Pertama Di Industri Tambang Asia Tenggara, Jokowi Resmikan Peluncuran 5G Smart Mining

5G Smart Mining

Pertama di industri tambang Asia Tenggara, Jokowi resmikan peluncuran 5G smart mining di PT Freeport Indonesia – Digitalisasi telah merambah ke berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali di ranah pertambangan. Sebagai pekerjaan dengan risiko yang cukup besar, pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) mampu meminimalisir resiko tersebut. Hal ini pula yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia dengan menerapkan teknologi 5G.

Penggunaan sistem digital di ranah pertambangan bukan tanpa alasan. Hal ini diklaim lebih aman dan efisien. Lantas, apa saja manfaatnya dalam ranah industry? 

Penerapan Digitalisasi di Bidang Pertambangan

Pertama di industri tambang Asia Tenggara, Jokowi resmikan peluncuran 5G smart mining di PT Freeport Indonesia. Penerapan ini bertujuan untuk mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh, serta meningkatkan keselamatan kerja. Beralihnya ke sistem digital juga meningkatkan produktivitas pertambangan perusahaan.

Dengan dukungan Artificial Intelligence, big data, serta internet of things (IoT) turut meningkatkan sumber daya manusia yang siap bersaing secara global. Penerapan teknologi ini memungkinkan perusahaan pertambangan melakukan pengendalian jarak jauh di medan yang kompleks. Terutama untuk kedalaman lebih dari 1.500meter yang memiliki risiko tinggi.

Kedepannya, penerapan digitalisasi berbasis cloud ini mendukung otomatisasi dalam bidang pertambangan. Secara otomatis, perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia ini turut diperhitungkan di kancah global.

Pertama Di Industri Tambang Asia Tenggara, Jokowi Resmikan Peluncuran 5G Smart Mining Di PT Freeport Indonesia

Manfaat Penggunaan Cloud di Perusahaan

Perkembangan teknologi kini semakin canggih dan menghadirkan berbagai alternatif untuk perusahaan dengan risiko tinggi seperti pertambangan. Manfaatnya bukan hanya meningkatkan produktivitas saja. Sebab penerapan Artificial Intelligence memiliki sejumlah keuntungan bagi perusahaan. 

1. Lebih Fleksibel

Manfaat penerapan cloud computing di perusahaan tidak sebatas back-up sistem yang sudah berjalan. Namun, cloud computing memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menawarkan fleksibilitas karena datanya dapat diakses kapan pun. Sekalipun Anda berada di luar lokasi, Anda tetap bisa berinteraksi dengan kantor virtual secara cepat hanya bermodalkan internet.

2. Lebih Terjangkau

Tak hanya menawarkan keamanan, pemanfaat cloud computing di perusahaan pertambangan pun turut mempengaruhi pengeluaran. Setiap perusahaan pasti memiliki anggaran untuk perawatan aset, terutama komputer yang digunakan menyimpan data-data penting. Dengan memanfaatkan cloud computing, Anda dapat menghemat anggaran dari segi penggunaan hardware.

Anggaran untuk maintenance akan terpangkas, karena layanan maintenance biasanya sudah disediakan oleh penyedia cloud dan dibayarkan sesuai dengan paket yang Anda ambil.

3. Interaksi Lebih Efektif

Manfaat lain dari penggunaan cloud computing adalah interaksi yang lebih mudah. Komunikasi antar karyawan dan antar divisi jadi lebih efektif dengan adanya otomatisasi sistem. Menariknya, dalam pengelolaan data pun, Anda tak perlu susah payah melakukan manajemen file data. Sebab proses manajemen file akan dilakukan oleh pihak penyedia layanan. Dengan begitu, bukan hanya komunikasi yang menjadi lebih efisien, tapi pekerjaan pun jadi lebih efektif.

Pertama Di Industri Tambang Asia Tenggara, Jokowi Resmikan Peluncuran 5G Smart Mining Di PT Freeport Indonesia

4. Pemulihan Bencana

Salah satu alasan kenapa cloud computing sangat tepat diterapkan pada perusahaan pertambangan maupun bisnis lainnya adalah pemulihan bencana. Anda tak pernah tahu hal buruk seperti apa yang akan terjadi esok hari. Bencana alam yang merusak hardware di perusahaan tentunya akan menimbulkan kerugian besar. Apalagi jika semua data tersimpan di dalam hard disk. 

Jika masih bisa dipulihkan, data masih bisa diselamatkan. Namun, jika kerusakan tidak dapat diatasi, Anda harus menghadapi kemungkinan terburuk. Namun, dengan penerapan cloud computing di ranah pertambangan, data Anda akan lebih terjamin.

File perusahaan disimpan dalam server yang dapat dipulihkan. Selain soal file, otomatisasi di lingkup pertambangan masih dapat berjalan dengan bantuan artificial intelligence. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena operasional pertambangan tidak terdapat terlalu besar.

5. Meningkatkan Daya Saing

Manfaat lain dari penerapan cloud computing di ranah pertambangan adalah meningkatkan daya saing, seperti yang sudah disinggung di awal. Persaingan industri di dunia sangatlah cepat dan memaksa perusahaan untuk bisa mengiringinya dengan melakukan inovasi, salah satunya adalah beralih ke sistem digital. Dengan penerapan sistem digital, tentunya pertambangan di Indonesia diharapkan lebih maju lagi dan tidak kalah dari negara-negara lainnya.

Bicara soal cloud computing, tentunya Anda harus memilih jasa penyedia cloud yang profesional untuk keperluan industri. Salah satunya adalah Dimensicloud.id yang telah berpengalaman di bidang ini dan didukung oleh tim profesional.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024