Pasar Cloud Computing Indonesia Bisa Tembus US$ 933 Juta pada 2023, Seperti Apa Pertumbuhannya?

Pasar Cloud Computing

Berdasarkan International Data Corporation (IDC), pasar cloud computing Indonesia bisa tembus US$ 933 juta tahun 2023. Perusahaan yang bergerak di bidang riset pasar global ini menyebutkan jumlah tersebut termasuk pertumbuhan sebesar 25% saat dibandingkan pencapaian 2022 yang menembus USD747,15 juta.

Pertumbuhan Pasar Cloud Computing di Indonesia

Nabila Jasmine, Associate Market Analyst dari IDC Indonesia, mengungkapkan bahwa pasar cloud Indonesia berpotensi menyentuh USD1,38 miliar pada 2025 mendatang. Hal ini berarti kenaikan 20,5% dari tahun sebelumnya (growth yoy).

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi prediksi pasar cloud computing Indonesia bisa tembus US$ 933 juta tahun 2023. Di antaranya prioritas bisnis yang terfokus pada akselerasi digital. Caranya adalah dengan mengoptimalkan cloud dalam mencapai efisiensi kegiatan, business agility, hingga memberikan pengalaman pelanggan lebih baik. Dengan begitu, pelaku bisnis akan memperoleh peningkatan profitabilitas.

Nabila menambahkan, dukungan pemerintah dalam pembuatan regulasi juga diperlukan. Terutama pada adopsi teknologi informasi yang telah mendorong pertumbuhan organisasi, mencakup sektor yang bertugas mengelola data yang sifatnya sensitif seperti perbankan. Regulasi pemerintah pun berpotensi meningkatkan kredibilitas untuk penyimpanan dan pengelolaan melalui cloud computing.

Kemudian, menurut survei dari Cloud AP IDC melaporkan, total pasar layanan cloud di Indonesia yang akan menembus USD1,3 miliar pada 2025 mempunyai tingkat pertumbuhan gabungan atau CAGR sebesar 28,1%.

Indonesia sebagai Penggerak Pasar Cloud Computing ASEAN

Laporan seputar pasar cloud computing Indonesia bisa tembus US$ 933 juta tahun 2023 pun menjadi bukti potensi besar yang dimiliki negara. Prapussorn Pechkaew selaku Research Manager dari IDC Thailand menjelaskan, Indonesia termasuk salah satu penggerak menjanjikan di pasar cloud computing untuk kawasan Asia Tenggara.

Penggerak yang dimaksud adalah pihak yang mampu menyediakan infrastruktur modern, pilihan bervariasi untuk pusat data, hingga kemampuan dalam pengembangan internal. Selain itu, Indonesia juga dianggap menunjukkan sektor ekonomi digital yang baik.

Fakta bahwa pasar cloud computing Indonesia bisa tembus US$ 933 juta tahun 2023 tak terlepas pula dari kebijakan dan inisiatif pemerintah. Tindakan tersebut menjadi pendorong penting yang akan mengoptimalkan pergerakan pasar cloud. Dengan begitu, ekonomi digital yang menjadi perhatian utama dalam beberapa tahun terakhir dapat menghasilkan inovasi yang menjanjikan.

Prapussorn menambahkan, salah satu contoh inisiatif yang dinilai membantu kemajuan pasar cloud computing adalah dibangunnya Pusat Data Nasional melalui Kemenkominfo. Tujuan didirikannya fasilitas tersebut adalah sebagai layanan pendukung pemerintah serta tata kelola data yang berada di sektor publik.

Kemudian, Pusat Data Nasional juga diharapkan dapat merangsang pertumbuhan operasi data yang aman dan efisien. Dengan begitu, data-data dari pemerintah pusat maupun daerah dapat Anda konsolidasikan untuk berbagai kepentingan. Tak terkecuali perumusan kebijakan berbasis data.

Potensi Indonesia untuk Memajukan Cloud Computing

Bukan hal mengejutkan pasar cloud computing Indonesia bisa tembus US$ 933 juta tahun 2023. Sejak beberapa tahun lalu, Indonesia memang disebut-sebut punya potensi bagus untuk memajukan teknologi tersebut. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan pengembangan perangkat elektronik, tak menutup kemungkinan cloud computing akan semakin diprioritaskan.

Hal ini berhubungan juga dengan revolusi industri dan transformasi digital yang terus digaungkan pemerintah. Cloud computing dianggap mampu bersaing hingga dijadikan solusi inovatif, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis.

Sebelum laporan pasar cloud computing Indonesia bisa tembus US$ 933 juta tahun 2023 keluar, sebenarnya sudah terlihat peningkatan signifikan. Dalam jangka waktu lima tahun terakhir, teknologi tersebut mengalami peningkatan sampai 48%. Angka tersebut pun melampaui peningkatan tahunan secara global di dunia. Pesatnya kemajuan cloud computing juga dianggap membantu pebisnis lokal untuk mengenalkan produk mereka.

Belum terlambat bagi Anda untuk menggunakan cloud computing. Pemula dapat mengandalkan penyedia jasa profesional seperti DimensiCloud. Bersama mereka, Anda akan mendapatkan sejumlah layanan cloud computing yang mendukung berbagai spesifikasi. Selain itu, Anda bisa melakukan kustomisasi untuk memudahkan penggunanya.

Jika ingin merasakan pengoperasian cloud computing yang mudah dan aman, kunjungi website DimensiCloud untuk mengetahui paket yang tersedia dan bagaimana Anda mendapatkan layanan sesuai kebutuhan.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024