Semakin Maju, Penerapan Cloud Computing di Industri Sudah Dijumpai Di 5 Bidang Ini!

Penerapan Cloud Computing di Industri

Semakin umumnya pemanfaatan cloud computing di berbagai sektor dan bidang membuktikan bahwa teknologi ini membantu kegiatan mereka, terutama penyimpanan data. Dengan penerapan cloud computing di industri yang tepat, Anda pun dapat memindahkan data berkapasitas besar sekaligus memproteksinya supaya tak mudah diakses sembarangan.

Anda yang belum beralih ke cloud computing perlu mempertimbangkan sejumlah keunggulan yang ditawarkan. Beberapa diantaranya adalah menghemat biaya infrastruktur, pengelolaan yang akan ditanggung penyedia layanan, hingga pemanfaatan teknologi terbaru. Memang ada kekurangan yang akan dirasakan juga dari penerapan cloud computing, tetapi kalau sudah tahu solusinya, Anda pasti tak bakal menghadapi berbagai kendala.

Lalu, seperti apa penerapan cloud computing di industri yang sudah umum dijumpai? Simak selengkapnya dalam informasi berikut!

Penerapan Cloud Computing di Industri

Berbagai jenis penerapan cloud computing

Pada mulanya, sistem cloud hanya digunakan di bidang-bidang yang berkaitan dengan teknologi. Namun, kemajuan yang kian pesat memungkinkan penerapan cloud computing dilakukan di bidang lain seperti:

1) Kesehatan

Di bidang kesehatan, cloud computing umum diaplikasikan pada alat-alat kedokteran. Misalnya telemedicine yang memudahkan penggunaan alat komunikasi jarak jauh, terutama di antara tenaga medis dengan pasien.

Aplikasi cloud computing dapat digunakan sebagai perantara transfer data medis agar dapat dikirim dan diterima dengan cepat. Alat-alat lain di bidang kesehatan yang dapat mengandalkan teknologi ini adalah Teleradiology dan Electronic Health Records.

2) Pendidikan 

Penerapan cloud computing juga tak asing lagi di bidang pendidikan. Hal ini terlihat dari pemakaian aplikasi-aplikasi seperti Zoom, Google Classroom, hingga Google Video for Education yang semakin populer di masa pandemi.

Keberadaan cloud computing di bidang pendidikan dinilai membantu tenaga pengajar dan murid, terutama untuk mengakses materi dalam pembelajaran jarak jauh. Apalagi generasi muda sudah akrab dengan gadget sejak masih kecil.

3. Teknologi finansial

Salah satu bukti nyata penerapan cloud computing yang terlihat adalah dalam bidang teknologi finansial. Industri fintech semakin dimudahkan untuk mengawasi transaksi yang berlangsung setiap hari yang trafiknya terus bertambah.

Di sisi lain, Anda juga harus berhati-hati saat memakai aplikasi fintech yang sudah dilengkapi cloud computing. Pastikan platform yang Anda pilih sudah dilengkapi layanan-layanan seperti fitur anti-virus dan malware hingga Disaster Recovery as a Service sebagai proteksi data.

Penerapan Cloud Computing di Industri

4) Telekomunikasi 

Selain teknologi finansial, telekomunikasi menjadi bidang lainnya yang tak asing dengan penerapan cloud computing. Contohnya juga sangat beragam, dari Google Cloud, AWS, hingga penyedia dedicated server yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penggunaan cloud computing di bidang telekomunikasi yang semakin masif menjadi salah satu tanda percepatan digitalisasi yang bagus di Indonesia. Jika dioptimalkan dengan baik, Anda tak akan lagi kesulitan berkomunikasi atau menyimpan data secara online.

5. Pemerintahan 

Satu lagi bidang yang mulai memanfaatkan penerapan cloud computing adalah pemerintahan. Indonesia memang belum maksimal dalam memakai teknologi ini, tetapi pemerintah terus berupaya menggunakan cloud computing di berbagai sektor.

Salah satu bidang pemerintahan yang tergantung pada cloud computing adalah BMKG. Pada aplikasi yang mereka kembangkan, terdapat aneka fitur yang difungsikan untuk memantau cuaca, citra satelit, dan lain sebagainya.

Tips mengoptimalkan penerapan cloud computing

Sebelum memulai penerapan cloud computing sesuai bidang dan kebutuhan, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan:

  • Pantai secara ketat. Meski cloud computing menawarkan kepraktisan dan perlindungan data yang baik, Anda tetap perlu memantau penggunaannya minimal sekali seminggu atau setiap hari pada workload yang dinamis;
  • Maksimalkan automation. Pada penerapan cloud computing yang besar, Anda akan melibatkan multi-cloud provider. Dalam hal ini, lakukan automation yang membantu Anda untuk mengoptimasi dan memantau sistem cloud secara berkala;
  • Pakai pendekatan sistematis. Selain pendekatan teknis, efektivitas pemakaian cloud sebaiknya memakai pendekatan sistematis juga. Anda bisa menggunakan framework dengan menerapkan lima langkah, yakni plan, track, reduce, optimize, serta mature.

Kalau Anda membutuhkan penerapan cloud computing yang aman dan mudah, DimensiCloud siap menjadi partner Anda dalam mengaplikasikannya. Bukan hanya menyediakan infrastruktur memadai, kami juga menghadirkan berbagai layanan yang pemakaiannya mudah Anda operasikan.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024