Pengertian Cloud Computing Dan Kelebihannya Yang Ditawarkan Bagi Penggunanya

pengertian Cloud Computing dan kelebihannya

Pada pembahasan kali ini kita akan mengupas tentang pengertian Cloud Computing dan kelebihannya. Hidup di zaman serba modern seperti sekarang ini, membuat teknologi komputasi seperti cloud computing ini perlu dimanfaatkan untuk semua kalangan. Baik itu secara individu maupun untuk kepentingan bisnis. Hal ini dikarenakan, layanan cloud computing ini hadir dengan menawarkan banyak sekali kelebihan bagi para penggunanya. Bagi Anda yang mungkin ingin tahu lebih dulu mengenai pengertian cloud computing dan berbagai kelebihan yang ditawarkan sebelum menggunakannya, maka bisa menyimak informasi lengkapnya di artikel berikut ini.

Mengenal pengertian tentang cloud computing

Secara umum, layanan cloud computing / komputasi awan dikenal sebagai salah satu kemajuan dari hardware, teknologi internet, distributed computing dan manajemen sistem. Jadi, dengan cloud computing ini bisa melakukan pekerjaan layaknya  ketika Anda mengoperasikan komputer diantaranya melakukan penyimpanan, pengaksesan serta mengolah file – file secara gampang. Berbeda dengan komputer, pada penggunaan layanan cloud computing ini pengguna bisa mengakses server dimana saja dan kapan saja selama terkoneksi dengan internet.

Konsep komputasi awan ini sendiri sekarang banyak sekali digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari – hari pengguna, khususnya dalam melakukan pekerjaan secara online. Contoh cloud computing yang umum digunakan adalah layanan penyimpanan file seperti halnya berbagai macam layanan yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna menyelesaikan pekerjaannya. Kedua layanan tersebut memungkinkan untuk pengguna agar dapat melakukan penyimpanan dan membuka file data informasi dengan gampang cukup dengan memanfaatkan internet saja.

Bukan hanya itu saja, penggunaan cloud computing ini juga banyak digunakan oleh perusahaan dan organisasi untuk kebutuhan internal. Sebagai contoh yakni untuk menyimpan dan mengolah data perusahaan yang biasanya mengandalkan sebuah data center. Baik itu dikelola secara mandiri maupun dengan menyewa dari layanan pihak ketiga.

pengertian Cloud Computing dan kelebihannya

Apa saja kelebihan yang ditawarkan cloud computing?

Jika Anda sudah paham dan mengerti mengenai pengertian cloud computing di atas, maka kini saatnya mengetahui mengenai apa saja kelebihan yang ditawarkan layanan cloud computing ini bagi pengguna. Umumnya, layanan cloud computing ini hadir dengan menawarkan banyak kelebihan di antaranya sebagai berikut :

1. Lebih hemat penggunaan biaya, ruang dan waktu

Salah satu kelebihan utama yang ditawarkan dari penggunaan cloud computing yakni lebih hemat penggunaan biaya, ruang dan waktu. Jika dilihat dari segi biaya, Anda tidak perlu lagi harus membeli semua komponen infrastruktur lantaran bisa membayar biaya bulanan dengan harga terjangkau. Selanjutnya jika dilihat dari segi ruang, Anda juga tidak perlu menyiapkan tempat untuk membangun infrastruktur lantaran semuanya sudah dikelola pihak penyedia layanan. Dan dari segi waktu, proses membangun dan mengelola infrastruktur dengan cloud computing jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Anda membangun sendiri.

2. Memudahkan dalam hal skalabilitas

Cloud computing juga hadir dengan menawarkan akses kemudahan dalam hal skalabilitas. Bisa Anda lihat sendiri bahwa ketika menggunakan layanan cloud computing, maka Anda tinggal melakukan proses upgrade layanan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, Anda disini bisa menambah kapasitas penyimpanan atau dengan upgrade ke layanan yang lebih cepat.

3. Memudahkan pengaksesan ke teknologi terbaru

Hampir sebagian besar pengguna mengalami kendala ketika akan menggunakan hardware dan software terbaru karena masalah tertentu. Seperti halnya kesulitan membeli perangkat hardware maupun kesulitan dalam memperbarui software yang akan digunakan. Sebagai solusinya, cloud computing menawarkan kelebihan yakni kemudahan akses ke teknologi baru. Dikarenakan, pihak penyedia layanan nantinya akan melakukan pembaharuan mengenai hardware dan software-nya.

pengertian Cloud Computing dan kelebihannya

4. Memungkinkan terjadinya kolaborasi 

Dikarenakan proses penggunaannya hanya perlu diakses secara online, maka tidak heran jika layanan cloud computing ini bisa memungkinkan pengguna untuk bekerja dari manapun. Bahkan, kelebihan yang ditawarkan ini bisa menjadikan Anda semakin mudah untuk bekerja dalam tim. Dimana, masing – masing anggota tidak perlu lagi berada di satu tempat untuk berkolaborasi.

5. Menjadikan proses backup data lebih mudah

Dilengkapi fitur backup yang lengkap dan otomatis, menjadikan layanan cloud computing ini memberikan kemudahan bagi pengguna saat proses backup dilakukan. Sehingga, nantinya Anda tidak perlu lagi mengingatkan diri ataupun anggota tim untuk melakukan tugas tersebut. Terlebih lagi, data backup nantinya akan selalu tersedia untuk Anda gunakan dengan syarat Anda harus terhubung dengan internet.

Demikianlah ulasan menarik bagi Anda mengenai pengertian cloud computing dan kelebihan yang ditawarkan untuk penggunanya dalam menunjang pekerjaan sehari – hari. Bagi Anda yang tertarik menggunakan layanan cloud computing, maka bisa menggunakan layanan dari DimensiCloud yang menawarkan banyak sekali keuntungan di dalamnya.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024