi penggunanya. Sehingga, sangat penting menggunakan Object Storage untuk Cloud Anda agar lebih aman dalam menyimpan data-data yang penting. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai object storage jangan lupa simak informasi dibawah ini ya.

Definisi dari Object Storage

Object Storage dapat didefinisikan sebagai salah satu tempat penyimpanan file maupun data yang dilengkapi oleh teknologi canggih untuk mengelola data dengan baik. Hal penting menggunakan Object Storage untuk Cloud Anda salah satunya adalah mampu menyimpan data dalam bentuk gambar, video, file statis, dan dokumen dengan kapasitas yang besar. 

Object Storage banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan terbesar yang ada di dunia. Mulai dari Amazon serta Google yang populer di dunia ini. Object Storage merupakan penyimpanan dengan skala exabytes, dimana Anda bisa melakukan penyimpanan beraneka ragam data maupun ukuran pada lokasi yang sama. 

Bentuk Layanan Object Storage

Object Storage yang mempunyai kapasitas penyimpanan besar dan tidak terbatas ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai layanan. Seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan lain-lain. Hal ini penting menggunakan Object Storage untuk Cloud Anda karena pengguna media sosial dapat melakukan penyimpanan melalui Object Storage tersebut.

Adapun bentuk layanan dari Object Storage yaitu Google Drive dan iCloud. Layanan Google Drive bisa Anda akses melalui laptop, PC, dan smartphone. Layanan Google Drive tersebut 

Penting Menggunakan Object Storage untuk Cloud Anda karena mempunyai fungsi untuk menyimpan berbagai data pada server Google secara aman. Layanan Object Storage berikutnya yaitu iCloud. Layanan tersebut terdapat pada produk Apple yaitu IOS dan device Mac. Melalui iCloud Anda bisa menyimpan notes, foto, kalender, bookmarks, kontak, dan lain sebagainya. Hal ini membuat Anda sebagai pengguna server online Apple merasa aman untuk menyimpan semua data yang penting.

Alasan Pentingnya Menggunakan Object Storage untuk Cloud

1. Bebas Simpan atau Arsip Data

Manfaat yang pertama adalah untuk melakukan penyimpanan atau pengarsipan data maupun file. Anda bebas menyimpan semua data terutama data statis di Object Storage Cloud ini. 

2. Menangani Data Tidak Terstruktur

Manfaat yang kedua yaitu mempunyai layanan yang bisa menangani data yang tidak terstruktur dengan baik dalam skala yang besar. Mulai dari Internet of Things atau IoT, Artificial Intelligence atau AI, Big Data Analytics, dan Machine Learning atau ML. 

3. Support Penyimpanan Data Multimedia

Manfaat yang ketiga adalah untuk menyimpan data multimedia yang berupa gambar, audio, video, dan lain-lain. Selain itu, bisa juga untuk layanan music streaming maupun video streaming.

Fungsi dari Object Storage

1. Tempat Arsip Berbagai Jenis Data

Fungsi penting yang pertama adalah sebagai tempat untuk mengarsipkan berbagai jenis data. Seperti mengarsipkan email, dokumen penting dari perusahaan serta klien, dan data pengembangan web serta aplikasi. 

2. Support Penyimpanan File Data yang Tidak Terstruktur

Fungsi penting yang kedua yaitu banyak digunakan untuk melakukan penyimpanan pada file data yang tidak terstruktur. Contohnya seperti image, video, dokumen, file statis web maupun aplikasi, dan lain-lain. Namun, semua bisa diatasi dengan baik menggunakan Object Storage untuk penyimpanan dan merapikan data dalam jangka panjang. 

3. Backup Data

Fungsi penting yang ketiga adalah melakukan disaster recovery atau backup data. Object Storage dapat menyalin data penting yang Anda miliki atau data perusahaan apabila data tersebut hilang, rusak, atau mengalami gangguan atau serangan dunia maya. 

Keistimewaan dari Object Storage

1. Optimalisasi Nilai Data

Mengapa Penting Menggunakan Object Storage untuk Cloud Anda? Karena, Object Storage mempunyai beberapa kelebihan. Object Storage bisa melakukan optimalisasi terhadap nilai data sehingga menjadi aset penting untuk perusahaan yang bisa diakses kapan saja.

2. Hemat Biaya Server

Keistimewaan yang kedua yaitu karena bisa melakukan penghematan dalam mengeluarkan biaya server. Biaya yang Anda keluarkan akan lebih sedikit jika menggunakan Object Storage sebagai penyimpanan data. 

3. Skalabilitas Tinggi dan Tidak Terbatas

Keistimewaan lainnya yaitu mempunyai skalabilitas yang tinggi dan tidak terbatas. Dengan demikian, dapat menyimpan jumlah data dalam jumlah yang banyak dan tidak terbatas. Anda juga bisa menambah kapasitas penyimpanan di Object Storage Cloud tersebut kapan saja.

Jika ingin mendapatkan manfaat dari penting menggunakan Object Storage untuk Cloud Anda, bisa mengunjungi DimensiCloud. Ada banyak sekali informasi penting di sana dan Anda juga bisa berkonsultasi dengan pihak DimensiCloud terkait dengan Object Storage Cloud. DimensiCloud menyediakan harga yang terjangkau dan pelayanan yang terbaik untuk Anda.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024