Public Cloud vs Private Cloud: Pengertian dan Keunggulannya

Public Cloud vs Private Cloud

Public cloud vs private cloud, mana yang lebih menguntungkan? Memilih layanan cloud yang sesuai kebutuhan memang tak semudah yang dibayangkan. Tak sedikit perusahaan yang terjebak dengan pilihannya dalam menerapkan cloud computing.

Alih-alih menghadirkan inovasi dalam perusahaan, pemahaman yang keliru antara public dan private cloud justru bisa menghambat operasional bisnis. Agar tidak ada kebingungan dalam memilih layanan cloud yang tepat bagi perusahaan, berikut pengertian serta keunggulan dari public dan private cloud.

Apa itu Public Cloud ?

Pada dasarnya public cloud adalah layanan cloud yang disediakan untuk publik, baik individu maupun organisasi. Layanan public cloud biasanya bersifat gratis, premium, maupun berbayar dengan mendaftar ke layanan public cloud.

Besarnya biaya public cloud tergantung pada sumber daya yang digunakan. Semakin banyak sumber daya cloud yang digunakan oleh individu maupun organisasi, maka biaya pun semakin tinggi. Public cloud sendiri memiliki layanan yang sangat beragam, mulai dari email, aplikasi berbasis cloud, penyimpanan, hingga platform OS di tingkat perusahaan.

Cara kerja public cloud vs private cloud sebenarnya tidak jauh berbeda. Kedua layanan ini menggunakan berbagai teknologi untuk memvirtualisasi sumber daya dan membuat fungsi otomatisasi. Dalam sistem komputasi awan, penyedia cloud bertanggung jawab untuk mengelola, mengembangkan, dan memelihara sumber daya cloud yang digunakan oleh penyewa. 

Keuntungan Menggunakan Layanan Public Cloud

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh individu maupun organisasi yang menggunakan layanan public cloud. Di antaranya adalah seperti berikut:

1.Biaya Lebih Rendah

Jika dibandingkan dari segi biaya, penggunaan public cloud tidak semahal layanan private cloud. Sebab server yang tersedia dibagi ke banyak pengguna. Penyewa hanya perlu membayar sesuai sumber daya cloud yang digunakan selama sebulan.

2. Tidak Butuh Pemeliharaan Khusus

Sebagai pengguna, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan khusus setiap bulannya. Sebab perawatan sistem cloud computing menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan cloud. Begitupun dengan sistem keamanan cloud yang menjadi tanggung jawab penyedia layanan.

3. Skalabilitas Tinggi

Meskipun satu server diperuntukkan bagi banyak penyewa, tapi sumber daya cloud yang ditawarkan hampir tidak terbatas. Artinya, Anda dapat memilih sumber daya cloud sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Apa itu Private Cloud?

Berbeda dari public cloud yang digunakan secara bersamaan, private cloud didedikasikan untuk satu organisasi atau perusahaan. Artinya, sumber daya cloud computing yang Anda sewa hanya akan digunakan oleh perusahaan Anda.

Bila dibandingkan dari sistem keamanan antara public cloud vs private cloud, tentu private cloud lebih aman. Sebab data center dioperasikan langsung oleh penyedia layanan dan hanya bisa diakses melalui jaringan pribadi yang aman. Inilah kenapa aktivitas yang mencurigakan lebih mudah terdeteksi ketika menggunakan layanan private cloud.

Dengan layanan private cloud, penyewa dapat mengatur dan menjaga infrastruktur yang digunakan pada sistem cloud computing. Namun, tidak sedikit pula penyedia layanan cloud yang menawarkan managed private cloud. Layanan managed private cloud akan sangat menguntungkan bagi perusahaan yang kekurangan ahli IT.

Keuntungan Menggunakan Layanan Private Cloud

Menggunakan private cloud akan memberikan sejumlah keuntungan bagi perusahaan maupun organisasi. Salah satunya adalah server atau lingkungan yang eksklusif, karena hanya perusahaan Anda yang dapat mengaksesnya. Selain itu, ada sejumlah keuntungan seperti:

1.Skalabilitas Tak Terbatas dengan Performa Efisien

Berbicara soal skalabilitas, private cloud memiliki skalabilitas yang tak terbatas. Anda dapat meningkatkan kapasitas private cloud sesuai kebutuhan dengan menambahkan resource hardware seperti memori dan SSD.

Secara performa pun, private cloud mempunyai performa yang lebih baik dibanding public cloud. Sebab server yang ada hanya digunakan oleh satu perusahaan, bukan digunakan secara publik di mana bandwith-nya harus dibagi sejumlah penyewa yang ada.

2.Sistem Keamanan yang Dapat di-Custom

Sistem keamanan yang dapat di-custom jadi salah satu daya tarik dari private cloud. Meskipun biaya yang dikeluarkan sedikit lebih mahal dari public cloud, tapi Anda dapat menjalankan protokol, konfigurasi, dan tindakan yang sesuai untuk mengamankan data perusahaan dari risiko cybercrime. 

Pada dasarnya antara public cloud vs private cloud dari DimensiCloud dapat Anda tentukan berdasarkan kebutuhan perusahaan.

Share

Hi, I'm digital content writer at DimensiCloud.id. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Cloud Computing, IoT, Artificial Intelligence, and other IT-related issues.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DimensiCloud powered by GMEDIA © 2024