Program Digitalisasi Koneksi Pembangkit Listrik Melalui Penerapan Teknologi AI

Program Digitalisasi Koneksi Pembangkit Listrik

Dengan memasang lebih dari 5.000 sensor pada koneksi pembangkit listrik. PLN atau PT. Perusahaan Listrik Negara memulai era baru dalam koneksi pembangkit listriknya. Era baru ini ditandai dengan PLN hadirkan program digitalisasi koneksi pembangkit listrik melalui penerapan teknologi AI.

Penerapan teknologi AI

Penerapan teknologi AI atau artificial intelligence ini menjadi salah satu program energi terbarukan yang dilakukan dalam skala besar. Program ini masih bersifat intermitten, hal ini karena pasokan listrik yang bisa didapatkan masih bergantung pada kondisi alam dan cuaca yang mempengaruhi sumber listrik. 

Hal ini karena pembangkit listrik yang bertenaga surya atau PLTS dan pembangkit listrik tenaga bau atau PLTB yang memang bersifat intermitten. Jenis pembangkit listrik seperti ini tidak selalu stabil. Jadi, tidak bisa menciptakan fluktuasi pada pasokan pembangkit listrik. 

Padahal, fluktuasi konsumsi listrik memiliki pola tertentu, di mana konsumsi listrik naik ketika sedang siang hari. Kemudian, turun pada siang hari dan naik lagi secara signifikan pada malam hari. Karena kebanyakan orang sudah pulang dan menyalakan pendingin ruangan serta televisi. 

PLN Hadirkan Program Digitalisasi Koneksi Pembangkit Listrik Melalui Penerapan Teknologi AI

Pada kasus PLTS, pembangkit tenaga listrik bisa memproduksi listrik dengan jumlah banyak. Karena ada sinar matahari yang terik ketika siang hari. Dalam hal ini akhirnya operasional base load harus diturunkan. Kemudian, dinaikan lagi pada jam 2 siang untuk menopang kebutuhan pasokan listrik. 

Hal yang sama terjadi pada pembangkit listrik tenaga bayu yang memanfaatkan energi angin. Ketika angin sedang kencang, maka produksi listrik dan pasokannya bisa naik dengan base load dikurangi. Ketika angin melemah maka base load akan dinaikan kembali. 

Bisa dikatakan, skema ini menjadi sangat kompleks karena sifat intermittent. Sangat sulit untuk mengendalikannya, jika menggunakan skala dan pengaturan manual. Dalam sisi inilah, program Artificial intelligence dan proses digitalisasi sangat dibutuhkan. 

Sistem AI bisa menjadi pengatur base load dari kedua jenis pembangkit listrik yang bersifat intermitten ini. Sistem AI juga bisa menjadi sistem yang aman untuk menjalankan kedua pembangkit listrik karena berjalan dengan otomasi tinggi. 

Keuntungan PLN hadirkan program digitalisasi koneksi pembangkit listrik melalui penerapan teknologi AI 

Penggunaan AI dalam sistem PLN ini bukan tanpa alasan, selain sebagai inovasi dalam pelayanan. Penggunaan AI ini juga meningkatkan pelayanan dan memberikan keuntungan pada kinerja PLN dan masyarakat. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai keuntungan penggunaan AI dalam sistem PLN. Terutama, dalam pembangkit listrik yang bersifat intermitten. 

1. Meningkatkan Efisiensi Kinerja PLN 

Keuntungan pertama dari program ini tentu saja dapat meningkatkan efisiensi kinerja PLN. Karena sistem menjadi lebih terintegrasi, lebih mudah, dan bisa dikendalikan dengan lebih mudah. 

Kinerja PLN pun bisa lebih transparan pada kalangan PLN maupun pada masyarakat. Karena akses digitalnya yang semakin diperluas. Pengerjaan dan penyaluran listrik, sampai ke proses produksi listrik bisa semakin efisien.

PLN Hadirkan Program Digitalisasi Koneksi Pembangkit Listrik Melalui Penerapan Teknologi AI

2. Menekan Biaya Tarif Listrik 

Karena keefisienan kinerja PLN yang meningkat, hal ini bisa menekan biaya tarif listrik. Tentu saja, sistem kerja yang efisien lebih hemat dari segi produksi listrik. Hal ini bisa berimbas langsung pada harga listrik. Semakin efisien kinerjanya, semakin biaya listrik bisa ditekan. 

Biaya tarif listrik yang dikenakan pada masyarakat pun pada titik tertentu bisa menurun. Listrik bisa lebih mudah dijangkau dan mudah diakses. 

3. Lebih Sesuai Untuk Sumber Energi Terbarukan  

Sistem AI lebih ideal untuk pembangkit listrik yang memiliki sumber energi terbarukan. Misalnya, seperti angin dan sinar matahari yang dijelaskan sebelumnya. Karenanya sifatnya yang intermitten. 

Jauh lebih baik jika sistem bisa mengenali intensitas energi yang masuk dengan otomatis. Kemudian, menyesuaikan kinerja base load dengan kondisi tersebut. Error dan kesalahan dalam penyesuaian pun bisa dengan lebih mudah dihindari dengan penggunaan AI ini. 

Teknologi AI memang sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat agar lebih maju dan lebih mudah. Tidak hanya pada sistem besar seperti PLN saja, AI dan cloud sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat secara luas. 

Dimensicloud.id bisa menjadi partner Anda dalam menciptakan ekosistem ai dan penyimpanan yang mudah untuk para pengguna jangkau. Gunakan jaringan dan pelayanan Dimensicloud untuk mendukung aktivitas digital di keseharian. 

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024