+5 Peran Cloud Computing Untuk Holding Company

Cloud Computing Untuk Holding Company

Peran cloud computing untuk holding company mampu membantu operasi perusahaan holding melakukan pelaporan dengan cepat. Dalam dunia bisnis, holding company memiliki peran tersendiri. Bagi Anda yang tidak tahu, holding company adalah istilah lain dari perusahaan subsidiaries yang merupakan bagian dari perusahaan konglomerat. Perusahaan besar sering membeli saham perusahaan lain dan menjadikannya sebagai anak perusahaan dalam hasilkan keuntungan.

Karena operasi perusahaan holding penting bagi perusahaan orang tuanya, mereka harus mampu melakukan pelaporan cepat. Disinilah peran cloud computing untuk Holding Company menjadi lebih penting.

Dalam artikel ini, mari bahas bersama berbagai peran dari komputasi awan tersebut berikut ini:

Biaya yang Lebih Murah Untuk Operasi Perusahaan

Keuntungan utama pakai komputasi awan adalah biaya. Daripada perusahaan utama membelikan komputer super untuk tiap holding company, lebih baik perusahaan invest ke satu komputer kuat yang nanti di setting sebagai computing awan. Biaya pakai satu komputer kuat, jelas lebih murah dari segi biaya dan operasi staf-nya.

Peran Cloud Computing Untuk Holding Company

Menjaga Keamanan Rahasian Perusahaan Lebih Baik

Peran cloud computing untuk Holding Company yang paling menonjol adalah dari segi keamanan akses data. Karena flow data dapat direkam dari komputer pusat, data dapat dipantau lebih ketat. Coba bayangkan jika ada akses yang tidak biasa, pihak IT, dapat memotong akses dan meminta konfirmasi pada pihak holding company yang berhubungan.

Jika ternyata tidak ada kejelasan dari akses tersebut, bisa saja akses tersebut adalah hacker. Dari contoh di atas, Anda bisa lihat aspek AMAN dari sistem komputasi awan ini.

Mempermudah Kolaberasi Kerja

Karena sistem komputasi awan dapat hubungkan arus data dan akses setiap perusahaan holding di bawah perusahaan konglomerat, tentu hal ini permudah kolaberasi. Pekerjaan yang diselesaikan sebagian oleh perusahaan holding A, dapat diakses dan ditambahkan kolaborasi kerja dari holding B.

Bayangkan jika sistem ini memiliki skala besar kolaberasi. Pasti proyek yang dapat diselesaikan lebih besar. Saat proyek besar ini berjalan, perusahaan konglomerat sebagai pemegang control tertinggi dapat mudah melakukan pemantauan progress.

Integrasi Software Secara Otomatis

Saat ada upgrade dan maintenance software, prosesnya dapat dilakukan di komputer utama dari komputasi awan. Hal ini membuat para client yang konek dengan sistem ini, tidak perlu melakukan update terpisah. Selama update sukses di pusat komputer, semua akses awan di komputer perusahaan sudah update juga.

Proses ini jelas lebih efisien dibandingkan harus update peralatan karyawan satu per satu. Biaya maintenance jika dilakukan per alat juga besar. Tidak hanya biaya monetary tapi juga biaya waktu produktivitas yang diganti proses instalasi. Dari penjelasan ini, jelas terlihat bahwa komputasi awan lebih unggul metodenya.

Peran Cloud Computing Untuk Holding Company

Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Masing – Masing Holding Company

Hal yang menguntungkan lain dari penggunaan komputasi awan adalah penyesuaian scale-nya. Perusahaan induk dapat menggunakan komputer kekuatan tinggi dan membagi fungsinya dengan para holding company yang masih kecil. Pembagian komputasi nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing perusahaan anakan.

Penyesuaian seperti ini jelas lebih mudah dibandingkan memberikan tiap holding company supercomputer. Penggunaan jasa komputasi awan juga dapat memastikan kekuatan komputasi utama masih dipegang perusahaan konglomerat. Jadi fungsi komputasi tidak akan mengganggu kinerja masing – masing perusahaan walaupun fungsinya dibagi – bagi lewat Cloud.

Sekarang Anda lebih tahu seputar peran cloud computing untuk Holding Company. Bagi para pelaku bisnis yang memegang holding company, pastikan manfaatkan keuntungan penggunaan komputasi awan ini. Dapat dipastikan operasi dan keuntungan perusahaan pasti lebih mudah ditingkatkan.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat kunjungi DimensiCloud sebagai penyedia jasa komputasi awan terbaik. Silahkan kunjungi websitenya untuk informasi lebih lengkap!

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024