Pentingnya Integrasi Cloud Computing Pada Bisnis Modern

Pentingnya Integrasi Cloud Computing

Kompetisi di dunia bisnis sekarang, selalu mengutamakan penggunaan internet. Jika ada perusahaan yang tidak mampu memanfaatkan teknik digital terbaru, mereka akan tertinggal jauh. Salah satu teknik digital yang mulai umum digunakan para bisnis adalah Cloud Computing. Biasanya, teknologi ini menjadi alat manajemen data bagi perusahaan. Itulah alasannya pentingnya integrasi cloud computing untuk dapat diterapkan di bisnis modern. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya sebagai berikut.

Mengenal Cloud Computing Secara Singkat

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya Anda pahami dulu apa sebenarnya teknologi komputasi awan ini. Secara sederhana, sistem ini memungkinkan proses data dalam server tertentu. Karena menggunakan server, komputer yang terhubung dengan server tersebut tidak perlu mengeluarkan energi dalam komputasi. Cukup server saja yang bekerja melakukan tugasnya.

Jadi bayangkan perusahaan memberikan karyawannya laptop spesifikasi pas – pasan. Namun dalam bekerja, tiap komputer tersebut terhubung dengan sistem komputasi awan. Data yang mereka kerjakan diolah menggunakan kekuatan server yang tersedia dan umumnya memiliki spesifikasi sangat tinggi.

Hal ini memastikan pekerjaan tetap lancar dilakukan tanpa pekerja bergantung dengan kekuatan komputasi laptop jelek. Sekarang bayangkan jika ukuran perusahaan besar, berapa laptop yang harus disediakan pada para pegawai? Menggunakan komputer lemah saja sudah bisa bekerja baik, pasti biaya operasional jauh lebih murah berkat Cloud Computing ini.

Kelebihan Menggunakan Teknologi Cloud Computing

Dari penjelasan singkat di atas, Anda bisa membayangkan banyak kelebihan menggunakan sistem komputasi awan ini. Untuk melihat berbagai kelebihannya secara lebih detail, mari bahas bersama lebih lengkap pada bagian berikut ini:

1) Jauh Lebih Efisien

Kebutuhan kerja skala besar tentu membutuhkan spesifikasi tinggi. Namun menggunakan alat – alat terpisah dalam perusahaan hanya akan membuat biaya dan waktu kerja. Bayangkan jika kebutuhan proses data yang cepat dapat diselesaikan satu server komputer berkekuatan tinggi. Anda bahkan bisa upgrade kekuatan komputer komputasi awan jika perlu tenaga lebih.

2) Mudah Disesuaikan dengan Skala Usaha

Kemampuan server dan komputasi dari teknologi ini dapat disesuaikan berdasarkan usaha Anda. Untuk UKM, penggunaan data yang kecil cukup pakai paket layanan komputasi awan kecil juga. Hal ini sudah cukup mengedepankan usaha mereka agar setara dengan perusahaan penggunaan komputasi awan lain.

3) Penggunaan dan Aplikasi Teknologi Sangat Fleksibel

Teknologi komputasi awan sangat fleksibel dalam berbagai industri. Contoh saja, Anda dapat mengatur operasi kinerja kru hiburan yang membuat film. Setiap kelompok kerja dapat merekam scene film di tempat berbeda namun upload ke server untuk menyatukan scene tersebut menjadi tayangan film.

Di sisi lain, bayangkan perusahaan seperti Google. Mengelola database besar untuk website – website tentu perlu komputasi tinggi. Hal ini juga dapat digunakan menggunakan komputasi awan. Dari dua contoh ini, Anda bisa merasakan betapa fleksibelnya teknologi ini.

DIMENSI CLOUD 11

4) Memiliki Tingkat Keamanan yang Cukup Tinggi

Karena sistem menggunakan server, para perusahaan dapat menempatkan tim untuk memastikan keamanan aksesnya lebih mudah. Mengawasi kinerja komputasi awan lebih mudah daripada mengawasi kinerja para karyawan di tiap komputer. Karena akses dapat diawasi ketat, hal ini jelas menjamin rasa AMAN pada data – data perusahaan.

5) Mempermudah Akses

Hal lain yang membuat komputasi awan sangat penting bagi perusahaan adalah kemudahan akses. Bayangkan data besar perusahaan harus bergerak dari server ke komputer masing – masing karyawan. Belum lagi jika terhubung dengan sistem layanan otomatis untuk para konsumen.

Website marketplace besar sudah membuktikan bahwa arus data dari penjual ke pembeli dan ke platform dapat bernilai ratusan GB per menitnya. Bayangkan proses ini tanpa adanya komputasi awan, pasti proses akan lebih merepotkan. Karena itu, sisi MUDAH akses menjadi hal yang penting saat pakai sistem ini.

Majukan Usaha Anda Segera dengan Cloud Computing!

Anda sekarang sudah tahu mengapa teknologi Cloud penting bagi perusahaan. Bagi yang tertarik mencoba pakai demi bangun usaha sukses, Anda sekarang dapat gunakan banyak jasa penyedianya. Jasa Cloud Computing seperti di DimensiCloud mampu memberikan layanan penuh seputar manajemen komputasi awan.

Bagi Anda yang tertarik, segera kunjungi website mereka di dimensicloud.id. Anda dapat melihat betapa lengkapnya layanan yang mereka berikan. Ayo, hubungi DimensiCloud sekarang juga!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024