Penggunaan Cloud Computing Dan Perannya Dorong Pertumbuhan Bisnis Anda

DIMENSICLOUD 40

Kemudahan berbisnis tak terlepas dari sejumlah faktor. Selain jenis peluang usaha yang terus bertambah, kemajuan teknologi memudahkan Anda buat memulainya dari nol. Pada bisnis digital, misalnya, ada cloud computing yang belakangan umum dipakai buat mengelola data. Lalu seperti apa cara kerja cloud computing dan perannya dorong pertumbuhan bisnis Anda?

Memahami cara kerja cloud computing

Sebagai pembuka, mari kita kenali cara kerja cloud computing. Teknologi ini memanfaatkan infrastruktur perangkat fisik yang mencakup hard disk, prosesor, serta RAM atau kartu jaringan yang dibantu layanan internet untuk mengaksesnya. Adapun sistem operasi dan software yang akan menunjang cloud computing dan perannya dorong pertumbuhan bisnis Anda.

Dalam cloud computing terdapat pergeseran beban kerja yang signifikan. Pasalnya komputer lokal tak perlu melakukan semua pekerjaan berat selama menjalankan aplikasi. Kemudian, jaringan komputer akan membentuk cloud yang menangani pekerjaan-pekerjaan tersebut. dengan begitu, pemakaian software maupun hardware jauh lebih ringan.

Maka dari itu dalam memaksimalkan cloud computing dan perannya dorong pertumbuhan bisnis Anda diperlukan komputer atau platform yang mampu menjalankan interface pada sistem cloud. Satu contoh yang paling sederhana adalah peramban atau web browser.

Anda yang rutin menggunakan email biasanya mendapatkan fitur gratis berupa layanan cloud. Hotmail, Gmail, hingga Yahoo! Mail sudah menyediakan storage cuma-cuma dengan kapasitas yang lumayan besar. Kalau ingin menambah untuk kebutuhan cloud computing dan perannya dorong pertumbuhan bisnis Anda, tinggal beli sesuai paket yang diperlukan.

DIMENSICLOUD40

Peran cloud computing untuk mendorong bisnis Anda

Setelah memahami cara kerja, berikut cloud computing dan perannya dorong pertumbuhan bisnis Anda yang dapat dioptimalkan:

1) Dijadikan sebagai layanan mandiri

Salah satu keunggulan yang ditawarkan cloud computing adalah kebebasan dalam mengontrol kepada user. Hal ini pun dinilai menguntungkan bagi pebisnis, sebab mereka tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mempekerjakan pihak ketiga dalam pengelolaan data.

Selain itu, Anda dapat membatasi keterlibatan informasi dengan pelanggan yang membuat interaksi lebih fleksibel, sementara data-data bersifat pribadi tetap terlindungi.

2) Dapat disandingkan dengan jaringan broadband

Ketika mempelajari cloud computing dan perannya dorong pertumbuhan bisnis Anda, Anda akan menyadari layanan ini dapat disandingkan dengan jaringan broadband. Dalam artian, sistem cloud mudah disambungkan dengan layanan tersebut untuk memberikan akses yang tak terbatas.

Namun sebelum mengaplikasikannya, Anda perlu memastikan program sudah terverifikasi dengan layanan broadband, sehingga baik pebisnis maupun pelanggan sama-sama dapat informasi.

3) Menyediakan sumber daya efisien untuk bisnis

Mengembangkan bisnis tentunya memerlukan sumber daya berkualitas bagus. Efisiensi pun akan membantu Anda dalam mengaplikasikan layanan cloud computing untuk memenuhi kebutuhan. Hal ini dapat terlihat dari besaran jumlah, hingga pelanggan yang mengakses sistem cloud.

Penyesuaian sumber daya dapat dimanfaatkan Anda selaku pebisnis maupun pelanggan dengan tujuan menunjang pertukaran informasi yang cepat dan valid.

DIMENSICLOUD 40

4) Fleksibilitas dalam kapasitas jumlah yang tersedia

Penggunaan cloud computing dan perannya dorong pertumbuhan bisnis Anda berkaitan dengan kapasitas data yang tersedia. Anda tak perlu cemas, sebab jumlah yang disediakan fleksibel alias dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Dengan kata lain, kapasitas data dapat Anda naikan atau turunkan mengikuti kemajuan bisnis. Jadi, Anda juga tak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar saat merintis bisnis tersebut.

5) Layanan cloud computing yang terukur dan terstruktur

Peran terakhir yang akan Anda jumpai dari penerapan cloud computing dalam bisnis adalah layanan yang terukur dan terstruktur. Kemampuan tersebut memungkinkan Anda menggunakan sistem cloud dimanfaatkan dalam pengembangan keuangan dan transaksi, khususnya pada industri fintech.

Dalam praktiknya, cloud computing dan perannya dorong pertumbuhan bisnis Anda tetap butuh strategi yang sesuai, sehingga metode pembayaran dan transaksi lainnya berjalan tanpa masalah.

Poin-poin di atas hanyalah segelintir peran yang akan Anda temukan saat menggunakan cloud computing untuk bisnis. Namun kalau masih membutuhkan bantuan mengembangkan layanan ini, DimensiCloud dapat dijadikan partner yang tepat. Selain mempunyai infrastruktur cloud yang terjangkau, layanan serta sistemnya pun sudah dipastikan aman dan mudah dioperasikan.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024