Pemanfaatan Potensi Cloud Computing Di Indonesia Masih Kecil

Pemanfaatan Potensi Cloud Computing

Jika dilihat secara teori, potensi Cloud Computing sangat besar di berbagai Industri. Selama memanfaatkan data dan internet, semua perusahaan pasti lebih efisien menggunakan sistem komputasi awan ini. Sayangnya, jika melihat Indonesia, banyak pihak kurang memanfaatkan teknologi ini. Mengapa penggunaanya tidak populer?

Keterbatasan Pengetahuan Membuat Penggunaan Masih Rendah

Hal yang membuat sistem cloud terhambat di Indonesia adalah pengetahuan. Jika para UKM dan startup mulai memandang keperluan sistem operasi tinggi di era digital, mereka pasti belajar soal komputasi awan. Sayangnya, banyak yang meremehkan keperluan komputasi tinggi dan hanya bayar server data dan layanan website saja.

Untuk organisasi pemerintah, bisnis dan bahkan keperluan pribadi, komputasi awan sudah tersedia banyak. Paket – paketnya bahkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sayangnya, orang tidak tahu dan tidak mau belajar lebih seputar sistem komputasi yang satu ini.

Potensi Cloud Computing

Berbagai Potensi Cloud Computing di Indonesia

Jika melihat dari sisi potensi Cloud Computing, Anda bisa melihat banyak aplikasi yang sudah berjalan. Contoh saja platform toko seperti Amazon memerlukan komputasi yang tinggi mengingat banyaknya data penjual dan pembeli yang bergerak tiap detiknya.

Untuk mencatat semua kegiatan transaksi, tentu menggunakan kemampuan komputer biasa tidak cukup. Akhirnya penggunaan beberapa super komputer digunakan. Untuk lebih efisien, super komputer dapat dijadikan pada satu tempat dan kekuatannya diakses berbagai device di kantor Amazon seluruh dunia.

Akses kemampuan komputasi besar ini, jauh lebih MUDAH bila menggunakan sistem komputasi awan yang di desain khusus. Nah, sekarang coba Anda bayangkan praktek penggunaan seperti ini untuk berbagai keperluan bisnis di Indonesia.

Contoh sederhana saja perusahaan asuransi di Indonesia. Di era digital ini, pengurusan asuransi jauh lebih cepat secara digital. Mulai dari proses daftar, transaksi pembayaran tanggungan bulanan sampai claim, sangat mudah jika lewat website. Namun, agar lebih lancar, kemampuan komputasi harus tinggi untuk proses data semua pemegang premi. Situasi ini perlu sistem komputasi awan.

Tantangan Penggunaan Cloud Computing di Indonesia

Walaupun banyak keuntungan dan manfaat dapat dinikmati memakai komputasi awan di Indonesia, tantangan tentu ada. Banyak para ahli teknologi memandang tantangan ini sebagai penghambat penyebaran penggunaan computing awan. Namun di sisi lain, tantangan ini tidak terlalu berat dihadapi.

Tantangan pertama adalah kualitas Internet Indonesia yang masih buruk. Jika Anda tidak membuat deal khusus dengan ISP tertentu, kecepatan tinggi internet tidak akan dapat dinikmati. Hal ini terlebih jika Anda berada di luar Pulau Jawa.

Jadi tidak aneh jika bisnis – bisnis di luar Jawa, masih sering terhambat dari segi IT karena halangan kualitas internet bagus. Bayangkan Anda ingin buka perusahaan di area Maluku. Di provinsi dengan bentuk kepulauan ini, layanan internet ada tapi tidak semaksimal daerah Jakarta, Yogyakarta, Bali atau bahkan Manado.

DIMENSI CLOUD 14

Hanya perusahaan besar yang mendapatkan layanan khusus dengan kontrak saja yang dapat menikmati internet cepat. Hal ini dapat terlihat dari perusahaan internasional seperti PT Freeport yang tetap nikmati kecepatan internet khusus walaupun area Papua tergolong kurang berkembang dibandingkan daerah seperti Pulau Jawa.

Tantangan berikutnya adalah pengetahuan seputar Cyber Security yang masih rendah di Indonesia. Hal ini sudah jelas terbukti dengan banyak kasus kebocoran data di Indonesia. Bahkan badan pemerintahan saja, sempat bocor data peserta BPJS. Jika pemerintah saja bocor, apalagi perusahaan yang dibuat oleh masyarakat umum?

Akses komputasi awan memang di desain agar ketat dan AMAN. Namun, keamanan ini hanya dapat dijamin dengan melakukan prosedur akses sesuai protocol. Banyak orang di Indonesia sering lengah dalam jaga privasi.

Hal seperti menghapus history, check cookies dan bahkan rutin maintenance malware sangat jarang dilakukan. Kebiasaan inilah yang nantinya memudahkan kebocoran data walaupun sudah pakai komputasi awan.

Karena pandangan data bisa tetap bocor setelah bayar layanan komputasi malware mahal akhirnya bermunculan. Padalahan, masalah keamanan ini karena orang Indonesia banyak lengkah dan tidak belajar seputar Cyber Security.

Buka Potensi Lebih Baik dengan Cloud Computing

Sekarang Anda sudah tahu mengapa pemanfaatan potensi Cloud Computing sangat sayang jika tidak ditingkatkan di Indonesia. Bagi Anda yang ingin coba sistem komputasi awan ini, ada baiknya coba hubungi layanan dimensicloud.id. Penyedia jasa ini dapat menjadi partner penyedia sistem komputasi awan yang baik.

Tidak sajar dari paket harga tapi juga layanan, Anda akan lebih puas. Masih jarang layanan komputasi awan yang terjangkau tapi memberi layanan maksimal. Jadi Anda pastikan coba pesan di DimensiCloud agar lebih lancar memanfaatkan komputasi awan ini.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024