Perbankan Mulai Beradaptasi Pada Layanan Digital Dan Artificial Intelligence

Layanan Digital Dan Artificial Intelligence

Dunia keuangan dan perbankan adalah aspek yang paling mudah terpengaruh dengan teknologi baru. Penggunaan layanan bank digital makin banyak tersebar di masyarakat dan memang memudahkan akses keuangan. Sekarang, perbankan mulai beradaptasi pada layanan digital dan artificial intelligence.

Pemanfaatan AI Di Perbankan Indonesia

Perbankan di Indonesia sudah mulai gunakan teknologi digital dan AI. Teknologi ini umumnya berupa AI dengan fungsi khusus ataupun cloud computing. Jika Anda ingin lihat secara konkret pemanfaatan dua teknologi ini, berikut adalah beberapa bahasan pemanfaatannya:

Beradaptasi Pada Layanan Digital Dan Artificial Intelligence

Sorting Penyimpanan Big Data

Perbankan selalu berurusan dengan big data. Untuk kelola data besar ini, server cloud sangat dibutuhkan. Selain server storage, cloud computing juga dibutuhkan sebagai pengolah data. Data yang diolah nantinya dapat digunakan untuk mengambil keputusan bagi para pemimpin perusahaan perbankan maupun kebutuhan akademis bisnis.

Tanpa adanya cloud computing, pengelolaan data akan lebih lambat dan kurang efisien. Menggunakan hardware super komputer sendiri tentu tidak murah. Jadi lebih baik bayar layanan cloud computing yang lebih hemat biaya-nya.

Proteksi dan Enkripsi

AI juga dapat digunakan untuk enkripsi dan proteksi data. AI membuat akses data lebih ketat dan terbatas. Tidak semua orang akan mampu tembus proteksi AI tanpa mengetahui jalur akses khusus. Dari aspek ini, perbankan pasti lebih aman dalam penyimpanan data.

Data yang disimpan pada cloud perbankan pasti sangat sensitif. Karena itu, proteksi AI sangat penting. Tanpa keamanan digital yang ketat, risiko data perbankan bocor menjadi lebih besar. Karena itu, para perusahaan perbankan harus investasi pada proteksi kelas tinggi ini jika ingin lebih aman.

Tingkatkan Efisiensi Pelayanan Digital Produk Perbankan

Layanan digital dapat melibatkan komputasi awan. Hal ini berhubungan dengan operasi aplikasi dan program demi pelayanan nasabah. Contoh saja aplikasi untuk akses transfer uang. Tanpa adanya cloud computing, process transfer bisa makan waktu sampai 10 menit.

Di HP dengan spec lambat, processing data pasti lebih lamban jika hanya bergantung pada hardware saja. Untungnya, cloud computing memastikan processing data aplikasi dapat diserahkan pada cloud dan hasilkan layanan yang lebih efisien. Transfer uang akhirnya hanya makan beberapa menit saja.

Beradaptasi Pada Layanan Digital Dan Artificial Intelligence

Chat Bot Untuk Tingkatkan Kualitas Layanan

Bentuk beradaptasi pada layanan digital dan artificial intelligence perbankan lainnya adalah penggunaan chat bot. AI dirancang sebagai teman berbincang para nasabah saat butuh layanan tertentu. Dibandingkan menggunakan operator, chat box jauh lebih efisien dari segi pengeluaran biaya.

Selama kapsitas cloud comptuing mencukupi, AI dapat beroperasi layani jutaan nasabah sekaligus. Obrolan seperti pertanyaan tentang transfer sampai kebutuhan arahan investasi dapat menjadi cakupan dari chat box dalam hal perbankan.

Pemanfaatan Teknologi di Perbankan Akan Terus Berkembang

Teknologi perbankan pastinya masih akan berkembang. AI hanya sebagian dari teknologi baru yang dapat diimplementasi sekarang. Kedepannya hal seperti VR dan blockchain pasti juga dapat dimanfaatkan.

Tentu saja aplikasi teknologi ini perlu proses dan testing dalam kecocokannya saat digunakan. Tidak semua teknologi bagus dapat digunakan untuk perbankan. Sekarang ini crypto adalah contoh yang paling jelas. Walaupun sudah banyak kelebihan menggunakan crypto muncul, perbankan masih tidak mampu adaptasi teknologi ini karena kurang praktis dalam melayani nasabah.

Namun jangan salah, kedepannya implementasi yang cocok bisa saja ditemukan. Mari tunggu saja pemanfaatan teknologi seperti apa yang kedepannya dapat dicapai selain layanan digital dan AI seperti sekarang ini.

Pemanfaatan AI dan Cloud Computing Pada Aspek Lain

Selain perbankan, AI dan cloud computing dapat dimanfaatkan untuk aspek lain seperti bisnis. Anda yang punya usaha kecil – kecilan tetap bisa gunakan teknologi ini untuk bantu urus bisnis. Contoh saja soal penyimpanan data keuangan, enkripsi akses dengan AI agar aman data usaha Anda dan bahkan pemanfaatan AI untuk generate analisa otomatis seputar strategi bisnis.

Pemanfaatan di aspek lain ini lebih mudah karena banyak layanan sudah tersedia seputarnya. Sebagai contoh, pihak DimensiCloud adalah website yang mampu layani kebutuhan cloud computing masyarakat umum. Anda dapat implementasi teknologi canggih ini untuk UMKM ataupun startup yang Anda buat. Tertarik beradaptasi pada layanan digital dan artificial intelligence? Segera hubungi saja DimensiCloud sekarang juga!

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024