Peran Infrastructure As A Service Pada Kelancaran Bisnis

Di era modern seperti saat ini membuat segala hal menjadi lebih mudah, salah satunya dalam menjalankan bisnis. Apalagi munculnya wabah Covid-19 membuat para pelaku bisnis harus mencari strategi supaya bisnisnya tetap berjalan. Peran Infrastructure as a Service pada kelancaran bisnis dipercaya efektif dalam menjalankan bisnis. Lalu, apa sih Infrastructure as a Service ini?

Apa itu Infrastructure as a Service

untuk mengembangkan suatu bisnis diperlukan cara supaya dapat membantu dan memperlancar bisnis tersebut sehingga goals dapat tercapai. Salah satu cara yang data digunakan adalah dengan memanfaatkan cloud computing. Kecanggihan teknologi komputer tersebut telah banyak digunakan oleh perusahaan besar maupun perusahaan yang sedang berkembang.

Infrastructure as a Service merupakan salah satu layanan dalam cloud computing yang berbentuk satu perangkat hardware komputer berupa virtualisasi. Layanan Infrastructure as a Service (IaaS) dikelola dengan memanfaatkan jaringan internet

Pada umumnya di dalam IaaS terdapat bandwidth, IP address, koneksi internet, load balancer dan sistem keamanan seperti firewall. Dengan layanan Infrastructure as a Service, kita dapat membuat dan menguji aplikasi bisnis sesuai dengan yang dibutuhkan, disinilah peran Insfrastructure as a Service pada kelancaran bisnis dapat dirasakan.

Peran Infrastructure As A Service Pada Kelancaran Bisnis

Kelebihan Peran Infrastructure As A Service Pada Kelancaran Bisnis

Dengan menggunakan layanan Infrastructure as a Service pada bisnis, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk perkembangan bisnis Anda. Selain berguna untuk menguji aplikasi yang Anda gunakan untuk bisnis, berikut adalah peran Insfrastructure as a Servis pada kelancaran bisnis yang dapat Anda rasakan manfaatnya:

  • Memberikan jaminan data perusahaan dari kehilangan maupun kebocoran yang dapat memicu kekacauan kapanpun ancaman tersebut terjadi. Hal ini karena pengguna sendiri yang akan mengelolanya dan pihak penyedia jasa cloud infrastruktur tidak memiliki akses ke dalam sistem yang dikelola.
  • Anda dapat lebih fokus dalam mengelola bisnis tanpa perlu khawatir pada persoalan sistem perangkat IaaS karena server fisik, networking serta storage dikelola langsung oleh pihak penyedia layanan Infrastructure as a service.
  • Membuat perusahaan Anda menghemat biaya operasional sehingga dapat digunakan untuk biaya kebutuhan perusahaan lainnya.
  • Layanan Infrastructure as a Service memiliki kapabilitas untuk scale up dan down sehingga dapat menjadikannya fleksibel.
Peran Infrastructure As A Service Pada Kelancaran Bisnis

Cara kerja Infrastructure as a Service

Cara kerja IaaS sebenarnya sama seperti waktu kita sedang menjalankan server pada komputer dimana kita dapat melakukan akses dan menyimpan data dalam server melalui dashboard maupun Application Programming Interface (API). Kemudian dengan menggunakan layanan IaaS kita dapat memiliki kontrol secara penuh di atas infrastruktur yang dimiliki oleh perusahaan kita.

Dengan begitu, kita dapat menginstal, melakukan konfigurasi serta mengelola aplikasi yang ingin digunakan. Selain itu, penyimpanan maupun back up data yang dikelola sendiri dapat diakses kapan dan dimana saja ketika dibutuhkan.

Kemudian, jika membutuhkan networking yang lebih bagus maupun storage dengan kapasitas yang lebih besar dapat dilakukan scale up dan down. Caranya adalah dengan langsung menghubungi penyedia jasa layanan IaaS untuk melakukan upgrade pada storage. Cara lainnya adalah Anda dapat melakukan upgrade sendiri melalui platform IaaS yang Anda pilih dan tentunya dengan ketentuan masing-masing penyedia layanan tersebut.

Jadi, waktu yang tepat untuk menggunakan layanan Infrastructure as a Service ini adalah ketika penilaian kesiapan karyawan serta ketika kondisi finansial perusahaan stabil. 

Karena untuk menerapkan IaaS, selain membutuhkan biaya yang cukup, sumber daya manusia milik perusahaan juga harus memiliki skill dan pengetahuan mengenai IT, seperti dalam mengelola networking, operating system dan memiliki pengalaman mengenai VMware.

Itulah peran Infrastructure as a Service pada kelancaran bisnis yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin menggunakan layanan IaaS, DimensiCloud hadir untuk memudahkan Anda dalam mengelola bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024