Ini Dia Perbedaan 5G VS 4G: Pengertian dan Kelebihannya!

Perbedaan 5G VS 4G

Perbedaan 5G VS 4G: Pengertian dan Kelebihannya – Teknologi terus mengalami perkembangan yang pesat dari waktu ke waktu. Perkembangan tersebut, salah satunya terletak pada jaringan nirkabel di mana saat ini sudah mulai memasuki era 5G meskipun Sebagian besar masih bertahan menggunakan teknologi 4G.

Pengertian 5G dan 4G

Ketika berbicara mengenai jaringan, mungkin banyak yang belum jelas sebenarnya apa itu 4G dan 5G serta perbedaan keduanya. Agar semakin jelas, berikut adalah pengertiannya masing-masing.

1. Pengertian 5G

Sesuai namanya, teknologi 5G merupakan generasi kelima dari infrastruktur jaringan nirkabel. Teknologi terbaru ini memungkinkan pengalaman internet yang lebih cepat, responsif, dan terhubung. Teknologi 5G menawarkan kecepatan data yang lebih tinggi, waktu respons yang lebih rendah, serta kapasitas jaringan yang diperluas untuk menjangkau lebih banyak lokasi dan lalu lintas data baru. Hal ini juga mencakup teknologi baru yang lebih maju, seperti teknologi Internet of Things (IoT) yang menghubungkan berbagai perangkat melalui jaringan.

2. Pengertian 4G

Teknologi 4G adalah generasi keempat dari teknologi jaringan seluler. Generasi pendahulu teknologi 5G ini menawarkan kecepatan transfer data dan kualitas layanan yang lebih baik daripada teknologi generasi sebelumnya yaitu 3G. Teknologi 4G menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, konektivitas yang lebih luas, dan jangkauan yang lebih luas daripada yang tersedia di jaringan generasi sebelumnya.

Jaringan tersebut menawarkan kemampuan untuk mengakses berbagai aplikasi dan layanan berbasis internet, seperti streaming video, musik, dan lainnya. Sebagian besar layanan komunikasi di Indonesia termasuk provider internet masih menggunakan teknologi 4G.

Perbedaan 5G dan 4G

Untuk mengetahui perbedaan 5G vs 4G sebagai berikut:

1. Kecepatan

Teknologi 5G menawarkan kecepatan hingga 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan 4G. Ini berarti para pengguna dapat mengunduh file lebih cepat dan streaming video dengan kualitas HD tanpa lag atau terputus. Hal ini juga akhirnya berpengaruh pada kecepatan download keduanya. 5G memiliki kecepatan unduh hingga 20 Gbps, sedangkan 4G hanya mencapai 1 Gbps.

2. Latensi

Latensi adalah waktu yang dibutuhkan untuk informasi untuk bergerak dari sumber ke tujuan. 5G memiliki latensi 2 ms atau bahkan lebih rendah daripada 4G yang memiliki latensi hanya mencapai 30 ms. Ini artinya dengan teknologi tersebut perangkat akan mampu memberikan respons yang lebih cepat. 

3. Kapasitas

Teknologi 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung ke jaringan tanpa mengurangi kecepatan sehingga menawarkan lebih banyak kapasitas dan fleksibilitas. Salah satu masalah yang selama ini sering muncul adalah koneksi menjadi turun ketika semakin banyak perangkat yang tersambung

4. Kualitas Koneksi

5G menggunakan teknologi radio ultra-wideband (UWB) yang memungkinkan perangkat untuk terhubung lebih lama dengan sinyal yang lebih kuat dan lebih stabil.

5. Konsumsi Daya

5G memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan dengan 4G karena ia menggunakan lebih sedikit daya. Ini berarti lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk menyalakan perangkat sehingga penghematan energi diperoleh.

6. Kebutuhan Frekuensi dan Jangkauan

5G memerlukan frekuensi yang lebih tinggi daripada 4G, dengan frekuensi sekitar 28 GHz atau lebih tinggi. Selain itu, 5G juga menawarkan jangkauan yang lebih luas daripada 4G karena dapat menjangkau jarak hingga 1 km.

7. Keamanan Data

Teknologi 5G menawarkan keamanan data lebih baik dari 4G karena menggunakan system keamanan yang disebut sebagai ‘Keamanan Koneksi Tingkat Tinggi’ (HCC). HCC memungkinkan enkripsi data yang lebih aman dengan algoritma yang lebih kuat. Ini berarti data yang ditransmisikan melalui 5G tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang. Selain itu, 5G juga menggunakan teknologi autentikasi yang lebih kuat untuk memastikan bahwa hanya pengguna berwenang yang dapat mengakses jaringan.

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi 5G dari perbedaan dengan 5G VS 4G: Pengertian dan Kelebihan, perusahaan-perusahaan yang sudah online tentu perlu mempersiapkan diri mulai sekarang untuk beralih ke teknologi 5G. Untuk itu, perusahaan juga perlu mempertimbangkan kembali teknologi cloud yang mumpuni dapat dapat dikustomisasi, salah satunya adalah menggunakan layanan dari DimensiCloud.

DimensiCloud hadir sebagai solusi cloud computing yang handal untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Dengan adanya custom spesifikasi, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan cloud computing dan membayar dengan biaya sesuai penggunaan. Didukung dengan customer service 24 jam, Anda dapat dengan mudah berkonsultasi dan memperoleh informasi yang Anda butuhkan.

Demikian sedikit informasi mengenai perbedaan dengan 5G VS 4G: Pengertian dan Kelebihan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan semakin meyakinkan Anda untuk menggunakan cloud computing yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi jaringan komunikasi saat ini.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024