Pengertian Cloud dan Manfaatnya Untuk Bisnis Yang Wajib Diketahui

DIMENSI CLOUND

 

Kita pastinya sudah sering mendengar nama “cloud” ini, tetapi untuk beberapa orang satu kata ini masih menjadi sebuah misteri. Cloud ini sebenarnya sangat penting digunakan dalam bisnis maupun pribadi. Anda bisa saja sudah memiliki beberapa gambaran terkait dengan apa itu cloud png, dan layanan yang nantinya akan diberikan.

 

Namun, di sini kita akan melihat lebih dalam terkait dengan bagaimana sebenarnya manfaat dan mengapa cloud bisa menjadi hal yang begitu penting untuk kita dan juga bisnis. Ada kemungkinan walaupun Anda tidak mengetahui sama sekali yang layanan cloud computing berikan, Anda mungkin pernah menggunakannya.

 

Apa Itu Cloud Computing?

 

Cloud computing (komputasi awan) merupakan sebuah metode dalam penyampaian berbagai layanan lewat jaringan internet. Sumber daya yang dimaksud disini misalnya seperti, aplikasi untuk penyimpanan data, database, server,  jaringan, dan juga perangkat lunak.

 

Dibandingkan menyimpan banyak sekali file pada hard drive maupun penyimpanan lokal yang ada di komputer maupun handphone, penyimpanan yang berbasis cloud ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan file selama Anda mempunyai akses ke dalam jaringan internet.

 

Cloud computing ini juga merupakan opsi yang paling populer karena mempunyai banyak sekali keuntungan, seperti lebih irit dengan biaya, meningkatkan produktivitas, efisiensi, kecepatan, performa, dan juga keamanan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak perusahaan maupun orang-orang yang memang menggunakan cloud untuk dimanfaatkan dalam penyimpan data.

 

 

Manfaat Cloud dalam Pengembangan Bisnis

 

Pada dunia bisnis, manfaat cloud computing adalah dapat lebih dari hanya sekedar solusi untuk penyimpanan yang sederhana. Cloud computing memang sudah menjadi penggerak esensial dari produktivitas, efisiensi, pertumbuhan, dan juga pengorganisasian di tempat kerja yang modern. Ada berbagai manfaat dari cloud computing pada bisnis, seperti:

 

1. Biaya

 

Jika melakukan semuanya di dalam perangkat sendiri bisa menjadi sangat mahal. Menggunakan layanan Cloud, tidak lagi akan membutuhkan dalam mengelola sistem dan juga berbagai peralatan TI di lokasi milik Anda sendiri. Sebagai salah satu layanan yang dibayar menyesuaikan dengan penggunaan, Could tidak hanya dapat banyak mengurangi biaya untuk perangkat keras, tetapi juga biaya untuk sumber daya manusia dan juga pemakaian listrik. Selain itu, berkurangnya waktu yang akan dihabiskan untuk bisa mengatasi masalah TI akan dapat memberikan lebih banyak waktu untuk fokus pada tujuan Anda.

 

2. Fleksibilitas

 

Setelah semuanya yang sudah disimpan dan dijalankan melalui Cloud, maka Anda  bisa lebih leluasa bekerja dari mana saja di seluruh dunia. Seiring dengan konsep tempat kerja yang tradisional dan menuntut untuk terus berkembang dengan cepat, Cloud computing Indonesia  memiliki peran yang begitu fundamental supaya perusahaan bisa berjalan secara virtual. Cloud computing ini juga memfasilitasi untuk melakukan akses dan mengerjakan file beserta data dari perangkat seluler, yang saat ini semakin penting.

 

 

3. Perlindungan dan Keamanan

 

Layanan Cloud akan memberikan keamanan yang baik untuk data pribadi yang Anda miliki. Anda pasti sering menganggap bahwa menyimpan seluruh data di tempat yang dapat Anda lihat akan jauh lebih aman, tetapi bayang jika penyimpanan awan itu seperti sebuah brankas di bank. Penyedia layanan Cloud akan lebih memprioritaskan keamanan dan juga perlindungan data Anda yang nantinya akan dienkripsi.

 

Ada banyak kasus, Anda masih bisa untuk menentukan pengaturan keamanan dan penyimpanan Cloud milik Anda sendiri. Layaknya sebuah brankas di bank yang memang dirancang sebagai cara yang paling aman untuk dapat menyimpan barang berharga, penyimpanan awan juga dirancang menjadi cara teraman untuk bisa menyimpan data.

 

4. Pemulihan File

 

Mencadangkan seluruh file dan juga data penting milik Anda ke Cloud dapat memberikan perlindungan ekstra yang cukup penting. Anda bisa menghadapi berbagai risiko yang besar bila menyimpan semuanya di dalam satu tempat saja, bila nantinya ada peristiwa bencana alam, pemadaman listrik secara tiba-tiba, sampai serangan malware dapat membuat Anda kehilangan semuanya hanya dalam waktu yang singkat. Oleh sebab itu, penyimpanan pada Cloud bisa  memberikan layanan yang begitu penting dengan cara mencadangkan data milik Anda di beberapa server di berbagai macam lokasi.

 

Share

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024