Mengapa Firewall Memiliki Peranan Penting Dalam Network Security?

Firewall adalah salah satu alat penting dalam menjaga keamanan network. Peranan penting network security akan bergantung dari alat – alat yang digunakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa kekuatan firewall akan menjadi refleksi tingkat keamanan network yang akan digunakan.

Bagaimana Kinerja Firewall Melindungi Network?

Banyak orang menganggap firewall adalah filter untuk menjaring virus saja. Padahal, tugas dan fungsi firewall lebih banyak dari pada itu.

Cara kerja dari firewall umumnya dibagi menjadi beberapa hal. Dari masing – masing cara kerja ini, Anda dapat lebih mengerti seputar perannya dalam mengamankan network. Berikut adalah penjelasan cara kerjanya secara umum:

Peranan Penting Network Security

Melakukan Identifikasi Akses Berupa Penyaringan Paket Data

Tahap perlindungan pertama yang dilakukan firewall adalah penyaringan paket data. Hal ini dilakukan firewall dengan mengambil sebagian kecil data dan menganalisis apakah sampel tersebut sudah sesuai dengan setting filter yang digunakan.

Apabila sampel paket paket tersebut lolos uji dan dapat masuk, sistem akan menerima seluruh paket data dengan identitas sama dengan sampel. Paket data yang tidak lulus uji, akan dibuang atau dibatasi sementara akses masuknya.

Peranan Penting Network SecurityMemberikan Layanan Proxy Service

Menggunakan metode kinerja ini, firewall akan ambil info dari internet dan mengolahnya untuk dikirim kembali. Pengiriman ini akan melibatkan sistem lain yang umumnya adalah Proxy Service. Sebagai proxy perantara, pengecekan lebih detail seputar paket data. Jika permintaan user sama dengan paket data yang masuk, barulah data paket dapat diperoleh secara internal.

Memberi Opsi identifikasi  Penuh Seputar Akses User

Cara kerja firewall yang ini lebih mementingkan akses paket data. Sistem akan membandingkan bagian tertentu pada paket data dan melakukan inspeksi berdasarkan database yang digunakan. Firewall nantinya mencocokan karakteristik dari paket data dan info dari database secara lebih detail. Jika karakteristik sesuai, barulah paket data diizinkan masuk.

Walaupun tergolong ketat, beberapa network menggunakan aturan khusus untuk memastikan firewall tidak menjadi penghalang akses. Contoh saja PC server akan memiliki peran untuk menyaring semua paket data di network yang memiliki hubungan khusus dengan komputer para petinggi perusahaan.

Untuk memastikan akses yang lebih mudah ke server ini, device para manager biasanya memiliki izin khusus untuk tidak melewati firewall. Tentu saja device seperti ini akan memiliki proteksi lebih seperti password khusus ataupun biometric password. Namun, pengecualian juga sering digunakan pada industri untuk permudah akses.

Peranan Penting Network Security

Peranan Penting Network Security Masih Kurang Dipahami Masyarakat

Dari informasi di atas, sudah jelas bahwa peranan penting network security penting. Jika mementingkan proteksi network, firewall harus dipahami dan diimplementasikan dengan baik. Sayangnya, masih banyak orang tidak paham soal firewall.

Banyak orang bahkan mematikan firewall saat aplikasi dan program meminta koneksi khusus. Hal seperti ini tidak boleh dibiasakan. Jika menggunakan network kantor, organisasi ataupun sekolah, jangan pernah mematikan firewall Anda. Tanpa firewall, akses network akan lebih rentan.

Resiko network yang terjangkit virus ataupun dibobol hacker akan lebih tinggi. Terkadang bocornya data perusahaan bisa disebabkan karyawan yang tidak mengerti soal ini. Karena sangat penting, pendidikan seputar firewall harus disebarkan.

Pelatihan untuk karyawan seputar keamanan network dan fungsi digital tergolong wajib di era modern ini. Tanpa pengetahuan cukup seputar teknologi, kebocoran data perusahaan akan lebih sering terjadi. Bagi para pemilik bisnis, pastikan luangkan budget untuk pelatihan karyawan baik seputar networking dan cyber security.

Cermat dalam penggunaan network dan pastikan batasi akses hanya pada orang yang berhubungan saja. Jangan sampai karyawan logistic memiliki info password karyawan bagian HRD. Selama ada pembatasan fungsi dan kerja yang masuk akal, keamanan data perusahaan pasti lebih kebal dari serangan pembobol.

Pastikan Memilih Layanan Network dan Jasa Digital dengan Teknologi Firewall

Sekarang Anda lebih paham tentang fungsi dan peran firewall demi melindungi network. Bagi para pemilik bisnis ataupun pengguna network, coba pastikan firewall berfungsi dan selalu up to date. Jangan sampai Anda mengalami kebobolan data hanya karena kurang memperhatikan seputar firewall.

Bagi perusahaan yang menggunakan cloud computing misalnya, pastikan memilih jasa yang tepat menggunakan firewall. Coba tanya dan konsultasi seputar firewall yang mereka gunakan sebelum memilih layanan jasa cloud computing mereka.

Penggunaan cloud computing makin umum saat ini. Sangat disayangkan jika memilih penyedia jasa yang kurang kompeten dan tidak paham peranan penting network security. Pastikan cermat memilih penggunaan jasa yang pas untuk kebutuhan keamanan network Anda. Kini ada layanan cloud computing yang memudahkan dalam pengelolaan dan memberikan keamanan pada setiap inovasi yang Anda ciptakan yaitu dengan menggunakan layanan dari DimensiCloud. Klik tombol di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024