Dinilai Menjanjikan, Sejauh Mana Perkembangan Cloud Computing Indonesia?

Perkembangan Cloud Computing Indonesia

Percepatan digitalisasi yang berlangsung sepanjang masa pandemi telah memperkenalkan masyarakat luas pada sejumlah teknologi. Termasuk diantaranya dalam perkembangan cloud computing Indonesia yang dinilai mengalami perkembangan cukup pesat.  Bagi Anda yang belum familier, cloud computing merupakan sistem pengelolaan data yang dioperasikan dengan perangkat komputer dan koneksi internet. Anda pun tak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk mengaksesnya. Sebagai salah satu teknologi yang semakin umum dipakai, sejauh mana perkembangan cloud computing Indonesia?

Memantau perkembangan cloud computing Indonesia

Selama dua tahun terakhir, Indonesia mengalami laju percepatan digitalisasi yang kian pesat, terutama di tengah era digital yang tak terhindarkan. Hal ini juga berdampak pada pemakaian cloud computing Indonesia di sejumlah perusahaan, baik di instansi pemerintahan maupun swasta.

Kemudahan yang ditawarkan cloud computing, dari pemasangan hingga pemakaian, tak dipungkiri menjadi faktor yang membuatnya diminati masyarakat luas. Khususnya di tengah wabah Covid-19 yang memaksa sebagian besar orang beraktivitas dari rumah. Dengan cloud computing Indonesia, tak sedikit orang, terutama dari kalangan pekerja, merasa terbantu saat harus mengerjakan dokumen dan menyimpannya secara online.

cloud computing indonesia

Perkembangan cloud computing Indonesia juga terlihat dari bertambahnya jumlah penyedia yang menawarkan layanan tersebut. Bukan cuma jenisnya yang beragam, harganya yang bervariasi akan memudahkan Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Dengan berbagai keunggulan dan kemudahan, cloud computing Indonesia mudah diterima di sejumlah sektor dan bidang, terutama bisnis dari manufaktur hingga jasa. Dari sini, investasi di bidang teknologi semakin menjanjikan, khususnya pada perusahaan yang menawarkan cloud computing.

Disitat dari Cloud Raya, International Data Corporation menyebutkan bahwa layanan infrastruktur untuk cloud computing Indonesia sudah mencapai USD2,9 miliar. Jumlah tersebut pun lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Jenis cloud computing yang sedang diminati

 

Dari sekian jenis cloud computing yang tersedia, manakah yang belakangan sedang diminati? Ada empat cloud computing Indonesia yang umum digunakan, antara lain public cloud, private cloud, community cloud, dan community cloud. Di antara jenis-jenis cloud tersebut, hybrid cloud menjadi yang digandrungi belakangan ini.

Hybrid cloud, sesuai namanya, menggabungkan dua atau lebih jenis cloud. Rata-rata hybrid cloud yang tersedia memadukan private dengan public cloud. Ketika diaplikasikan dalam cloud computing Indonesia, teknologi tersebut akan memberikan kemudahan akses dengan harga terjangkau dan layanan operasi dengan sistem keamanan terbaik. Dengan begitu, data-data yang disimpan tak mudah diretas.

Kemudian, cakupan hybrid cloud semakin meluas karena dianggap mampu menjadi solusi sejumlah masalah yang dihadapi pengguna. Beberapa di antaranya berhubungan dengan efisiensi sistem, biaya, dan kelincahan pemakaiannya dalam cloud computing Indonesia.

Perkembangan Cloud Computing Indonesia

Masih dinilai lamban dan butuh dukungan untuk berkembang

 

Kalau melihat data statistik untuk dalam negeri, cloud computing Indonesia tampak melaju cepat. Namun saat dibandingkan dengan negara-negara lain, perkembangannya masih dinilai lamban. Mengapa demikian? Survei yang dilakukan PwC IT Outsourcing dan Cloud Computing menyatakan sekitar 77% atau 489 total perusahaan yang beralih ke cloud computing. Meski data tersebut tampak menjanjikan, kenyataannya implementasi cloud computing Indonesia tergolong belum cepat. Sejumlah faktor seperti migrasi data yang kompleks dan sistem keamanan yang belum baik membuat masyarakat masih ragu untuk menggunakannya.

Ada juga faktor-faktor lain seperti perencanaan keuangan serta mekanisme pemakaian (seperti berlangganan atau pengelolaan harian) yang menjadi pertimbangan orang-orang sebelum pindah ke cloud computing Indonesia. Banyaknya pertimbangan lantas membuat beberapa perusahaan maupun individu khawatir saat memakai teknologi tersebut. Akibatnya, mereka akan tertinggal dari segi penerapan teknologi terkini.

Di sisi lain, perkembangan cloud computing Indonesia tak terlalu mengecewakan. Terlihat dari sejumlah proses yang sudah mengandalkan sistem online, baik untuk perusahaan skala kecil sampai instansi pemerintahan. Masyarakat pun didorong untuk melakukan hal-hal administrasi seperti verifikasi data dan registrasi menggunakan layanan-layanan daring melalui aplikasi.

Apa Anda berminat menggunakan cloud computing Indonesia? DimensiCloud akan membantu Anda dalam menyiapkan infrastruktur cloud yang terjangkau sekaligus mudah dioperasikan. Selain itu, layanan-layanan yang tersedia juga sudah dibekali sistem yang aman, sehingga data-data yang tersimpan jauh dari risiko pencurian.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024